Ini Dia 3 Keunggulan Busi Iridium Yang Wajib Anda Ketahui

Modifikasi.co.id – Banyak yang mengatakan bahwa jika motor menggunakan busi iridium katanya bisa mendongkrak permance motor dibandingkan jika menggunakan busi bawaan standard dari pabrikan saat membeli motor. Untuk harganya ,busi iridium ini bervariasi tergantung toko yang menjual untuk harga umumnya biasanya di patok dengan harga kurang lebih berkisar 100 ribuan. Untuk Mereknya sendiri ada banyak yang cukup terkenal yaitu merek Denso dan NGK.Nah untuk bikers yang baru kecemplung dunia otomotif apakah jika menggunakan busi tersebut ada dampak untung ruginya jika memakai busi iridium…? apa dampaknnya pada mesin motor jika menggunakan busi tersebut untuk harian…?

Seperti yang kita ketahaui bahwa busi iridium adalah sebuah elemen logam yang sangat keras , anti korosi dan juga tahan panas. Selain itu busi iridium ini memiliki bahan elektroda meterial yang mempunyai titik didih yang cukup tinggi yaitu berkisar antara 2500 derajat celciul.Akibat kekuatan yang dihasilkan tersebut diera abad 20 , Iridium dipilih oleh para produsen busin untuk meracing busi dengan durability yang lebih dibandigkan busi yang biasa (pada umumnya). Pembakaran juga lebih fokus pada satu titik sehingga dipercaya mampu melayani mesin racing membutuhkan percikan api yang mumpuni.

Busi Motor Iridium


Berikut ini ada beberapa sifat busi iridium yang saya peroleh dari baca2 di website mas iwan banaran yang mungkin bisa menjadi referensi anda dan menambah ilmu mengenai bidang otomotif.

Kelebihan Busi Iridium

berikut ini beberapa keunggulan atau kelebihan yang saya kutip dari situs mas iwanbanaran.com

  • Busi iridium dikatakan bagus karena busi model ini lebih tahan panas, selain itu memiliki bahan elektroda lebih kecil dibanding busi reguler
  • Membutuhkan tegangan yang lebih rendah untuk memicu pembakaran sehingga jarang terjadi kegagalan saat starter
  • Pembakaran yang dihasilkan lebih presisi, konsisten serta efisien (more efficient combustion)
  • Meningkatkan respon gas saat di geber maupun slow
  • Meningkatkan keiritan (tergantung gaya berkendara), keiritan disini saat anda menggunakan motor tersebut, jika anda mengguakan motor dengan mengeber gas motor tentunya akan boros tapi beda halnya jika anda mengendarai motor dengan stabil normal untuk tarikan tuas gasnya. Misalnya laju jalannya standard di angkat 40 terus, atau 60 terus.
  • Lebih awet (tergantung desain). Dari beberapa penelitian busi Iridium lebih awet hingga 10 kali lipat dibanding busi standart.
  • Dipercaya meningkatkan tenaga mesin sekitar 1-3% , untuk tenaga memang iya , tapi hasilnya tidak signitifikan hanya 3% pengaruhnya tidak terlalu tinggi
  • Meningkatkan kualitas emisi gas buang (lebih ramah lingkungan)

Kalau Versi mas Ari bisa anda simak sebagai berikut ini :

Keistimewaan Busi Iridium :

  1. Inti elektrodanya kecil hanya mempunyai ukuran 0.4mm di bandingkan dengan yang busi standar , untuk busi standard sendiri mempunyai ukuran sekitar  2,5mm sehingga medan listrik menjadi besar pada ujung elektrodanya yang kecil dan fokus sehingga untuk memercikkan api dibutuhkan tegangan listrik yg rendah
  2. Mesin lebih mudah di hidupkan,mengurangi kegagalan pembakaran,sehingga bensin jadi lebih irit,
  3. Tenaga mesin bisa bertambah dan tentunya bisa memperbaiki akslerasi motor menjadi lebih cepat tapi tidak signitifikan..

Nah itulah beberapa pendapat yang diutarakan oleh mas iwan dan mas ari yang bisa menambawah wawasan kita mengenai kelebih busi iridium,selanjutnya Bagaimana jika busi tersebut digunakan untuk motor standard atau harian…? apakah berbaya untuk motor kita..?

Bahaya Menggunakan Busi Iridium

Versi mas iwan 

Kalau yang saya kutip dari situs mas iwan dia sendiri berkata bahwa tidak masalah selama motor disetting ulang secara benar.Namun karena sifat busi iridium yang cenderung memberikan dampak panas (karakter pengapian fokus pada satu titik ) soalnya kalau busi biasa dia menyebar Nah utuk itu wajib hukumnya adjust ulang asupan bensin (diperkaya). Jika di biarkan standard nantinya ditakutkan akan mempengaruhi durability mesin pada jangka panjang. Walau Bagaimanapun Stanrd mesin motor akan tetep lebih cocok pada penggunaan busi bawaan pabrikan . Denga kata lain kalau anda condong memikirkan performance busi iridium memang bisa membantu untuk meningkatkan performance mesin tapi hanya 1-3% sedikit banget . Tapi jika anda ingin mempunyai mesin motor yang awet tentunya busi bawaan sudah lebih dari cukup.Sebab seluruh kalkulasi teknik sudah di perhitungkan sedemikian rupa dengan durability serta long life engine dari pihak pabrikan sendiri.

Versi Mas Ari

untuk kerugiannya sendiri dari yang saya kutip jawaban mas ari adalah untuk kerugiannya jika salah pilih ukuran tingkat panas/dingin busi,,, jika salah pilih maka biasanya ujung busi meleleh karena overheating tenaga pun menjadi lemot alias loyo (tenaganya dak ada)

Nah bagaimana …? apakah anda sudah menemukan jawaban mengenai busi iridium..? pada intinya kesimpulan yang bisa saya ambil adalah ,saya lebih pilih standard pabrikan hehe,soalnya kalau motor sudah di obok2 dalamnya part partnya sudah tidak bawaan maka keawetan mesin akan berkurang, tapi jika anda lebih memilih performance motor maka ya pilihlah dan gunakan busi motor iridium..? Semuanya ada kelebihan dan kekurangnnya. Tinggal anda pilih yang mana hehe. Kalau saya tetep standard.?

Demikian informasi yang membahas mengenai Keunggulan Busi Iridium Yang Wajib Anda Ketahui,semoga artikel diatas bermanfaat dan bisa membantu anda semuanya. Oya jangan lupa untuk bagikan melalui facebook,twitter dan google +

Ini Dia 3 Keunggulan Busi Iridium Yang Wajib Anda Ketahui | sutopo | 4.5

Leave a Reply