3 Tips Ampuh Cara Memperbaiki Motor yang Mogok Gak Mau Hidup

Modifikasi.co.id – Apakah anda mengalami masalah pada motor yang itu mengalami kejadian motornya secara tiba tiba mogok disaat dikendarai atau bisa juga saat sedang pertama kali di hidupkan tetapi tidak mau hidup alias tidak ada tanda tanda kehidupan, nah dibawah ini tips jika yang bisa anda lakukan untuk mengatasi masalah bagaimana cara memperbaiki motor yang mogok .

Perlu anda ketahui bahwa ada memperbaiki motor yang mogok itu ada 3 hal yang perlu anda ketahui dan pahami diantaranya yaitu pembakaran , pengapian dan juga kompresi pada motor , ketiga hal diatas sudah menjadi rumus alias 3 elemen penting dalam kendaraan sepeda motor dari berbagai merek dan modelnya.Jika salah satu tidak berfungi sebagaimana mestinya maka otomotif sepeda motor yang anda kendarai atau yang anda miliki dijamin tidak akan bisa hidup dan hal ini juga bisa diterapkan pada mesin mesin yang lainya misalnya mesin motor,mesin mobil , mesin genset dan lain sebagainya.

Bagi anda yang mengalami masalah saat mengendarai sepeda motor yang tiba tiba mogok saat ditengah jalan atau dirumah atau saat motor pertama kali dihidupkan gak mau hidup maka jangan langsung bingung, panik dan lain sebagainya, anda panik dan bingung mungkin karena tidak tahu apa penyebabnya dan bagaimana cara memperbaiki motor yang mogok tersebut. Kebanyakan orang yang mengalami masalah tersebut yaitu motor yang mogok biasanya orang tersebut langsung membawa motornya ke bengkel tanpa ada usaha untuk memperbaikinya *kalau dulu saya sering seperti ini hehe ,sekarang lebih suka belajar dari setiap masalah yang dihadapi wkwk. Ok langsung saja berikut ini adalah penjelasan lengkap mengenai cara memperbaiki motor yang mogok dan beberapa hal yang perlu anda perhatikan dan dipahami.

Baca Juga Artikel Lainnya :

3 Tips Cara Memperbaiki Motor Yang Mogok Gak Mau Hidup

Berikut ini adalah 3 hal yang harus anda perhatikan saat melakukan pemeriksaan sepeda motor yang mogok atau tidak mau hidup.

