Tips Jitu Berkendara Motor Agar Tidak Cepat Pegal Saat Mudik dan Touring

Modifikasi.co.id – Barusan saja kita lalui yaitu hari mudik lebaran , hari mudik lebaran mungkin sudah menjadi tradisi yang sudah bertahun tahun yang dilakukan oleh masyarakat indonesia . Saat ini banyak sekali pemudik yang lebih memilih menggunakan kendaraan sepeda motor ketimbang menggunakan kendaraan roda empat ( mobil umum ,atau bus dan lain sebagainya ) dengan alasan yang beragam misalnya mulai dari lebih enak naik motor karena lebih leluasa dan lebih irit biaya mudik (pulang kampung).
Apapun alasanya mudik menggunakan sepeda motor memang lebih terasa banget capeknya hal ini tentunya sudah pernah saya rasakan walaupun perjalanan tidak begitu jauh yaitu sekitar 1 jam sampai 2 jam dari kota watez sampai kota jogjakarta rasa pegal pada bagian pinggang + bokong + tangan rasanya joss banget. Apalagi kalau berkendara dari jogja sampai ke jakarta…? why , kayak gimana itu rasanya hehe 😀 padahal ada keinginan untuk pergi ke kota jakarta menggunakan motor yamaha vixion , tapi insya alloh akan saya lalui hehe 😀 baru planing saja.

Berikut ini saya akan kumpulkan berbagai tips jitu yang ampuh untuk mengurangi rasa pegel saat melakukan perjalanan jarak jauh menggunakan sepeda motor , baik perjalanan mudik, perjalan touring yang kurang lebih menempuh waktu bisa sampai 6-8 jam perjalanan diatas motor dengan kondisi badan rasanya “remuk” hehe 😀 . Nah untuk menghindari dan mengantisipasi kecelakaan yang diakibatkan menurunnya kesehatan saat berkendara mungkin tips tips dibawah ini perlu di baca untuk menambah wawasan dan cakrawala kita agar yang menunggu kita di rumah tidak khawatir dengan kondisi kita selain motor yang sudah di persiapkan untuk perjalanan pulang kampung.

