20 Macam Jenis Modifikasi Pada Sepeda Motor

Modifikasi.co.id – Melakukan modifikasi/perubahan pada motor tentunya harus menggunakan jenis aliran modifikasi ,kalau tidak menggunakan tentunya hasilnya kurang maksimal. Umumnya memodifikasi motor yang paling banyak di indonesia adalah jenis street fighter ,racing look, full fairing dan masih ada beberapa lainnya. Tapi dari yang saya amati di jalan raya ,maksdunya yang sering saya lihat adalah jenis adalah Sport full fairing.

Bagi anda yang belum tahu apa maksudnya modifikasi ,ya modifikasi motor adalah merubah suatu tampilan sepeda motor dari tampilan standard menjadi lebih sporty,agresif, terlihat berbeda dengan yang lainya. Bagian bagian yang diganti ada yang seluruh part diganti ada yang hanya dengan memperindah saja ,misalnya menyematkan beberapa aksesoris/sparepart motor ,mengganti velg, stang, body , spion, swing arm, dll. Tapi ada juga yang memodifikasi motor khususnya untuk performance yaitu dengan menambah kecepatan agar semakin cepat.

Lalu jenis modifikasi motor apa sih yang cocok untuk digunakan ..? Kalau menurut saya pribadi semuanya sih terngantung selera masing masing , anda bisa lihat dibawah ini beberapa jenis modifikasi motor yang bisa dijadikan rujukan sebelum memodifikasi motor. Jenis .macam konsep motor dibawah ini sudah banyak digunakan oleh kalangan modifikator dunia.

