Tips Ampuh Membeli Motor Bekas / Second Yang Masih Bagus

Modifikasi.co.id – Membeli motor second berbeda dengan membeli motor baru ,bedanya adalah jika membeli motor bekas atau second lebih sulit karena kita harus mencari orang yang tahu kemudian kita ajak untuk melihat kondisi motor tersebut apakah masih bagus atau sudah tidak layak digunakan. Dalam membeli motor bekas atau second yang dibutuhkan adalah ketelitian dan juga kesabaran dalam melihat kondisi sepeda motor tersebut dan kelengkapan surat surat motor.

Berikut ini adalah beberapa alasan kenapa orang membeli motor bekas atau second,anda bisa lihat dibawah ini untuk lebih lengkapnya.

  1. Uang yang dimilikinya untuk membeli motor baru tidak cukup akhirnya membeli motor bekas
  2. Motor yang dibeli karena memang memiliki bentuk yang unik sehingga berniat untuk membeli motor tersebut
  3. Kesempatan untuk membeli motor dengan harga yang sangat murah , karena jika membeli motor baru harganya bisa berkali kali lipat mahalnya.
  4. Membeli motor bekas untuk latihan freestyle
  5. Membeli motor bekas untuk di oprek dan buat latihan balapan
  6. dan masih banyak lagi alasan lainya kenapa seseorang membeli motor bekas /second

Berbagai alasan orang dalam membeli motor bekas, nah dibawah ini ada tips membeli sepeda motor bekas atau second yang umum yang banyak dilakukan orang karena tips membeli motor bekas itu berbeda beda tergantung masing masing orang.

Tips Membeli Sepeda Motor Bekas /Second

  1. Dimana tempat yang baik membeli sepeda motor bekas.
    Dari sekian banyak orang yang membeli motor bekas referensi tempat terbaik yaitu dari teman atau saudara atau tetangga. Kenapa demikian …? coba anda baca selengkapnya, jika anda membeli motor melalui saudara atau kerabat yang dekat yang pertama tentunya kondisi motor sudah banyak kita ketahui apakah motor tersebut masih baik atau tidak, jika anda membeli motor melalui saudara atau kerabat dekat tentunya anda sudah melihat pemakaian motor sehari seharinya. yang kedua waktu perpanjangan STNK atau balik nama dalam mengurusnya tidak repot report untuk mencari pemilik sebelumnya karena yang memiliki motor tersebtu adalah kerabat atau tetangga anda sendiri jadi lebih mudah urusannya.
  2. Cari Informasi Harga Motor yang ingin di beli di internet
    Sebelum anda membeli lebih baik anda mencari terlebih dahulu harga harga motor yang ada di internet ,tujuanya tentunya agar anda tidak tertipu dan mendapatkan harga patokan , walaupun setiap daerahnya harga motor berbeda beda tapi walaupun berbeda hanya selisih sedikit. Anda bisa bertanya juga dengan teman dekat anda ,untuk harga motor bekas yang ingin anda beli .
  3. Perhatikan Kondisi Rangka Motor
    Anda bisa gunakan standar dua pada motor tersebut ,kemudian lihat bagian stang kalau miring ,bengkok atau bisa juga goyang/oblak ,ada kemungkinan sepeda motor pernah jatuh atau comstir harus diganti. Lihat juga kelurusan roda depan dengan belakang apakah masih lurus atau bengkok, kalau masih lurus berarti motor tersebut masih bagus untuk digunakan
  4. Perhatikan Kondisi Mesin Motor
    Anda bisa hidupakn motor yang ingin anda beli menggunakan starter listrik atau bisa juga menggunakan kick starter (engkol). Dengarkan suara pada mesin motor tersebut, apakah suara yang dihasilkan motor tersebut apakah halus dan langsem maksudnya tidak ada suara suara lain dari dalam mesin atau suaranya berisik. Jika masih halus berarti kondisi mesin masih bagus,lihat juga oli yang digunakan apakah kepenuhan atau terlalu kental karena ini juga bisa mempengaruhi suara mesin motor. Selain itu juga anda bisa pindahkan gigi perseneling ,apakah mudah atau sulit (keras).
  5. Coba anda kendarai atau Test Drive
    Saat anda membeli motor bekas , coba meminta izin untuk dikendarai di sekitaran rumah pemilik motor tersebut. Coba anda rasakan apakah masih nyaman atau tidak , rasakan juga kestabilan motor tersebut dijalan yang lurus dan juga belokan. Rasakan saat pengereman motor secara mendadak apakah masih enak atau tidak , rasakan juga tarikan gas (tenaga ) motor tersebut dari gigi rendah sampai dengan gigi tinggi , kalau tidak ada tenaga kemungkinan motor yang tersebut ada komponen mesin yang harus diganti. Rasakan juga bagian suspensi depan dan suspensi belakang apakah masih enak atau tidak.
  6. Anda Cek dan teliti keaslian dan kebeneran Surat surat Kendaraan
    Anda bisa lihat STNK dengan mencocokan nomor mesin pada motor dan juga no rangka motor. Ingat..! Teliti jangan samapi no mesin motor dan juga no rangka terlihat seperti di ketok atau ada hal yang mencurigakan. Cek keaslian dan aktifnya surat surat dengan SMS kemudian krim ke 1717 untuk wilayah jakarta. Untuk caranya sangat mudah anda bisa dengan mengetik plat kendaraan seperti : Metro B1234XX. Tujuannya tentunya untuk menghindari sepeda motor curian
  7. Tindakan sampai di lokas
    Setiap transaksi tentunya ada pembeli dan penjual dan keduanya melakukan transaksi jika deal maka barang diserahkan dan uang diberikan. Yang bisa anda lakukan jika sudah sampai dilokasi yaitu anda bisa melihat motor sepintas kemudian tanyakan apakah motor tersebut di jual …? jika di jual maka dijual berapa (harganya). Setelah si penjual menyebutkan harga motornya , maka anda jangan langsung melakukan penawaran tapi yang anda lakukan adalah dengan melihat kondisi sepeda motor terlebih dahulu dengan teliti sambil menanyakan ada komponen motor yang perlu diganti gak atau komponen motor yang sudah rusak.Tanyakan juga kenapa motor tersebut dijual…? apakah pernah motor tersebut pernah jatuh atau tabrakan. (jawaban tergantung penjual apakah jujur atau tidak ). Setelah kondisi dilihat ternyata motor masih bagus selanjutnya tanyakan surat surat motor seperti BPKP , dan STNK nah yang terakhir baru anda lakukan penasaran ,agar lebih murah anda sebutkan bagian motor yang rusak , contoh mas bisa kurang gak harga motornya , kan dibagian depan spakbor rusak , lampu juga udah gak normal masak gak bisa dikurangi , nah kurang lebih seperti itu.

Nah 7 tips diatas adalah yang bisa anda lakukan untuk membeli motor bekas, tips lainya mungkin saya akan bagikan dilain waktu  hehe 😀

Demikian informasi yang membahas mengenai Tips Ampuh Membeli Motor Bekas / Second Yang Masih Bagus,semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung di www.modifikasi.co.id jangan lupa jika bermanfaat anda bisa bagikan melalui facebook,twitter dan google +

Tips Ampuh Membeli Motor Bekas / Second Yang Masih Bagus | sutopo | 4.5

Leave a Reply