Persiapan Touring Menggunakan Vixion

Persiapan Touring Menggunakan Vixion

  1. Posisi Duduk Saat Di atas Jok Motor
    Posisi duduk yang benar adalah posisi dimana paham hingga bagian kaki harus lurus saat duduk di atas jok motor dan pada bagian kaki jangan terlalu memenggang ke luar posisi dari body motor , perlu di perhatikan posisi duduk seperti ini berlaku untuk semua jenis kendaraan sepeda motor. Untuk motor vixion anda bisa menambahkan peninggi pada bagian stang agar tidak cepet pegel.
  2. Posisi Tangan Saat Memegang Setang Motor
    Untuk posisi tangan yang benar saat berkendara yaitu anda bisa tekuk sedikit atau sekitar 30 derajat dari sisi luar tangan,karena banyak banyak pengendara motor saat berkendara cenderung meluruskan tangannya saat memegang setang , padahal hal ini akan membuat tangan cepet terasa pegal khususnya saat riding perjalanan jauh.
  3. Cegah jika sudah terlalu kelelahan
    Bagi anda yang sudah kelelahan karena melakukan aktifitas riding rutin harian atau jarak jauh ( touring, pulang kampung) maka alangkah baiknya anda bisa melakukan pemanasan terlebih dahulu minimal 2 menit dengan lari lari kecil atau melemaskan otot . Tujuanya tentunya untuk menghindari rasa pegal pegal pada bagian pinggang , tangan , kaki dan persendian.
  4. Istirahat Kalau Terlalu Capek.
    Aktifitas riding yang memiliki jarak tempuh cukup jauh misal perjalanan 5-8 jam usahakan untuk istirahat sejenak yang di selingi dengan pelemasan , jangan lupa untuk sesuaikan posisi mengendara dengan postur tubuh anda . Misalnya saja menyesuaikan posisi stang yang tinggi dan juga tidak terlalu membungkuk , tujuanya tidak lain adalah agar mendapatkan posisi riding yang lebih nyaman. Oya perlu di ingat jangan biasakan untuk menekuk punggung selama perjalanan agar tidak cepat lelah.
  5. Celana Dalam Yang Ketat.
    Dalam melakukan touring atau perjalanan jarak jauh usahakan jangan menggunakan celana dalam yang ketat , tujuanya agar tidak mencegah alergi kulit yang bisa timbul. Gunakanlah pakaian celana dalam hawai atau celana yang berbahan katun yang longgor dan juga fleksible untuk digunakan.
  6. Jangan Lupa Gunakan Masker
    Dijalanan tentunya tidak ada yang bisa menduga apakah jalanan banyka debu atau tidak karena musim atau cuara yang ada di indonesia sering berubah. Anda bisa menggunakan masker agar kebersihan hidung selalu terjaga.
  7. Menggunakan Perlindungan Leher
    Jika anda berpergian jangan lupa untuk memakai master atau bahasa gaulnya yaitu balaclava yang bisa menutupi leher dan juga tengkuk yang terbuka antara helm dand juga jaket. Tujuannya tentunya hanya untuk menghindari kotoran debu yang menempel pada leher dan jika dibiarkan tentunya akan menjadi daki atau hal lainya.
  8. Keringatan Saat Menggunakan Jaket
    Walaupun anda hanya duduk diatas jok motor , tapi semua badan bikers yang mengendarai sepeda motor berkeringat, apa lagi saat melakukan riding jarak jauh. Hal ini tentunya bisa menimbulkan gejala gatal gatal pada kulit dan rasa yang tidak nyaman. Solusinya untuk hal ini coba sesuaikan jaket yang pass dengan cuaca , kalau cuaca pass lagi panas gunakan jaket yang memungkinkan ada aliran udara masuk ke jaket (sirkulasi udara). Pada saat anda mandi jangan lupa untuk menggosok dan membersihkan pada bagian persendian dan lipatan kulit lainya secara intensif untuk mengangkat kotoran dan bekas sisa keringat yang menempel.
  9. Jika ngantuk jangan riding
    Saat melakukan perjalanan jarak jauh dan tiba tiba mata sudah lelah anda bisa tidur di pom bensin atau tempat lainya . Jika anda baru bangun tidur dan kondisi kesadaran masih belum penuh dan panca indra belum siap untuk melanjutkan perjalanan jangan lupa untuk melakukan pemanasan dengan olah raga kecil dan melenturkan seluruh otot yang ada pada tangan, kaki, leher, dan pinggang.
  10. Berkendara Sepeda Motor Harus Sabar
    Saat melakukan riding rutin perjalanan jarak jauh setiap hari pasti anda akan menemukan banyak masalah yang akan di temui di jalan. Apalagi di jakarta dan kota kota besar lainya , banyak orang yang mengendara sepeda motor asal asalan (semau gue) . Jangan mudah terpancing emosi , anda harus tetep sabar . Kecepatan top speed motor juga harus selalu di kendalikan jangan sampai nafsu membawa motor untuk menggeber sampai mentok tali gas motornya agar selamat sampai tujuan. Alon alon asal kelakon peribahasa jawa yang sampai sekarang masih tetep menjadi prinsip saya hehe 😀 tapi kadang kadang kalau pas lagi sadar , kalau gak sadar ya geber motor sampai gas mentok hehe 😀

Bagaimana 10 tips diatas mengenai cara berkendara saat perjalanan touring dan mudik pulang kampung…? cukup lengkap bukan anda bisa menambahkan dengan berkomentar atau coret2 di kotak komentar maka jika masuk saya langsung tambahkan di postingan diatas.

Demikian informasi yang bisa saya bagikan untuk anda mengenai Tips Jitu Berkendara Motor Agar Tidak Cepat Pegal Saat Mudik dan Touring, semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung di www.modifikasi.co.id  jangan lupa untuk bagikan melalui facebook,twitter dan google + jika ingin bermanfaat buat yang lainya.

Originally posted 2015-07-24 00:06:13.

Tips Jitu Berkendara Motor Agar Tidak Cepat Pegal Saat Mudik dan Touring | sutopo | 4.5

Leave a Reply