7 Tips Mengendarai Motor Sport (Moge) Yang Aman Bagi Pemula

Modifikasi.co.id – Memiliki motor moge atau motor sport memang menjadi sebuah impian banyak orang ,salah satunya ya penulis sendiri , sebagai pemilik website modifikasi.co.id saya ingin sekali memiliki motor sport yamaha R25 , motor ini memang sangat mantab sekali baik dari segi desain, performance dan juga engine yang digunakan , untuk penampakan motor tersebut bisa dilihat dibawah ini :

Yamaha YZF R25

Yamaha R25 merupakan produk motor pabrikan yamaha yang menggunakan kapasitas 250 cc 2 silinder. Indonesia sebagai negara berkembang dan memiliki banyak sekali peminat kendaraan roda dua ,berbagai produsen motor sudah menjamur diindonesia diantaranya ada kawasaki , honda, yamaha ,ducati ,suzuki dan lain lain menjadikan indonesia sebagai ladang atau pasar yang mengguntungkan.

Mungkin saat kita dijalan sering melihat motor gede (moge) atau motor sport yang menggunakan 2 silinder dengan suara khasnya . Namun perlu di ketahui bahwa untuk menunggangi motor yang berkapasitas mesin besar tidak boleh sembarangan ,kenapa…? ya motor besar umumnya memiliki bobot lebih berat dibandingkan dengan motor bebek, motor matic dan juga motor sport 150 cc. Dibawah ini Ada tips untuk pemula khususnnya dalam mengendarai sepeda motor desain motor yang besar dan mesin yang berkapasitas besar.

Berikut ini ada beberapa tips dan teknik yang mungkin bermanfaat untuk pemula yang barusan memiliki motor gede (moge).

  1. Memahami Karakter Motor dan menyatu Didalamnya
    Untuk memerintahkan motor moge (motor besar) saat dikendarai untuk bergerak sesuai keinginan biasanya lebih sulit dari pada motor bebek atau motor matic , dikarenakan motor moge memiliki bobot yang sangat berat,beda dengan motor bebek, atau motor matic. Saat mengunakan motor moge kita harus lebih santai jangan terburu buru,jika terburu buru maka efek yang ditimbulkan biasanya malah bisa ambruk karena kurang berhati hati. Kita juga harus menyatu dengan kendaraan tersebut ditambah mengenali karakter motor.
  2. Fokus dan Kosentrasi Tinggi
    Kapasitas mesin motor yang besar dan juga top speed yang tinggi membutuhkan konsentrasi yang tinggi . Maksudnya adalah saat anda mengendari motor dengan kecepatan tinggi fokus kedepan dan kanan kiri , jangan terlalu santai karena bisa bahaya, fokus kedepan dan kanan kiri jangan lupa saat menyalip harus melihat spion kanan kiri. jangan terlalu tegang , rileks saja.
  3. Safety Riding
    walaupun kendaraan motor sudah di lengkapi dengan sistem keselamatan dan fitur keamanan tentunya harus tetep menggunakan keamanan pada si pengendara agar saat di jalan lebih safety. Contoh yang harus anda gunakan saat riding moge diantaranya ( Helm, Gloves, Shoes, Jacket, Pants, Knee or elbow Protector) agar saat terjadi kecelakaan bisa meminimalkan atau mencegah dari hal yang tidak diinginkan.
  4. Sebelum digunakan Cek Kondisi Kendaraan
    Menggunakan motor moge dengan bobot yang berat di tambah dengan kapasitas mesin yang besar tentunya harus rajin melakukan checking pada motor , terutama pada pengereman , apakah rem pada motor berfungsi sebagai mana mestinya , sebelum memutuskan untuk ridding dijalan maka hal ini wajib agar tidak membayakan pengedara.
  5. Kondisi Ban Motor yang ideal
    Ban motor pada motor moge sangat berperan penting,pengendara wajib mengenali motor yang malikinya baik itu ada ban , pengereman dan perawatan motor agar motor yang dimiliki selalu tetap prima sata digunakan sewaktu waktu. Jangan sampai menggunakna ban yang sudah gundul untuk berkendara atau ridding perjalanan jarak jauh. Suhu ban juga harus diperhatikan ,ban yang belum panas dapata menyebabkan selip jika digunakan untuk cornering, coba saja anda lihat ajang balap Motogp sebelum balapan di mulai , biasanya barap pembalap selakukan start untuk melakukan pemanasan pada motor dan juga ban sebelum race benar benar dimulai.
    Untuk memanaskan ban motor anda dapat berkendara pelan terlebih dahulu kemudian setelah dirasa cukup anda bisa memacu motor dengan kecepatan yang tinggi tentunya sesuai kondisi jalan.
  6. Posisi berkendara
    Posisi saat mengendari motor moge harus senyaman mungkin agar saat melakukan perjalanan bisa sampai dan membuat pinggang tidak cepat pegel. Jika motor moge kurang nyaman anda bisa modifikasi motor dengan mengganti part part agar saat digunakan untuk bermanuver lebih nyaman. Anda bisa mencari bengkel yang bagus dan terpercaya selain itu harga yang murah ,bisa dari rekomendasi teman atau forum forum.
  7. Etika Berkendara
    Memacu motor dengan kecepatan tinggi tentunya boleh boleh saja ,ngebut di jalan juga boleh asal tahu tempatnya maksudnya adalah jika situasi sedang ramai anda ngebut itu namanya bunuh diri , hehe ,tapi jika memang benar benar ingin ngebetot gas sampai mentok  dan memacu motor hingga kecepatan tinggi maka bisa langsung menuju sirkuit resmi agar anda terlampiaskan.

Nah itulah beberapa tips mengenai mengendarai motor moge semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung di www.modifikasi.co.id ,jangan lupa share ,like dan komen

 

7 Tips Mengendarai Motor Sport (Moge) Yang Aman Bagi Pemula | sutopo | 4.5

Leave a Reply