Cara Kerja Mesin 4 Tak Lengkap Dengan Ilustrasi

Modifikasi.co.id – Hampir semua orang yang ada di indonesia ini memiliki kendaraan baik yang memiliki roda dua (sepeda motor) atau yang memiliki roda empat (mobil). Motor yang kita beli biasanya pada bagian body (tebeng) biasanya terdapat tulisan 4 tak ,selain itu juga biasanya terdapat pada buku petunjuk manual kendaraan yang kita miliki. Nah yang menjadi permasalahan adalah kebanyakan dari kita tidak memahami kenapa mesin motor tersebut harus disebut dengan mesin 4 tak..? bagaimana prinsip kerja mesin 4 tak , apa pengertian mesin 4 tak , untuk itu artikel ini dibuat untuk menjelaskan beberapa pertanyaan tersebut.

Pengertian Mesin 4 tak /Four stroke

Untuk pengertian mesin 4 tak adalah sebuah mesin yang dimana bekerja menghasilkan tenaga dengan memerlukan 4 proses langkah naik turun piston , dua kali rotasi kruk as dan satu putaran noken as (camshaft). Atau bisa juga dinamakan mesin 4 tak yaitu karena dalam satu proses kerjannya mesin motor tersebut membutuhkan 4 langkah kerja untuk satu kali proses.

Pengertian menurut wikipedia.org

Motor bakar empat langkah adalah mesin pembakaran dalam, yang dalam satu kali siklus pembakaran akan mengalami empat langkah piston. Sekarang ini, mesin pembakaran dalam pada mobil, sepeda motor, truk, pesawat terbang, kapal, alat berat dan sebagainya, umumnya menggunakan siklus empat langkah. Empat langkah tersebut meliputi langkah hisap (pemasukan), kompresi, tenaga dan langkah buang. Yang secara keseluruhan memerlukan dua putaran poros engkol (crankshaft) per satu siklus pada mesin bensin atau mesin diesel.

Jika digambarkan ilustrasi bisa dilihat dibawah ini .

Mesin 4 Tak

Prinsip/Cara Kerja Mesin 4 tak

Untuk prinsip kerja motor 4 tak kurang lebih dibagi menjadi 4 step diantaranya yaitu sebagai berikut ini :

  1. Langkah Hisap (Intake)
    langkah isap
    langkah ini yaitu bertujuan untuk memasukan kabut udara -bahan bakar ke dalam silinder mesin motor. Dimana seperti yang kita ketahui bahwa tenaga mesin diproduksi tergantung dari seberapa banyak jumlah bahan bakar yang terbakar selama proses pembakaran.
    Untuk prosesnya diantaranya yaitu :

    • Piston bergerak dari titi mati atas atau yang biasanya disingkat dengan istilah (TMA) *dalam dunia otomotif menuju ke titik mati bawah atau singkatan dari (TMB)
    • Kemudian Klep in (intake valve)  terbuka dan Klep Ex (exhaust valve) akan tertutup.
    • Kruk as akan berputar 180 derajat
    • Noken as beputar 90 derajat
    • Selanjutnya tekanan yang dibuat oleh piston tersebut maka campuran bahan bakar dan juga udara yang telah dibuat menjadi kabut oleh karburator akan terhisap melalu intake port
  2. langkah Kompresi (Compression).
    langkah isap
    Langkah ini yaitu dengan piston bergerak dari TMB (titik mati bawah) ke TMA (titik mati atas) , posisi katup masuk dan keluar tertutup, yang mengakibatkan udara atau gas dalam ruang bakar terkompresi beberapa saat sebelum piston sampai pada posisi TMA (titik mati atas). Tujuan dari langkah kompresi ini yaitu untuk meningkatkan temperatur sehingga campuran udara dan juga bahan bakar dapat bersenyawa. Rasio kompresi ini juga nantinya akan berhubungan erat dengan produksi tenaga pada mesin motor.
    Untuk prosesnya sebagai berikut :

    • Piston bergerak kembali dari TMB ke TMA.
    • Klep In menutup, Klep Ex tetap tertutup.
    • Bahan Bakar termampatkan ke dalam kubah pembakaran (combustion chamber).
    • Sekitar 15 derajat sebelum TMA , busi mulai menyalakan bunga api dan memulai proses pembakaran.
    • Kruk as mencapai satu rotasi penuh (360 derajat).
    • Noken as mencapai 180 derajat.
  3. Langkah Pembakaran (Combustion).
    langkah pengapian
    Langkah ini yaitu dimulai dengan menyalakan busi yang menyebabkan terbakarnya bahan bakar tadi ,nah dalam proses pembakaran tersebut maka akan menyababkan yang namanya ledakan yang akan mendorong piston menuju ke bawah nutuk menggerakan Kruk AS (crangsaft , yang mana perputaran atau gerakan kruk as ini akan memutar fly wheel yang akhirnya memutar gear untuk memutar roda kendaraan.
    Untuk prosesnya adalah :

    • Ledakan tercipta secara sempurna di ruang bakar
    • Piston terlempar dari TMA menuju TMB
    • Klep inlet menutup penuh, sedangkan menjelang akhir langkah usaha klep buang mulai sedikit terbuka.
    • Terjadi transformasi energi gerak bolak-balik piston menjadi energi rotasi kruk as
    • Putaran Kruk As mencapai 540 derajat
    • Putaran Noken As 270 derajat
  4. Langkah Pembuangan (Exhaust).
    langkah buang
    Nah untuk langkah yang terakhir yaitu klep ex akan terbuka dan klep in akan tertutup , yang kemudian dilanjutkan dengan pistion naik karena dorongan balik dari kruk as tersebut setelah proses pembakaran dilakukan. Masa sisa pembakaran tersebut akan didorong keluar oleh piston melalui exhaust port ,maka setelah satu siklus kerja dari sebuah mesin 4 tak dan siklus tersebut akan terjadi berulang ulang dengan sangat cepat.
    Untuk prosesnya adalah sebagai berikut ini :

    • Counter balance weight pada kruk as memberikan gaya normal untuk menggerakkan piston dari TMB ke TMA.
    • Klep Ex terbuka Sempurna, Klep Inlet menutup penuh.
    • Gas sisa hasil pembakaran didesak keluar oleh piston melalui port exhaust menuju knalpot.
    • Kruk as melakukan 2 rotasi penuh (720 derajat).
    • Noken as menyelesaikan 1 rotasi penuh (360 derajat).

Untuk lebih jelasnya agar anda mendapatkan gambaran bagaimana cara kerja mesin 4 tak maka bisa dilihat pada video dibawah ini

Bagaimana apakah anda sudah memahami bagaimana cara kerja mesin 4 tak ..? so kurang lebih seperti gambaranya.

Demikian informasi yang membahas mengenai Cara Kerja Mesin 4 Tak Lengkap Dengan Ilustrasi,semoga beramnfaat dan terima kasih buat anda yang sudah berkunjung di www.modifikasi.co.id , jangan lupa untuk like,share dan comment agar lebih banyak yang mendapatkan manfaatnya.

Leave a Reply