Review Shell Advance AX7 10W-40 di New Vixion Lightning Tarikan dan Persneling Joss

Modifikasi.co.id – Oli mesin motor memang salah satu hal yang sangat penting untuk menjaga agar mesin pada motor tetep awet dan performa mesin selalu optimal . Oli motor berfungsi untuk menjaga komponen di dalam mesin motor agar selalu bekerja sebagai mana fungsinya. Oli motor shell ax7 adalah satu produk terbaik yang merupakan oli khusus untuk motor kopling basah, dan oli ini juga sudah memiliki sertifikat JASO MA , nah penasaran bukan seperti apa sih rasanya menggunakan oli motor shell ax7 10W-40 pada motor new vixion lightning.

Sebelum saya memutuskan untuk mencoba oli motor ini tentunya saya melihat dulu data spesifikasi yang ada pada oli merek shell ax7 tersebut, berikut ini data spesifikasinya.

Data Oli shell AX7

Cek datanya disini :http://www.epc.shell.com/docs/GPCDOC_Local_TDS_Australia_Shell_Advance_4T_AX7_10W-40_(SL_MA2)_(en-AU)_TDS.pdf

Jika diperhatikan lebih detail pada tabel diatas, saya melihat ada keunggulan yaitu pada VI (Vissosly index) yang mencapai nilai tinggi 172 , sedangkan untuk flash point (COC) mencapai 230 derajat celcius.dan untuk kinematic viscosly 15.8 , nah jika anda bandingkan dengan data oli merek motor lainnya tentunya data diatas sudah cukup lengkap untuk perbandingan.

Oli motor yang memiliki fitur fitur yang OK punya yaitu memiliki stabilitas yang baik dalam meredam getaran dan mengurangi kebisingan pada mesin motor , kemudian juga ada fitur agar menjaga kopling tetep lebih halus dalam perpindahan gigi, kemudian juga oli motor shell ax7 tersebut melindungi terhadap klep dan masih banyak lagi lainnya yang bisa anda lihat dibawah ini :

Berikut ini fitur unggulan jika menggunakan oli shell ax7 yang saya ambil dari situs resminya :

  1. Memiliki Stabilitas yang baik dalam meredam getaran yang terjadi pada mesin dan mengurangi kebisingan.
  2. Fitur unggulan lainnya yaitu untuk menjaga agar kopling lebih halus terutama dalam perpindahan gigi persneling.
  3. Oli shell ax7 dapat melindungan terhadap klep.
  4. Oli motor shell ax7 ini ternyata bisa membersihkan mesin dari kerak dan juga deposit.
  5. Diracik dengan formula khusus untuk membuat oli sebagai pelumas mesin motor menjadi lebih awet.
  6. Dengan menggunakan shell Advance RCE * Teknologi – maka membantu kendaraan Anda mencapai performa puncaknya atau titik klimaks
  7. RCE = Keandalan kinerja minyak, Control, Enjoyable ride.

Oli motor shell ax7 ini memang mantab , apa lagi saat pergantian oli mesin pertama kali maksudnya saat menggunakan oli motor shell ax7 pertama kali. Rasanya mesin begitu halus dari pada menggunakan oli motor sebelumnya yaitu Enduro 10w -40 ,anda bisa baca review saya dipostingan :

Selain halus di mesin, oli motor shell ax 7 ini juga lebih halus dalam perpindahan gigi, mungkin karena masih pertama kali digunakan , tapi  kalau sudah 1000KM lebih mungkin sama aja dengan oli yang lain *kayaknya xixix. Rencana jika sudah menempuh 1000 KM saya juga ingin menjajal Motul Ester 5100 10w-40 yang katanya dari beberapa sumber ada yang bilang enak* tapi harganya itu lho , mahal banget …! Saat menggeber pertama kali dengan menggunakan oli shell ax7 ini getaran mesin lebih halus .

Kekurangan pada oli motor shell ax7 ini dari beberapa sumber yang saya baca adalah ketika motor menghadapi kemacetan , atau stop and go maka motor yamaha new vixion tersebut mesinya mengalami kenaikan temperatur suhu dan mesin menjadi cepat panas , tapi ingat jika motor digunakan stop and go apalagi sering terjadi kemacetan. Hal tersebut bisa dilihat dari kipas radiator yang sering menyala ,nah hal tersbut tentunya suhu mesin meningkat alias menjadi panas , tapi jika sudah dijalan yang lurus dan lancar tentunya mesin motor new vixion tersebut akan kembali ke kondisi normal alias stabil, tidak terlalu panas dan dingin, stabil

Oli motor ini masih pertama kali saya gunakan sehingga saya belum bisa mengukur apakah bagus atau tidak, cara mengukur saya yaitu di penggunaan diatas 1000 KM , biasanya oli saat dinetralkan agak susah , atau pada kondisi jalan tertentu yang mengakibatnya saat mengoper gigi persneling udah gak enak alias keras .

Jika penggunaan oli mesin motor sudah lebih dari 1000 KM maka saat melakukanoper gigi persneling biasanya agak keras dan bunyi , tapi untuk awal awal penggantian oli biasanya halus dan lancar ,bahkan tidak bunyi,alias haluuussss kayak air. Selain itu pada kecepatan yang tinggi penggunaan oli shell ax7 ini stabil , saat mengoper gigi persneling dari 1 ke 2 dan seterusnya tetep halus,getaran mesin juga berkurang , tenaga motor juga sedikit meningkat walaupun tidak signifikan.

Kelebihan Oli Motor Shell Advance AX7 :
  • Oli ini dibuat oleh perusahaan atau brand ternama dunia.
  • Harga yang cukup terjangkau karena oli ini dibandrol oli tergolong murah (45 ribu sampai 55 ribu).
  • Tarikan mesin menjadi sangat ringan dan oli motor ini tentunya sangat cocok untuk anda penyuka akselerasi.
  • Oli motor shell advanced ax 7 ini tentunya sangat mudah didapatkan disemua toko / bengkel motor.
Kekurangan Oli Motor Shell Advance AX7  :
  • Sulitnya pindah gigi perseneling saat terjadi macet atau motor yang digunakan dengan karakter stop dan go ( gas rem , gas rem).
  • Mesin motor terasa panas apa bila dilalai dijalan yang macet (stop dan go)
  • Suara mesin sangat kasar.

Nah bagaimana menurut pendapat anda , monggo share di kotak komentar mengenai pengalaman menggunakan oli shell ax7 10w -40 pada motor new vixion..? OK mungkin sampai disini dulu sharingnya, nantikan informasi selanjutnya.

Demikian informasi yang membahas mengenai Review Shell Advance AX7 10W-40 di New Vixion Lightning ,semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung di www.modifikasi.co.id, jangan lupa jika bermanfaat untuk like,share dan comment

Leave a Reply