Tips dan Cara Jitu Membersihkan Karburator dengan Carbu Cleaner Sendiri

Modifikasi.co.id – Mungkin anda pernah mengalami karburator motor yang terlihat berkerak putih atau belum pernah …? Kalau dalam penyakit mirip kayak punya wanita yaitu keputihan heh e, kerak ini menjadi punyakit umum yang pasti sering dialami setiap motor bebek khususnya yang menggunakan karburator.Apapun merknya ,ibarat virus hidung itu seperti meler (pilek) yang bisa menjangkiti siapa saja.
Gejala kerak motor ini biasanya muncul ketika musim hujan atau sering melibas daerah yang memiliki kadar garam tinggi . Penyakit seperti ini biasanya pada motor motor yang suka nekat melaju sambil berenang saat banjir dadakan di ruas jalan. AKibatnya tentunya karburator bisa korosi dan rusak,performance motro pun tentunya akan menurut akibat kotoran asing menjadi kera.

Untuk bentuk karburator sendiri mirip kayak mangkok di mana didalamnya terdapat spuyer dan jarum spuyer . Fungsi utama dari karburator sendiri tentunya sebagai tempat mencampur bahan bakar dengan udara dalam ukuran yang tepat sehingga sesuai dengan kebutuhan sebelum di salurkan ke dalam ruang pembakaran dalam bentuk kabut.

Seperti yang kita ketahui bahawasanya karburator yang tidak berfungsi dengan baik maka akan dapat mempengaruhi kelancaran supli bahan bakar.apabila karburator bekerak ,suplai bahan bakar menjadi tidak lancar dan berdampak dapat pembakaran yang tidak sempurna.Akibatnya tentunya sepeda motor kurang bertenaga bahkan bisa juga mogok.Selain hal tersebut bisa juga mesin motor cepat panas dan knalpot biasanya mengeluarkan bahan bakar mentah berupa asap yang tidak normal. Suara yang dihasilkan pun tidak enak untuk di dengar.
Menurut bro yohannes sendiri bosnya bengkel modifikasi x-16 berkata bahwa : kerak pada karburator juga bisa disebabkan dari kualitas bahan bakar, residu yang menempel seperti kerak juga bisa disebabkan proses pembakaran dan masuknya air ketika motor terjebak banjir.

Jika karburator tidak ingin cepat kotor maka mas yohannes sendiri mengatakan bahwa ” buat para bikers agar tetap memakai filter standard , jangan pakai filter racing karena bentuk filternya terbuka sehingga cepat kotor” ujarnya.

satu satunya cara untuk menghilangkan kerak tentunya dengan melakukan service motor rutin ,pembersihan karburator bisa dilakukan dengan secara berkala mengikuti proses penggantian oli. saasaranya tentu endapan kotoran dan air di bensin serta mangkuk spuyer dan dudukan jarum pelampung korosi.
Jika anda tidak punya kesempatan untuk ke bengkel maka bias menggunakan cara semprot menggunakan carburator cleaner yang bisa anda baca dibawah ini untuk cara menggunakanya.

Panduan dimana ini saya kutip dari blog pertamax7.com yang mungkin bisa menambah wawasan kita semuanya.

OK langsung saja gak pake lama hehe

anda bisa bongkar body motor anda klaau pada contoh ini yaitu menggunakan motor mega por jadi tinggal buka aja bagian samping, kalau motor bebek tentunya harus buka bagian body  full, karena karburatornya tertutupi sama body plastik.Selanjutnya anda buka juga moncong filternya.

Motor Mega PRO murah

Sesuai dengan panduan yang terdapat pada tubuh kaleng “carbu cleaner”,untuk  cara penggunaannya ada 2 diantaranya yaitu :

Cara Membersihkan karburator

  1. Saat Mesin Mati anda bisa semprotkan Carb Cleaner ke intake , secara merata dan ulangi hal tersebut sampai 5 atau 10 Menit kemudian . lah terus anda bisa hidupkan mesin motor buat pembilasan.
  2. Saat Mesin Hidup dalam stationer ,anda buka sedikit gas terus semprotkan carb cleaner sambil tarik gas lebih dalam , agar mesin tidak mati dan lakukan hal tersebut secukupnya.Intinya jika anda menggunakan carb cleaner anda bisa baca di bagian botol tersebut biasanya ada cara penggunaannya.

Nah mungkin anda yang pernah mengalami hal diatas, atau ada yang pernah ngalami , yuk komentarnya hehe , kita berdiskusi.

Setelah bersih rasakan tarikannya , jangan lupa juga untuk membersihkan filter udaranya anda bisa baca tulisan saya mengenai Cara Membersihkan Filter Udara Yang baik dan benar.

Demikian informasi yang membahas mengenai Tips dan Cara Jitu Membersihkan Karburator dengan Carbu Cleaner, semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung di  www.modifikasi.co.id ,oya jika artikel diatas dirasa bermanfaat anda bisa bagikan melalui facebook,twitter dan google +

Tips dan Cara Jitu Membersihkan Karburator dengan Carbu Cleaner Sendiri | sutopo | 4.5

Leave a Reply