Ini Lho Alasan Kenapa Harus Inreyen Motor Yang Benar

Modifikasi.co.id – Bagi anda yang sedang membeli motor baru mungkin masih bimbang dan juga bingung terhadap motor barunya ,bagaimana cara inreyen motor yang benar dan kenapa harus melakukan inreyen pada sepeda motor baru, nah berikut ini mungkin beberapa asalan yang bisa anda jadikan referensi untuk menambah wawasan tentang dunia sepeda motor (otomotif).

  1. Yang pertama inreyen pada sepeda motor memang masih diperlukan , tujuannya tentunya agar lapisan kaca film pada part dalam mesin bisa terbentuk lebih sempurna dan maksimal. Lapisan kaca film tersebut mempunyai fungsi untuk melindungi part dari yang namanya keausan. Bila part dalam mesin motor tersebut terbentuk sempurna maka daya tahan part mesin motor bisa lebih awet.
  2. Inreyen dilakukan karena mesin motor masih serba baru , baik itu piston , silinder.Tujuanya agar ukuran masing masing diameter kedua part tersebut (piston,slinder) menjadi pass,karena walaupun bahan piston berasal dari 1 pabrik biasanya gak akan sama ,akibatnya besar pemuaiannya pun akan berbeda , tujuan dari inreyen yaitu sebagai pencegahan macetnya piston di dalam silinder yang disebabkan karena besarnya pemuaian yang terjadi antara piston dan silinder yang tidak seimbang dan masih banyak lagi lainya.

Oiya untuk motor dan mobil keluaran sekarang ini seperti ngak terlalu perlu di inreyen, karena pembuatan mesin motor atau mobil tersebut sudah sangat baik , presesi ukurannya dan juga metal yang digunakan sudah hampir sangat sempurna jadi anda bisa gunakan seperti biasa saja , pada umumnya anda mengendarai sepeda motor.

Cara inreyen Motor yang baik dan benar

Sebenarnya ada banyak sekali referensi mengenai cara inreyen motor baru , dari sekian banyak referensi tersebut ada cara yang menurut saya cukup baik anda praktekan yaitu membaca buku panduan (manual book) yang biasanya sudah diberikan waktu pembelian motor baru.

Kalau untuk beberapa pengalaman yang sudah sudah anda bisa baca juga berikut ini :

  1. Anda bisa geber motor anda secara halus (perlahan)  dan jangan sampai suara pada mesin motor terdengar keras dan meraung-raung atau bahasa anak2 motor (gereng)
  2. Anda bisa buka grip gas secara perlahan atau pelan-pelan saja atau diurut jangan langsung buka grib gas secara mendadak atau menarik full (penuh) /mentok
  3. Ketika motor anda sudah memasuki kilometer 500 (yang terdapat pada speedometer),,maka oli mesin motor anda harus segera diganti sesuai anjuran pabrikan. Olinya sendiri bisa yang direkomendasikan atau menggunakan merk lain yang lebih berkualitas, untuk SAEnya bisa anda lihat pada oli bawaan motor.
  4. Oiya perlu di ingat bahwa jika motor anda masih baru ,jangan terlalu memberikan beban yang terlalu berat pada motor karena part pada mesin masih saling menyesuaikan. Setelah odometer menunjukkan angka 1000 km ke atas, silahkan berkendara seperti biasa dan normal sesuai kondisi jalan.

Intinya sih terserah anda mau nembus kecepatan berapa, asalkan saat anda menarik putaran grip gas jangan disentak (buka tutup grip gas secara mendadak). Secara pelan pelan saja jaga gas motor jangan sampai meraung raung.

Demikian informasi yang membahas mengenai Alasan Kenapa Harus Inreyen Motor Yang Benar,semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung di www.modifikasi.co.id jangan lupa untuk bagikan melalui facebook,twitter dan google +

Ini Lho Alasan Kenapa Harus Inreyen Motor Yang Benar | sutopo | 4.5

Leave a Reply