  • Pembakaran
    Seperti yang kita ketahui bahwa sepeda motor itu bisa hidup karena adanya sistem pembakaran pada mesinnya, dan bahan bakar yang dibutuhkan /dipakai biasanya adalah bahan bakar minyak (bensin, pertamax  dan solar ). Nah yang bisa anda lakukan pada tahap ini yaitu memeriksa saluran bahan bakar yang mengalir ke karburator, jika bensin yang menuju ke ruang bahan bakar lancar maka anda perlu melakukan pemeriksaan pada karburatornya,maksudnya adalah anda melakukan service pada karburatornya siapa tahu di bagian karburator terdapat kotoran yang menghambat bensin menuju ruang bakar . Biasanya dalam masalah ini yang sering terjadi yaitu karburator kemasukan air sehingga motor tidak mau hidup karena didalam tangki motor terdapat air yang masuk,atau bisa juga pada jarum spuyernya yang tersumbat.
  • Pengapian 
    Selanjutnya anda bisa memeriksa pada bagian pengapian, umumnya setiap kendaraan bermotor pasti memiliki pengapian , untuk pengapian jenis motor merek Honda (Honda Astrea Grand, Honda Supra, Honda Win 100, GL Pro,Honda Revo versi lama ,Honda Tiger 2000 Lama), kemudian untuk merek motor Suzuki diantaranya yaitu ada (Suzuki Jet Collet/RC, Suzuki Tornado, Suzuki Satria 2T),Kemudian untuk Merk Yamaha diantaranya yaitu ( Yamaha Fiz R, Yamaha Crypton, Yamaha Vega R Lama, Yamaha RX King). Untuk melakukan pengecekan pada jenis motor yang saya sebutkan diatas pertama yang anda harus periksa adalah komponen bagian spull/stator assy. Pada kabel yang berwarna hitam-merah yang terhubung pada spull anda bisa cek apakah anda apinya atau tidak , jika tidak ada apinya berarti spull pada motor anda rusak maka anda harus mengganti dengan yang baru. Jika pada bagian spull sudah selesai , maka anda bisa teruskan ke bagian pengapian yang lain yaitu pada jalur api yang keluar dari CDI, jika motor yang anda miliki adalah merek honda biasanya warna kabelnya yaitu warna hitam -kuning, kemudian untuk merek suzuki maka warna kabelnya orange dan untuk merek motor yamaha warna kabelnya orange juga. Anda bisa cek kabel tersebut apakah ada apinya atau tidak setelah dicek dan jalur pengapian dari CDI masih bagus maka langkah selanjutnya yaitu anda bisa memeriksa pengapian yang keluar dari komponen motor yang bernama COIL ,jika komponen tersebut masih berfungsi maka langkah terakhir yaitu anda bisa melakukan pengecekan pada bagian busi , nah tahap yang terakhir ini adalah salah satu penyebab motor tidak mau hidup alias mogok. Jika anda sudah memeriksa komponen komponen yang saya sebutkan diatas diantaranya yaitu (spull/stator assy > CDI > COIL > Busi ). Jika pada bagian yang saya sebutkan diatas keadaannya masih bagus saya yakin bahwa permasalahnya bukan pada pengapian. *tambahan ,jika hal diatas sudah anda cek , jangan lupa juga untuk memeriksa apakah kunci kontaknya sudah di on atau off.
    Untuk anda yang memiliki motor yang saya sebutkan diantaranya yaitu GL Pro Revo absolut, Honda Kharisma, Supra X 125,  Mega Pro New, New Mega Pro, Revo Fit, Blade, Neotech, kemudian untuk Jenis Motor Matic merek honda  dan seluruh model motor yang bermerek honda yang dirilis keluaran tahun 2011 ke atas. kemudian untuk merek motor Suzuki Shogun,  Suzuki Axelo,Smash, Thunder, Satria FU, Shogun 125, kemudian untuk semua jenis Motor Matic Suzuki dan seluruh model motor suzuki yang rilis atau keluaran tahun 2007 ke atas dan Untuk Motor Merek Yamaha diantaranya yaitu Yamaha Vixion,Yamaha Jupiter Z, Vega ZR,Yamaha Vega R New, Scorpio,  kemudian semua jenis Motor Matic Merek Yamaha dan seluruh model motor  merek Yamaha keluaran tahun 2006. Semua motor yang saya sebutkan diatas masing masing memiliki perbedaan pada bagian sistem pengapiannya ,nah dimana sih letak perbedaannya..? ya letak perbedaanya yaitu pada bagian Spull/Stator Assy.
    Fungsi dari spull pada motor yaitu hanya membantu melakukan pengecesan pada aki motor yang akan ditransfer melalui kiprok/regulator dengan catatan bahwa aki/baterai motor yang digunakan masih bagus atau tidak. Oiya untuk warna kabel spull yang mentrasnfer api menuju kiprok adalah warna putih dan untuk lampu kabelnya warna kuning (untuk warna kabel diatas hampir semua merke motor warna kabelnya sama semuanya) ,Jika anda sudah melakukan pemeriksaan pada kabel warna putih dari spull dan masih bagus pengapiannya maka bisa lanjut ke bagian kiprok/regulator, kemudian juga anda bisa melakukan pengecekan kabel warna merah yang ada di colokan kripok , kabel warna merah ini memiliki fungsi untuk melakukan pengisian (cas) pada aki. Kalau anda sudah cek semunaya dan masih  kondisi bagus maka anda bisa cek langkah selanjutnya yang saya jelaskan diatas yaitu pada bagian CDI, COIL dan Busi , jangan lupa juga untuk menghidupkan kunci kontak motor.
    Sebagai catatan , untuk anda pengguna motor yamaha matic yang baru atau yang lama usahakan memililki aki motor yang masih bagus karena jika tidak bagus alias sudah soak maka saat distarter gak bisa hidup tapi jika aki tersebut masih bagus dan kuat maka saat dihidupkan dengan starter akan bisa hidup
  • Kompresi
    Selanjutnya kita membahas mengenai mesin kendaraan bermotor,nah di bagian ini mungkin salah satu pemeriksaan yang terakhir yaitu di bagian kompresi motor. Jika anda sudah melakukan pemeriksaan motor pada point 1 dan point 2 dan semuanya masih keadaan bagus alias berfungsi sebagaimana mestinya maka hal yang terakhir anda periksa adalah kompresi motor.  Untuk melakukan pemeriksaan pada kompresi anda bisa buka terlebih dahulu busi pada motor , kemudian anda bisa tutup lubang busi dengan menggunakan jari telunjuk kemudian anda bisa starter atau engkol (kick starter), jika anda merasakan bahwa ada tendangan kompresi yang kuat berarti pada bagian mesin motor anda tidak bermasalah,tetapi kalau lemah berarti pada bagian salah satu komponen di dalam mesin motor kita ada yang rusak /bermasalah. Ada beberapa kemungkinan mengapa kompresi motor lemah diantaranya yaitu setelan klep yang terlalu kencang, kemudian bocor pada bagian klep, bengkel pada bagian klep, piston ring lemah. Nah jika sudah mengalami hal tersebut maka anda harus membawa ke bengkel motor terdekat di tempat anda untuk memperbaikinya.

Demikian informasi yang membahas mengenai 3 Tips Ampuh Cara Memperbaiki Motor yang Mogok Gak Mau Hidup,semoga informasi diatas dapat membantu anda dalam mengetahui kerusakan motor kita yang mogok atau tidak mau hidup,jangan lupa untuk like,coment dan share agar lebih banyak yang mendapatkan manfaatnya.

3 Tips Ampuh Cara Memperbaiki Motor yang Mogok Gak Mau Hidup | sutopo | 4.5

Leave a Reply