Motor Kawasaki Ninja Pertama Kali didunia Yaitu GPZ900R

Modifikasi.co.id – Motor ninja untuk sekarang ini perkembangannya sudah cukup signifikan hal tersebut bisa dilihat dari teknologi yang digunakannya, pada zaman dahulu pada tahun 1984 motor ninja tersebut pertama kalinya dirilis di dunia. Anda bisa sekilas sejarah motor ninja di postingan saya sebelumnya Harga Motor Kawasaki Ninja Indonesia Terbaru.

Sejarah motor ninja ini ditulis karena memang motor ini ditujukan buat anda yang ingin mencari tahu legendaris kawasaki ninja series pertama kali didunia.Lalu seperti apa sih penampakan motor ninja yang pertama kali dirilis didunia pada tahun 1984 tersebut..? ,Seperti apa sejarah awalanya motor ninja, dan seperti apa spesifikasi dan detail motor legendaris buatan kawasaki ini ..? nah untuk itu yuk simak ulasanya dibawah ini :

Penampakan motor ninja “GPZ900R” Pertama kali didunia

https://en.wikipedia.org/wiki/Kawasaki_GPZ900R#/media/File:GPZ900R_A16Ninja.jpg

https://en.wikipedia.org/wiki/Kawasaki_GPZ900R#/media/File:GPZ900R_A16Ninja.jpg

Motor Kawasaki Ninja GPZ900 R atau orang juga menyebut dengan istilah ZX900A ini adalah motor pabrikan kawasaki yang dikembangkan secara rahasia kurang lebih selama 6 tahun. Hingga akhirnya pada tahun 1984 -1986 motor ini benar benar diperkenalkan didunia. Untuk Motor ninja Series pabrikan kawasaki mungkin anda sudah mengenai banyak varian diantarnya ZX-6R,ZX–10R atau bisa juga ZX-14R. Nah produk produk motor canggih buatan kawasaki tersebut berawal dari produk yang sama ..?

http://www.j-mart.biz/j-parts/images/nitroracing/ex-04tut3-v3.jpg

http://www.j-mart.biz/j-parts/images/nitroracing/ex-04tut3-v3.jpg

Ya ini lah motor kawasaki Ninja GPZ900/ZX900A adalah motor ninja series pertama kalinya didunia. Kalau dilihat dari penampilanya kurang begitu menarik ya, *kalau dilihat zaman sekarang, tapi kalau dilihat pada zaman itu motor tersebut sudah top markotop. Motor ninja ZX900 ini adalah motor yang pertama kali menggunakan teknologi platform mesin liquid cooled, paraller 4 silinder,DOHC 16 V. Platform motor seperti mungkin sudah hampir semuanya diterapkan pada motor super sport, super bike asal pabrikan dari negeri jepang. Nah dengan begitu Kawasaki adalah salah satu founder yang mempunyai motor superbike yang dikenalkan didunia yaitu melalui produknya Ninja ZX900 tersebut.

Motor Kawasaki Ninja ZX900 diatas dipersentajai menggunakan mesin yang berkapasitas cukup tinggi yaitu 908 cc , liquid colled , paraller 4 silinder, DOHC 16 v. Untuk performance yang dihasilkan pertamakali motor ini tidak diragukan lagi,power motor ini maksimal bisa mencapai 115 HP. Dari beberapa sumber yang pernah saya baca bahwa motor ini memiliki top speed maksimal bisa 243 km/h (151 mph). Selain itu untuk akselerasi sendiri motor ini bisa menempuh kecepatan 1/4 mil hanya membutuhkan waktu 10,55 detik.
Motor Ninja ini pertama kali diproduksi adalah motro yang tercepat didunia pada zamannya. ZX900 bahkan mampu mengalahkan produk superbike lainya yang memiliki kubikasi mesin yang lebih besar seperti CBX1000s dan GS1100.

Untuk produk terbaru kawasaki saat ini yaitu ZX-14 R produk motor ini adalah produksi massal yang tercepat dunia sampai saat ini .Motor tersebut dibekali dengan mesin 1400 cc perolehan pencapaian tersebut mungkin dulunya karena diawali motor ninja GPZ900R tersebut.

