5 Fitur Keamanan / Keselamatan Wajib Pada Mobil

Modifikasi.co.id – Sebelum anda membeli mobil  baru anda harus mempertimbangkan beberapa hal dibawah ini misalnya fitur fitur keselamatan apa saja yang ditawarkan diantaranya sudah menggunakan teknologi sistem pengereman ABS ( Antilock Brakes System ) ,sistem kemudi  yang aman dan lain sebagainya.

Mencegah memang lebih baik dari pada mengobati ,peribahasa tersebut tentunya berlaku untuk kendaraan roda empat . Untuk itu ada baiknya sebelum anda membeli mobil baru anda harus memperhatikan fitur fitur keselamannya juga ,fitur keselamatan ini tentunya tidak boleh anda sepelekan begitu saja. Jika anda mempunyai keinginan membeli mobil baik itu mobil baru atau mobil bekas perhatikan sekali lagi fitur fitur yang terdapat pada mobil tersebut agar keselamatan anda terjamin. Nah berikut ini beberapa fitur keselamatan dan keamanan yang wajib ada pada mobil yang ingin anda beli.

  1. Three Point Seatbelts
    Sabuk pengamanan ,untuk fitur yang satu ini hampir semua mobil diseluruh dunia hampir di bekali ,karena apa bila tidak menggunakan sabuk pengaman maka polisi bisa menilang anda. Fitur ini juga harus diperhatikan berkat fitur ini tentunya bisa menyelamatkan jutaan nyawa manusia. Sabuk pengaman diciptakan oleh mekanik volvo bernama Nils Bohtlin , seperti yang dikutip dari okezone.com
    Ide dalam sabuk pengaman ini yaitu untuk menahan agar si pengemudi mobil dan penumpang selalu berada dalam posisi duduk normal ketika mobil terjadi/mengalami kecelakaan. Selain itu juga fitur seatbelts ini juga bisa mencegah penumbang/sopir kabin terpental keluar kabin dan juga mengurangi cidera.
  2. Airbags
    Fitur keselamatan selanjutnya adalah airbugs yang mungkin sudah sering kita dengar, namun fitur ini tidak semua mobil di bekali hanya pada mobil mobil tertentu. John hetrick adalah orang yang menciptakan fitur airbags tersebut (sumber okezone.com) Airbag adalah bantal udara yang keluar atau mengembang secara otomatis ketika terjadi benturan yang sangat keras. Oiya biasanya airbag ini terdapat dibagian dasboard ,disamping bangku baris pertama dan juga dibagian dinding kabin. Penggunaan fitur keamanan ini juga bisa dipercaya bisa mengurangi cidera dibagian kepala dan tubuh.
  3. Electronic Stability Control (ESC)
    Untuk fitur yang ke 3 ada ESC atau kepanjangan dari Electronic Stability Control yang merupakan fitur keselamatan yang paling penting dan wajib ada di setiap mobil. Fitur yang satu ini mempunyai teknologi yang terkoneksi antara lingkar kemudi dan roda, misalnya jika sistem mendeteksi adanya kehilangan kontrol pada mobil saat mengemudi maka secara otomatis sistem tersebut bisa membantu rem dengan begitu tentunya mobil tetap dalam keadaan yang stabil. Fitur ini juga bisa mencegah yang namanya oversteer.
  4. Anti-lock Braking System (ABS) dan Traction Control System
    Fitur selanjutnya yaitu untuk sistem pengereman , fitur yang satu ini harus diperhatikan saat membeli mobil baru. Fitur ini bisa berfungsi untuk mencegah roda terkunci saat terjadi pengereman secara mendadak. Misalnya didepan ada kuncing atau apapun, dengan disematkan teknologi ABS ke dalam sistem pengereman maka roda mobil tidak akan terkunci secara mendadak. ABS ini sangat ideal jika digunakan saat mengemudi dijalan yang lincin dan juga banyak belokan.
  5. Crumple Zones
    Fitur keamanan yang terakhir untuk keselamatan yaitu Crumple zone , yang digunakan pertama kali pada tahun 1900 an pada mobil mercedes benz 220. Ide dibalik fitur keselamatan ini adalah untuk menangkis energi kinetik ,sehingga ketika terjadi benturan atau bisa juga tabrakan maka kendaraan akan mengkerut pada bagian depan agar kabin penumpang tidak rusak dan penumpang l di dalam kabin aman. Fitur keselematan ini diciptakan oleh seorang mekanik mercedes benz bernama bela berenyi

Nah bagaimana..? apakah anda mempunyai pendapat yang lain silahkan berkomentar dibawah ini

Demikian informasi yang membahas mengenai 5 Fitur Keamanan / Keselamatan Wajib Pada Mobil,semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung di www.modifikasi.co.id jangan lupa untuk bagikan melalui facebook,twitter dan google +

Leave a Reply