3 Dasar Belajar Freestyle Motor Wheelie Stoppie dan Burn- Out

Modifikasi.co.id – Memiliki kelebihan dalam mengendarai sepeda motor atau skill adalah sebuah keunikan tersendiri setiap riders. Umumnya sebagai rider hanya bisa mengedarai motor saja ,sangat sedikit sekali orang/rider yang bisa atau mempunyai skill freestyle motor seperti wheelie, stoppie, dan burno-out.

Saat anda melihat para freestyler melakukan aksinya di jalan/lapangan dengan berbagai gaya tentunya sangat terlihat asyik sekali, bahkan tidak jarang banyak juga para freestyler yang dulunya hanya orang biasa atau masyarakat yang awam yang akhirnya menjadi freestyler unggulan karena memiliki kemapuan niat tekad yang kuat untuk terus belajar dan mempelajari berbagai macam trik atau teknik teknik freestyle yang dilakukan setiap harinya agar latihan tersebut menjadi kebiasaan dan akhirnya bisa.

Saat latihan ,untuk awal awal memang perlu dibekali dengan dasar dasar belajar freestyle agar tidak terjadi hal hal yang tidak diingikan misalkan kecelakaan,jatuh.Tapi ya sudah menjadi resiko kalau ingin terjun di dunia freestyle mau tidak mau anda pasti jatuh hehe. Dengan sering latihan maka skill dan juga andrenalin anda akan dilatih, kesabaran juga sangat dibutuhkan , emosi dalam diri anda harus dikendalikan. Jika anda benar benar ingin terjun di bidang ini yaitu menjadi freestyle motor mungkin referensi dibawah ini bisa membantu anda agar saat latihan anda tidak terlalu parah jatuhnya. Sebelum saya membahas detail mengenai beberapa teknik freestyle motor mungkin video freesyle dari mas wawan tembong dibawah ini bisa menjadi semangat dan membuat niat tekad bulat untuk terjun di bidang ini .

Belajar Freestyle Wheelie

Wheelie adalah salah satu teknik freestyle dengan cara mengangkat ban depan dan berjalan dengan menggunakan gas motor. contoh wheelie seperti gambar dibawah ini

Wheelie Wawan tembong

Berikut ini beberapa cara untuk melakukan wheelie :

  1. Posisikan badan anda sedikit membungkuk ke arah depan ,dan pastikan bahwa kaki anda siap untuk melakukan rem belakang, setelah itu anda bisa dengan membuka/putar gas sedikit besar . Jangan lupa masukan gigi 1 kemudian tarik badan anda ke posisi semula dan tarik setang motor sekuat mungkin dan diikuti dengan putaran gas mulai diperkecil apabila sudah dalam keadaan ban bagian depan naik,anda bisa sesuaikan dengan ketinggian yang diinginkan.
  2. Setelah anda beberapa kali mencoba latihan , cobalah untuk menaikan sudut ketinggian motor maksudnya adalah ban bagian depan anda bisa angkat lebih tinggi. Oiya untuk menghindari jatuh disamping (biasanya untuk pemula sering sekali terjadi) anda bisa seimbangkan motor dengan menggunakan badan bagian atas atau juga badan bagian bawah,atau bisa juga dengan menggunakan filling yaitu setang motor dan juga badan
  3. Apabila motor anda sudah dirasa cukup tinggi terangkat , tenang saja anda bisa kemudian melakukan rem belakang agar motor dapat turun kembali,kemudian putar gas sedikit agar saat turun ke aspal/mendarat bantingan motor tidak terlalu keras

Untuk melakukan wheelie agar lebih enak , anda bisa mengganti ukuran gear motor menjadi lebih besar untuk bagian belakang dan untuk bagian depan lebih kecil

Belajar Freestyle Stoppie

Stoppie adalah salah satu teknik dasar freetyle motor yaitu dengan mengangkat bagian ban belakang sehingga bisa jalan,anda bisa mengembangkan teknik sendiri bisa stoppie dengan memutar motor 180 ‘ dll. Berikut ini adalah contoh stoppie motor.

Stoppie wawan tembong

Untuk anda yang ingin belajar stoppie mungkin berikut ini beberapa hal yang bisa anda coba praktekan.

  1. Untuk awalan ,anda bisa jalankan motor dengan kecepatan motor secukupnya ,kemudian setelah jalan kira kira 30 -40 pada speedometer, anda bisa dengan menekan rem motor bagian depan dengan sekuat mungkin tapi jangan terlalu kuat , intinya sampai ban bagian belakang mulai ngangkat, diikuti badan sedikit condong arah kedepan dan menekan setang (bila diperlukan)
  2. Saat bagian buntut motor sudah naik keatas,anda bisa melakukan dengan melepas rem depan secara perlahan lahan dan ingat anda juga harus menjaga keseimbangan motor agar jalannya lurus (untuk pemula) dengan menggerakan badan kebagian kiri dan juga kebagian kanan agar stabil.
  3. Jika anda ingin mendapatkan hasil yang bagus maksudnya semakin tinggi sudut buntut ban belakang yang naik keatas maka anda memerlukan jarak yang jauh untuk bisa stopie (endo). Jika ketinggian sudut buntut bagian belakang motor anda maka anda bisa lepaskan rem dengan cepat dan kembalikan posisi badan anda seperti semula dan  jangan sampai tersungkur ke arah depan.

Untuk melakukan stoppie anda bisa mempersiapkan lapangan aspal yang kesat ,maksudnya tidak ada pasirnya agar tidak terjadi selip

Belajar Freestyle Burn-out

Burn out adalah salah satu teknik freestyle motor dengan cara melakukan rem bagian depan dan memutar gas full sehingga ban bagian belakang memutar sampai keluar asap.

Wawan Tembong

Untuk cara melakukanya mungkin anda bisa baca triknya dibawah ini :

  1. Yang pertama tentunya anda bisa menyalakan motor, dan juga dalam kadaan standbye.
  2. Kemudian anda bisa gunakan tangan bagian kanan untuk memutar gas motor ,sementara sisanya masih 4 jari anda bisa gunakan untuk memegang rem bagian depan ,anda bisa melakukan gas motor dan naikan di kisaran 7000-8000 RPM
  3. Pastikan juga motor anda berdiri kokoh dikaki anda (jika anda masih pemula ,maka hal ini perlu diperhatikan) Semua kaki anda bisa menyentuh tanah,dengan membentuk huruf A ,kaki bagian kanan bisa tahan dan juga kaki bagian kiri bisa anda tahan.
  4. Selanjutnya perlahan lahan mulai mempercepat gas sambil menjaga rem bagian depan agar tidak selip (licin) anda bisa pegang erat rem bagian depan,dan dengan sendirinya ban bagian belakang akan berputar ,jika rem bagian depan terus anda tekan maka motor tidak akan pergi kemana mana .
  5. Anda bisa terus percepat gas motor untuk membuat asa yang dikeluarkan dari putaran motor yang anda gass tersebut. Setelah selesai anda bisa lepaskan gas motor tersebut .

Nah bagaimana ..? cukup mudah bukan hehe, anda bisa latih terus kemampuan 3 dasar freestyle tersebut agar bisa seperti wawan tembong pada video diatas, monggo yang ingin berbagi pengalaman bisa komen dibawah ini

Demikian informasi yang membahas mengenai 3 Dasar Belajar Freestyle Motor Wheelie Stoppie dan Burn- Out,semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung di www.modifikasi.co.id,oiya jika bermanfaat jangan lupa share ya ke sosial media seperti facebook,twitter dan google +

Originally posted 2015-08-20 16:07:30.

Leave a Reply