Cara Memasang dan Setting/Setel Rantai Motor Balap

Modifikasi.co.id – Rantai Motor adalah sebuah komponen atau bagian terpenting dalam kendaraan roda dua atau yang di sebut dengan sepeda motor , rantai sendiri adalah komponen yang berfungsi untuk membuat motor berjalan, tanpa rantai motor tidak akan berjalan.Selain itu Fungsi rantai juga bisa untuk menyalurkan tenaga dari mesin ke bagian kaki kaki alias ban motor ,ya kira kira sama lah dengan yang saya jelaskan sebelumnya pada intinya fungsi rantai motor adalah untuk menggerakan ban motor.

Coba anda bayangkan jika tiba tiba saat anda berkendara rantai putus..? apa yang akan anda lakukan dengan hal tersebut..? Jika di dekat jalan tersebut ada bengkel tentunya akan langsung meminta bantuan untuk menyambung atau mengganti rantai motor tersebut,tapi bagaimana jika saat rantai putus anda berada di tempat yang jauh dari bengkel. nah itulah yang harus anda pikirkan untuk mengatasi masalah tersebut, misalnya saja anda menyiapkan rantai cadangan dan juga membawa perlengkapan untuk mengganti rantai motor seperti obeng.
Baca Juga Artikel Modifikasi.co.id lainya

Nah pada kesempatan ini saya ingin sharing informasi bagaimana cara memasang rantai motor dan juga menyetel rantai motor.

Perawatan Rantai Motor

 

Jangan Memotong Rantai

Mungkin banyak dari kita yang salah paham bahwa untuk merawat rantai motor yaitu harus memotong rantai motor.alasan untuk memotong rantai motor mungkin karena saat rantai motor sudah kendor dan juga posisi atau batas pengaturan kekencangan sudah maksimal maka biasanya kebanyakan orang yaitu melakukan pemotongan rantai agar kondisi rantai motor tidak kendor lagi.Sebenarnya kalau menurut saya sendiri tidak terlalu bahaya sih , soalnya dulu juga sudah pernah melakukan pemotongan rantai motor khususnya motor honda WIN.
Nah alasan kebanyakan orang untuk memotong rantai mungkin karena malas mengganti di karena kan belum punya uang hehe , hayo ngaku.. #Pengalaman wkwkw.

Ganti Satu Set dengan Gear Motor

Jika anda orang yang termasuk kaya hehe , alias cukup mungkin pilihan yang satu ini bisa anda praktekan. Jika rantai motor sudah dirasa kendor dan juga pengaturan kekencangan sudah maksimal selain itu anda bisa lihat juga gear motor apakah sudah tajam dan juga sudah ada gear motor yang patah(alias mau habis) Jika rantai motor dan gear anda mengalami hal tersebut tentunya and harus mengganti dengan yang baru..? kenapa ..? karena rantai motor yang kendor dan juga gear motor yang habis akan menyebabkan rantai lepas dari gear.
Oya untuk penggantian rante dan gear jangan hanya mengganti rantai sajai tapi juga satu set dengan gear motor baik gear depan dan juga gear belakang kenapa gak boleh rantai saja atau gear saja …? Jawaban versi modifikasi.co.id yaitu jika hanya mengganti rantai motor atau gear motor saja maka akan mempengaruhi masa aus dari rantai itu sendiri jadi tidak maksimal

Gunakan Rantai Motor dan Gear Yang Sama Merk

Mungkin bagi anda sebagai pengguna sepeda motor akan merasa bingung untuk menentukan merek pengganti rantai dan gear motor. Pada saat memilih rantai dan gear sebaiknya anda menggunakan merek yang sama yang biasanya di jual di bengkel bengkel, karena ada juga bengkel yang menjual terpisah dan ada juga bengkel yang menjual satu set , nah anda bisa memilih penggantian yang satu set (rantai dan gear dengan merek yang sama). Kenapa harus menggunakan menggunakan merek yang sama.. jawaban versi modifikasi.co.id biasanya jika berbeda merek komposisi bahan pembuatanya juga berbeda hal in dapat menyebabkan rantai atau gear salah satunya ada yang kalah karena kekuatannya berbeda ,nah untuk itu sebaiknya anda mengganti rantai dan gear motor menggunakan merek yang sama atau istilahnya satu set.