Kalau dilihat dari desain sendiri motor kawasaki ZX900 ini patut di apreasiasi dan diacungi jempol , walaupun motor ini masih memiliki desain yang kurang elegant yaitu dengan adanya lekukan kotak,tapi motor kawasaki ninja ZX900 ini sudah dibekali dengan fairing,walaupun model desainya masih jadul ,jika dibandingkan pada superbike pada zamannya motor ini kurang greget desainnya. Tapi motor kawasaki ZX900 ini dari sumber yang pernah saya baca di beberapa blog blogger otomotif bahwa produk ini adalah awal mula pengembangan produksi motor sport fairing didunia …! keren bukan haha, motor pertama kali berfairing didunia…!

Nah jika anda ingin melihat spesifikasi detailnya mungkin bisa dilihat dibawah ini

Model : Kawasaki GPZ900 Ninja (ZX900R Ninja)

  • Tahun : 1984 – 1986
  • Engine : 4-Tak, Liquid-Cooled, Transverse 4 Cylinder, DOHC, 16 Valves
  • Kapasitas Silinder : 908cc
  • Bore x Stroke : 72.5 x 55 mm
  • Rasio Kompresi : 11.0 : 1
  • Penyuplai BBM : 4x Karburator Keihin CVK34
  • Max Power: 115 HP @ 9500 Rpm
  • Max Torque : 87 N.m @ 8500 Rpm
  • Transmission : 6 Speed
  • Max Top Speed : 151 Mph (241 Km/h)
  • Suspensi Depan : 38mm Telescopic Forks
  • Suspensi Belakang : Uni-Trak Air Assisted, Mono Shock
  • Rem Depan : Double Cakram 280mm, Kaliper 2 Piston
  • Rem Belakang : Single Cakram 270mm, Kaliper 2 Piston
  • Ban Depan : 120/80 – 16
  • Ban Belakang : 130/80 – 18
  • P x L x T : 2200 x 795 x 1215 mm
  • Tinggi Jok : 780 mm
  • Jarak Sumbu Roda : 1495 mm
  • Berat Kosong : 228 Kg
  • Kapasitas Tangki BBM : 22 Liter, Termasuk Tangki
  • Cadangan 4 Liter

Jika diamati lagi motor kawasaki ninja series tersebut sudah berumur kurang lebih 30 tahun yang sudah meramaikan dunia sportbike internasional. Malang melintang untuk berkompetisi dengan produk sportbike lainya dari berbagai macam merek dan kawasaki ninja masih mendaptakan konsumen yang setia /pecinta motor ninja,bahkan mungkin diindonesia sendiri sudah banyak komunitas motor ninja yang sudah berkembang.

Untuk sekarang ini sudah beragam produk motor ninja yang lebih atraktif dan inovatif sudah berhasil diciptakan oleh pabrikan kawasaki. Pabrikan motor kawasaki ini sangat terkenal dengan warna hijaunya yang menjadi lambang produk produk buatan kawasaki selalu berwarna hijau. Untuk series motor ninja terbaru yaitu Ninja 250 RR Mono,walaupun ada produk terbaru tersebut kita tidak boleh melupakan motor legendaris ninja series yang pertama kali diciptakan oleh kawasaki yaitu ZX900. Bagaimanapun motor kawasaki ninja ZX900 ini adalah sebuah produk awal yang menurut saya pribadi sangat brilian dalam memproduksi industri sportbike Dunia.

Demikian informasi yang membahas mengenai sejarah motor ninja series pertama kali,semoga menginspirasi dan kita sebagai pemuda indonesia bisa menciptakan motor yang lebih hebat lagi hehe *harapanya sih gitu , prakteknya dalam kegiatan sehari hari masih nol besar. Jangan lupa jika artikel diatas dirasa bermanfaat untuk like,share dan comment biar lebih banyak yang mendapatkan manfaatnya.

Motor Kawasaki Ninja Pertama Kali didunia Yaitu GPZ900R | sutopo | 4.5

Leave a Reply