Biaya dan Tips Cara Perawatan Yamaha New Vixion Tiap Tahun

Modifikasi.co.id – Motor sport buatan yamaha yang satu ini yaitu new vixion memang sudah menjadi legenda yang banyak disukai para pemuda di indonesia, bukan hanya pemuda saja orang dewasa dan orang tua banyak yang menyukai motor yang satu ini , buktinya penjualan motor sport yamaha new vixion ini masuk kategori motor terlaris ditahun 2014 sampai 2015,untuk datanya sendiri bisa dilihat dibawah ini :

Dibawah ini urutan penjualan terbanyak sepeda segmen motor sport selama 11 bulan di 2015:

  1. Yamaha New V-Ixion, 251.937 unit
  2. Honda CB150R Streetfire, 91.823 unit
  3. Honda CBR150R, 63.024 unit
  4. Honda Verza, 61.507 unit
  5. Yamaha R15, 48.189 unit

Setiap pemilik sepeda motor pasti akan melakukan yang namanya service motor ,baik service motor berat atau service motor kecil , nah agar motor vixion kita tetep awet dan nyaman digunakan makanya perlu dilakukan yang namanya perawatan , nah perawatan motor ini bisa dilakukan sendiri jika memungkinan maksudnya jika kita  sudah memiliki ilmunya dan peralatan yang dibutuhkan untuk membongkar motor. Untuk melakukan perawatan motor sendiri atau service motor sendiri biasanya dilakukan setiap bulan atau tiap memasuki jangka waktu service motor.

Untuk penggunaan sendiri karena saya pengguna motor vixion juga setiap harinya perjalanan sering digunakan menempuh sekitar 25 KM, soalnya motor hanya digunakan dari kost ke kampus ,kemudian untuk beli makanan , habiskan pertamax :v, ke maguwo jogja lihat balapan dll. Lalu kapan sih waktu yang tepat untuk melakukan service motor sendiri  dan part part apa saja yang perlu di service untuk itu monggo cek dibawah ini.