Tambahan referensi yang saya kutip dari situs astra-honda.com

  1. Hindari melakukan akselerasi dan mengganti gigi persneling secara kasar , karena akan memperpendek usia logam rantai.
  2. Hindari pemotongan rantai dengan alasan menghemat biaya karena rantai yang sudah mulur beresiko putus sewaktu waktu sehingga membayakan keselamatan pengendara.
  3. Penggantian parsial rantai roda saja atau gir saja akan menyebabkan memperpendek usia pakar parts yang baru.
  4. Gunakan rantai Roda set honda untuk menghemat waktu dan biaya perawatan.

Cara Setting Rantai Motor

Ok setelah kita mengetahui beberapa hal mengenai penggantian rantai motor selanjutnya kita akan belajar bagaimana cara setting rantai motor , berikut ini beberapa tips dan panduan yang bisa anda coba praktekan.

Untuk menyetel rantai motor sebenarnya tidak sesulit yang anda bayangkan dan biasanya hal ini bisa dilakukan oleh siapa aja asal ada kemauan, terus bagaimana jika tidak mempunyai peralawatan …? Biasanya kalau kita membeli sepeda motor maka akan di kasih beberapa kunci yang berfungsi untuk menyetel rantai motor ,tapi kunci bawaan motor tidak maksimal , karena pegangannya kecil.Nah untuk itu anda bisa membeli kunci yang pass untuk mengendorkan baut pada as roda bagian belakang atau bisa juga memimjam kunci tetangga anda.OK mungkin tanpa berlama lama kita akan memprekannnya sekarang.

  1. Yang pertama anda lakukan adalah anda bisa mencoba untuk kendorkan terlebih dahulu baut yang terdapat pada as roda belakang, gunakan kunci ring ukuran 19 dan 14 untuk motor bebek honda atau ukuran kunci 17 dan 14 untuk bebek suzuki sedangkan bebek yamaha anda bisa menggunakan kunci ring  ukurakn 17 dan 19
  2. Setelah baut ass sudah kendor anda bisa coba untuk kencangkan baut setelan rantai yang berada di deket rantai (istilah yang umum anting anting rantai ) anda bisa kecangkan dengan menggunakan kunci ukuran 12 atau 10 atau kadang kombinasi keduanya, setelah di kencangkan anda coba lihat kembali sudah pass apa belum jika sudah sesuai yang di inginkan anda bisa kencangkan kembali
    Setel Rantai Motor
  3. Setelah itu anda bisa lihat terlebih dahulu setelan anda apakah sudah pass ,jika belum pass anda bisa kendorkan lagi baut (anting antingnya) usahakan untuk menyamakan garis indikatornya misalnya bagian kanan 2 bagian kiri juga 2 (perhatikan gambar diatas ).Kenapa harus sama, tujuanya agar ban motor anda posisinya center (tengah), masak iya habis setel rantai posisi ban motor malah melenceng ke kiri atau kekanan kan gak lucu.
    Setel Rantai Motor balap
  4. Setelah dirasa setelah rantai sudah pass , anda bisa mencoba untuk mengencangkan kembali baut as roda belakang tersebut menggunakan kunci yang anda pakai sebelumnya.

Bagaimana Mudah bukan ,..? Selanjutnya anda tinggal melumasi rantai motor agar tetep awet , bisa menggunakan semprotan yang biasa di jual di toko toko motor.

Demikian informasi yang membahas mengenai Cara Memasang dan Setting/Setel Rantai Motor Balap, semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung di  www.modifikasi.co.id  jangan lupa untuk bagikan melalui facebook,twitter dan google +

Cara Memasang dan Setting/Setel Rantai Motor Balap | sutopo | 4.5

Leave a Reply