  1. Vintage Bike
    Modifikasi Motor Vintage Concept
    Modifikasi motor yang mengusung konsep ini yaitu berusaha mempertahankan unsur originalitas kendaraan alias tampil standard pabrik . Walaupun kelihatanya terlihat simple tapi aliran jenis modifikasi ini menghabiskan uang yang lumayan cukup banyak karena harga sparepart original (ori) jadi sangat mahal selain itu juga untuk mendaptakan part part tersebut sudah langka dipasaran.
  2. Klasik Retro Bike
    Modifikasi Motor Retro Konsep
    Modifikasi motor dengan konsep ini yaitu motor dibentuk klasik tapi gak terlalu original,Yang terpenting adalah motor tidak terlihat modern. Untuk perubahanya biasanya dengan menambahkan part part modern seperti cakram lebar , velg lebar dan lain sebagainya.
  3. Low Rider Bike
    Modifikasi Motor Low Rider Konsep
    Modifikasi motor dengan konsep Low Rider adalah modifikasi dengan bentuk modif motornya yang memiliki ketinggian tanah rendah. Ada juga beberapa motor yang di modif konsep seperti ini motornya hampir mencium tanah. Modifikasi seperti ini biasnya dengan melakukan pemotongan pada kerangka motor dan juga shockbreaker agar terlihat lebih pendek,bahkan ada juga yang meniadakan tanki bensin yang diganti dengan botol minuman.
  4. Speedway Bike
    Speedway Modifikasi Konsep
    Konsep modifikasi motor seperti ini adalah sepeda motor sport yang memiliki stang lebih tinggi, pada bagian belakang sasis sedikit lebih panjang. Detailnya bisa baca disini https://en.wikipedia.org/wiki/Motorcycle_speedway
  5. Street Tracker Custom Bike
    Street Tracker Custom Bike Konsep
    Modifikasi motor dengan mengusung konsep seperti ini biasanya desain tanki bahan bakar terlihat flat dengan jok,kemudian untuk desain belakang /buntut terlihat agak meruncing.
  6. Thai Look Style Bike
    Thai Look Style
    Modifikasi motor dengan mengusung konsep ini biasanya terdapat pada motor matic ,ciri cirinya yaitu pada bagian kaki kaki yang digunakan adalah menggunakan velg dan ban yang berukuran 16-17 inci. Selain itu kebanyakan motor matic di indonesia dibekali dengan menggunakan velg ukuran 14 inchi.
  7. Chopper Bike
    Chopper Bike ModifikasiChopper Bike Modifikasi kerenModifikasi motor jenis ini biasa pemiliknya mencari mesin dan juga mengkombinasikan dengan sasis buatan sendiri sehingga tampilanya menjadi lebih panjang antara stang dan jok.
  8. Jap Style Bike
    Jap Style Bike ModifikasiModifikasi dengan konsep seperti ini biasanya ada cirikhasnya atau gaya yang digunakan. Misalnya saja pada bagian stang telanjang, lampu depan menggunakan jenis bulat,jok pendek ,kemudian dimensi rangka yang pendek, tangki terlihat lebih kecil,serta jarak antara ban depan dengan ban belakang terlihat lebih panjang dari rangka selain itu terlihat detail manik imut.
  9. Cafe Racer
    Cafe Racer Bike Modifikasi
    Untuk modifikasi motor yang menggunakan aliran cafe racer biasanya terlihat sangat menonjok diantaranya yaitu stang yang digunakan jenis tang jepit agar bisa menunduk waktu habis geber motor,Selain itu juga pada bagian tanki motor dibuat agar terlihat lebih ramping dan memanjang biar lebih enak dan nyaman saat dijepit paha. Ciri khas lain motor modifikasi jenis aliran ini yaitu jok yang rendah ,kemudian pada bagian belakang terdapat buntut yang melengkung seperti belalang ke atasnya seperti buntut tawon.
  10. Supermoto
    Supermoto Bike Concept
    Aliran modifikasi motor jenis ini biasanya tetep bernuansa trail, tapi pada bagian kaki kakinya khususnya velg dan ban yang digunakan berbeda dengan ban motor trail alias tidak menggunakan ban kembang tahu.
  11. Trail Bike
    Trail Bike Concept
    Untuk modifikasi motor aliran ini biasanya mau tidak mau harus merubah total penampilan motornya,Maka part part yang wajib harus diganti yaitu handguard, stang tinggi ala motor trail (fatbar),knalpot racing,undertail, ban menggunakan ban tahu, engine guard ditambah lagi modifikasi pada mesinnya agar performance tenaga dan torsinya meningkat.
  12. Trial Bike
    Trial Bike Motorcycle
    Modifikasi motor jenis ini biasanya terlihat lebih simple, minmalis dan elegant, Motor dengan mengurangi bobot asli motor sehingga lebih gesit untuk digunakan diarea pegunungan atau medan berat lainya.
  13. Bobber
    Bobber Modifikasi Motor
    Modifikasi motor dengan aliran ini biasanya tetap membiarkan sasis standard ,hanya memotong bagian spatbor bagian depan selain itu juga menambahkan piranti yang dianggap penting/perlu. Untuk aksentuasi ,motor modifikasi aliran bobber ini menerapkan sistem pengereman cakram, kemudian untuk roda ban depan dan ban belakang menggunakan tipe ban gendut
  14. Enduro Bike
    Enduro Modifikasi
    Modifikasi motor dengan aliran Enduro ini biasanya pada bagian belakang terdapat kotak box,selian itu motor yang digunakan biasanya untuk touring.
  15. Streetfighter
    Streetfighter Modifikasi
    Motor aliran modifikasi jenis steet fighter ini biasanya menampilkan tampilan yang lebih macho alias lebih muscle ,lebih gombot dan padat. Ciri ubahan yang dilakukan pada motor jenis aliran steet fighter ini biasanya adalah mengganti kaki kaki motor dengan menggunakan velg dan ban yang lebih besar dan gombot, selain itu pada sektor mesin lebih ditonjolkan agar kelihatan.
  16. Sport Full Fairing
    Sport Full Fairing Bike Modifikasi
    Untuk konsep modifikasi ada aliran ini yaitu sudah sangat jelas bahwa motor ini biasanya tampilanya full fairing yang mengadopsi motor besar yang digunakan pada pembalap motogp
  17. Touring
    Touring Modifikasi Concept
    Konsep modifikasi aliran motor touring ini yaitu dengan memanfaatkan motor pabrikan alias bawaan standard dengan menambah beberapa part pendukung misalnya saja seperti box utilities dan poart penudkung lainya seperti ban tubeless supaya nantinya tidak repot ketika ban terkena paku serta safety gear yang mampuni . Selain itu juga membersarkan diameter cakram depan dan mengganti selang rem depan dengan kabel rem keluaran TDR, menambah aksesoris handguard atau pengalaman pelindung tangan ketika terjadi benturan,memasang engine bar atau besi pelindung mesin , dan juga body. Memakai bag untuk menaruh peta , air minum, kamera atau peralatan lain yang dibutuhakan untuk kegiatan touring,tidak lupa juga menggunakan stang fatbar (setang lebar)
  18. Trike Bike
    Modifikasi Trike Concept
    Umumnya modifikasi motor aliran ini yaitu menggunakan ban belakang 2 kalau tidak ya ban depan 2, ciri khas dari motor ini sangat menonjol dari ban yang digunakan.
  19. Drag Style
    Drag Style Modifikasi concept
    Untuk aliran modifikasi motor drag bike ini biasanya memodifikasi pada bagian performance atau engine ,jadi motor aliran drag bike ini lebih mengarah ke tenaga yang besar untuk bisa lari lebih kencang bahkan sekencang kencangnya
  20. Rat Bike
    Rat Bike Modifikasi concept
    Aliran modifikasi yang terakhir yang paling unik diantara yang lain , motor ini biasanya model model kuno ala klasik , semua part atau apapun ditempelkan di motor.

Nah kurang lebih sekitar ada 20 jenis macam macam aliran modifikasi motor , oiya dalam melakukan perubahaan motor atau modifikasi motor hindari modifikasi motor yang tidak memperdulikan sisi safety , lebih baik aman dan nyaman walaupun penampilanya tidak terlalu bagus.

Baca Juga Artikel Lainnya :

OK, mungkin sampai disini dulu informasi yang bisa saya bagikan untuk anda mengenai 20 Macam Jenis Modifikasi Pada Sepeda Motor,semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung di www.modifikasi.co.id , jangan lupa untuk like share dan comment

Originally posted 2015-11-16 10:18:35.

Leave a Reply