  1. Ganti Oli Mesin 
    Untuk pengguna motor vixion perlu diperhatikan pada oli mesinnya, untuk umur oli pada sebuah mesin biasanya tidak lebih dari 3000 KM , jika sudah mencapai 3000 KM maka anda harus mengganti oli mesin motor tersebut dengan oli yang baru dengan kekentalan sesuai standard pabrikan , kalau saya menggunakan Oli Motor Shell Advance AX7 10W40 harganya sekitar 50.000 . Jika anda tidak mempunyai uang maka bisa menggunakan oli bawaan standard pabrikan yaitu yamalube 10w40 harganya sekitar 35.000 ,atau bisa juga mencoba Oli Motor Enduro 4T SAE 10W-40 di New VixionUntuk motor yang sering digunakan perjalanan jauh , touring , jalan jalan sampai ratusan KM dan kondisi mesin motor terus hidup maka mau tidak mau jika sudah mencapai 2000 KM maka harus diganti dengan oli mesin yang baru. Tujuanya agar komponen yang ada di dalam mesin tetep awet dan tetep prima.
  2. Filter Oli 
    Dari informasi yang pernah saya baca di internet , dan pada umumnya biasanya penggantian filter oli ini dilakukan jika motor sudah menempuh 9000 km, tapi ada juga sebagian bengkel resmi dari dealer yang melakukan penggantian oli mesin motor bersamaan dengan filter oli . Jadi sebenarnya yang tahu kapan penggantian filter oli ya anda sendiri , karena anda yang menggunakan motor tersebut hehe, jika sudah menempuh jarak lebih dari 9000 km sebaiknya diganti dengan yang baru , untuk harganya hampir sama dengan penggantian oli mesin motor yaitu sekitar 35.000 , harganya sama dengan ganti oli mesin motor haha.
  3. Air Radiator/air coolant
    Jika dilihat part motor yang satu ini sepertinya biasa biasa saja,tapi part yang satu ini perlu dan cukup penting dirawat,buat anda yang suka main di RPM tinggi dan suka dengan kegiatan touring pasti mengalami yang namanya indikator pada speedometer tiba tiba hidup ,atau kipas pada radiator menyala, nah hal tersebut bisa disebabkan karena air radiator berkurang. Untuk penggantian air radiator biasanya tiap 9000 km tapi kembali lagi ke kondisi motornya karena biasanya berbeda beda maksudnya adalah kadang bisa cepet habis kadang bisa awet tahan lama. Cara melihat apakah air radiator masih atau habis maka bisa dilihat pada bagian bawah tangki motor  bagian kiri dekat dengan rangka deltabox,berikut ini gambar tangki recervoir, untuk anda yang ingin mengganti air radiator sendiri maka bisa baca tulisan saya berikutnya yaitu Cara Mengganti Air Radiator Motor Vixion Yang Baik dan Benar. Untuk harga air radiator atau air coolant kemaren waktu ganti di andoyo motor jogja sekitar 25.ribuan sudah dengan upah pasang.
    tangki-recervoir
  4. Ganti Busi 
    Untuk penggantian busi ini dilakukan untuk normalnya jika motor sudah menempuh jarak 9000 keatas,nah penggantian busi tersebut karena masih bawaan alias masih menggunakan bahan nikel , sedangkan untuk busi yang menggunakan bahan platinum misalnya seperti NGK-Power maka memiliki kelebihan yaitu 2x ketahanan, jadi lebih lama masa menggantinya. Untuk harga busi normal itu sekitar 15.000 sedangkan untuk busi yang menggunakan bahan platinum harganya sekitar 50.000 an .
  5. Saringan Udara
    Dari referensi terpercaya yaitu dari buku panduannya tiap menempuh jarak 10.000 km maka saringan udara yang ada pada motor vixoin harus diganti dengan yang baru. Penggantian bisa dilakukan di bengkel resmi yamaha atau dibengkel yang sudah terpercaya kualitasnya dan layanan yang diberikan.
  6. Kampas Rem 
    Untuk bagian part komponen motor yang satu ini juga cukup penting bahkan sangat penting hehe , biasanya untuk masa penggantian kampas rem ini jika sudah menempuh 15.000 km *setiap motor berbeda beda, tergantung bagaimana rider mengendarainya dan cara pemakaiannya. Kapan kampas rem harus diganti , biasanya ada ciri cirinya yaitu ditandai dengan suara bunyi cit cit yang artinya kampas rem minta diganti dengan yang baru. Harga kampas rem depan motor vixion sekitar 75.000 sedangkan untuk kampas rem bagian belakang sekitar 35.000.
  7. Komstir
    Part motor yang satu ini khususnya untuk motor vixion sering sekali mengalami masalah ,buat anda yang mengalami masalah dan motornya sering digunakan dijalan yang kondisinya buruk alias jalan yang tidak rata maka hal ini bisa mempercepat usia kompstir jadi lebih pendek umurnya. Untuk harga penggantian komstir pada motor vixion totalnya sekitar 476.000 an itu sudah sepaket alias complete hehe. Untuk rincianya kurang paham karena saya sendiri belum pernah ganti kompstir.
  8. Oli Rantai / chain lube rantai motor
    Untuk perawatan pada rantai motor ini bisa dilakukan sendiri dirumah gak perlu harus pergi ke bengkel , anda bisa membeli chain lube kemudian baca aturan pakainya biasanya tinggal di semprotkan ke rantai hingga rata , anda bisa gunakan 2 x dalam 1 bulan. Harganya sekitar 15.000 sampai 40.000
  9. Biaya Service Berat atau Service Kecil
    Karena setiap dealer motor atau tempat service resmi dari pabrikan yamhaa biasanya mematok harga berbeda beda, untuk service motor injeksi khusunya sudah menggunakan clien injeksi harganya sekitar 37.000 mungkin ditempat anda berbeda beda.
  10. Cuci Motor Saat Terkena Hujan
    Agar kondisi motor kita awet dan tahan lama khususnya pada bagian kerangka motor maka harus rajin di cuci saat terkena air hujan agar tidak terjadi korosi atau karatan pada besinya. Harga jasa cuci motor ini sekitar 10.000an sedangkan kalau misal anda punya banyak waktu bisa dicuci sendiri hanya membutuhkan air dan sabun yang harganya gak terlalu mahal paling 3 ribuan tapi dijamin capek tapi totalitas dan lebih bersih hehe.

Sebagai pengguna vixion saya hanya share beberapa pengalaman , semoga artikel diatas dapat membantu anda dan menambah wawasan seputar perawatan motor vixion, dibawah ini adalah penampakan motor vixion yang saya kendarai saat menggunakan camera action xiaomi yi.

Yamaha New Vixion Gondes MotovlogDemikian informasi yang membahas mengenai Biaya dan Tips Cara Perawatan Yamaha New Vixion Tiap Tahun,semoga informasi diatas dapat bermanfaat , jangan lupa untuk like,share dan comment agar lebih banyak yang mengetahui dan mendapatkan manfaatnya, dari saya mungkin sampai disini dulu sampai jumpa di postingan selanjutnya

Biaya dan Tips Cara Perawatan Yamaha New Vixion Tiap Tahun | sutopo | 4.5

Leave a Reply