Tips Jitu Pengelolaan dan Manajemen Usaha Bengkel Sepeda Motor

Modifikasi.co.id – Buat anda yang baru saja memulai usaha bengkel sepeda motor maka mau tidak mau harus merapikan manajemen agar bengkel yang kita kelola bisa berjalan dengan baik sesuai dengan planning/rencana diawal dan visi misi bersama.

Saat membuka usaha bengkel sepeda motor maka kita dituntut untuk menguasai manajemen bengkel sepeda motor, tujuannya yaitu agar bengkel yang kita kelola tersebut memiliki manajemen yang rapi. Ya mungkin sebagian dari anda masih ada yang belum mengetahui ,mengerti atau memahami maksud dari manajemen bengkel motor.

Jadi Manajemen bengkel sepeda motor itu adalah alat atau jadwal atau rencana yang digunakan untuk mengatur efektifitas dan juga efesiensi bengkel supaya setiap minggunya , setiap bulannya atau setiap tahunnya kita bisa melihat setiap perkembangan usaha bengkel sepeda motor yang sedang kita jalankan apakah berjalanan dengan baik atau malah tidak ada konsumen, apa saja yang menyebabkan konsumen kurang maksimal..? apa saja media promosi yang digunakan agar bengkel motor yang kita bangun semakin dikenal orang banyak, nah fungsi dari manajemen adalah seperti itu , jadi setiap minggunya kita bisa evaluasi bersama team kerja kita , brandstroming(berfikir bersama sama) untuk menyelesaikan masalah bersama sama.

Dalam menjalankan usaha bengkel sepeda motor maka ada beberapa hal yang harus diterapkan dalam manajemen bengkel sepeda motor diantaranya yaitu sebagai berikut ini :

  1. Tentang Perencanaan Lokasi/Tempat Bengkel Motor
    Saat anda memilih lokasi atau mencari tempat untuk bengkel sepeda motor yang tepat maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan diantaranya yaitu , dimana lokasi tempat bengkel anda berada..? apakah di perkotaan , atau di desa atau umum..? Apakah di lokasi tersebut penduduknya padat..? *usahakan cari penduduknya yang banyak, kemudian cari lokasi tempat bengkel motor yang memiliki banyak pengendara sepeda motor atau bahasa gampangnya adalah carilah tempat yang banyak pengguna motor, cari juga lokasi atau tempat daerah yang sedang berkembang.
    Saat anda sudah memilih lokasi misalnya tempatnya strategis, banyak penduduknya, kemudian banyak juga pengguna sepeda motornya, dan juga pesaing (*usaha bengkel motor yang sama dengan anda) hanya beberapa tidak terlalu banyak maksudnya adalah persaing bisnis usaha bengkel hanya sedikit tidak terlalu banyak maka anda bisa langung sewa tempat tersebut untuk usaha bengkel motor anda.
  2. Semua hal tentang pelayanan
    Saat kita membangun usaha bengkel sepeda motor , kita juga harus mempunyai planing (perencanaan) yang benar benar matang ,misalnya dalam membangun usaha bengkel motor jasa apa yang akan kita sediakan (jasa service motor, ganti oli motor, ganti ban , service berat,dll) , kemudian meningkatkan kualitas kerja, penyediaan spartpart motor baik yang original atau yang biasa tapi kualitas hampir sama dengan ori,adanya ruang tunggu yang dilengkapi dengan makanan dan air minum, dan lain lain yang intinya adalah konsumen bisa betah dan merasa puas saat berkunjung ke bengkel motor yang sedang kita bangung dan bisa balik lagi atau menjadi pelanggan tetap.
  3. Semua Hal tentang Pemeliharaan
    Dalam hal ini tentunya hampir semua bengkel mempunyai keinginan agar barang barang yang dimilikinya baik peralatan bengkel motor yang sifatnya mudah rusak atau awet maka hal tersebut harus benar benar dijaga baik baik , pemeliharaan disini maksudnya adalah mempertahankan keadaan suatu fasilitas yang ada di bengkel yang nantinya akan dipergunaankan lagi untuk membantu kita dalam aktifitas kerja sehingga kondisi operasional bengkel tetep optimal dan dapat dipergunakan lagi dalam jangka panjang. Bukan hanya pada pemeliharaan peralatan bengkel saja tapi juga harus meningkatkan mutu bengkel kita agar konsumen bisa balik lagi ke bengkel kita sehingga kita dengan mudah mendapatkan pelanggan tetap.
    Seiringnya berjalannya waktu tentunya pemeliharaan dan semua manajemen bengkel kita harus lebih sempurna ,keuntungan manajemen bengkel motor yang baik yaitu saat laporan akhir bulan ,pemasukan dan juga pengeluaran akan ketahuan bagaimana kinerjanya , apakah kurang , atau lebih atau hanya biasa biasa saja. Dengan berproses seperti ini maka bisa diadakan meeting bersama team kerja kita untuk berdiskusi mencari apa saja kelebihan bengkel kita dibandingkan yang lain dan apa kekurangan yang ada di bengkel kita sehingga kita bisa melakukan perbaikan jika sudah mengetahui apa saja penyebabnya. Setiap usaha bengkel sepeda motor pasti mengalami kendala atau masalah , dan masalah untuk setiap bengkel ini biasanya berbeda beda jadi dengan adanya laporan bulanan atau meeting bersama team kita maka bisa melakukan evaluasi terhadap bengkel yang sedang kita bangun tersebut.

Baca Juga Artikel Yang berkaitan tentang Usaha Bengkel Motor Lainnya :

  1. 3 Tips Memulai Usaha Bengkel Motor
  2. Tips Tentang Peralatan bengkel Sepeda Motor
  3. Tips Tentang Manajemen Bengkel Sepeda Motor
  4. Daftar Nama Alat dan Harga Peralatan Bengkel Sepeda Motor
  5. Belajar dan Kursus Bengkel Motor Gratis
  6. Tips Membuat Proposal usaha bengkel sepeda motor untuk pengajuan pinjaman ke Bank

Demikian informasi yang membahas mengenai beberapa hal yang harus dipahami dalam manajemen bengkel sepeda motor, jangan lupa jika artikel diatas bermanfaat untuk anda,klik button share dibawah ini agar lebih banyak yang mendapatkan manfaatnya. So dari saya cukup sekian , sampai jumpa di postingan selanjutnya, terus kunjungi www.modifikasi.co.id agar tidak tertinggal informasi seputar bengkel motor dan lain sebagainya.

Tips Jitu Pengelolaan dan Manajemen Usaha Bengkel Sepeda Motor | sutopo | 4.5

Leave a Reply