Belajar Sistem dan Fungsi Pengapian Sepeda Motor Honda 4 Tak Lengkap

Modifikasi.co.id – Membahas dunia motor tentunya tidak lupa juga membahas hal penting dalam sebuah sepeda motor yaitu mengetahui sistem dan juga fungsi dari pengapian pada motor , nah pembahasan kali ini kita akan membahas untuk motor honda 4 tak, penasaran seperti apa ,yuk langsung disimak dibawah ini .

Dengan anda memahami sistem dan fungsi pengapian pada motor honda 4 tak ,maka untuk jenis kendaraan yang lain anda tidak akan mengalami kesulitan karena anda sudah memahami sistem dan fungsi pengapiannya motor tersebut intinya basic dari belajar sistem dan fungsi pengapian sepeda motor 4 tak bisa dipelajari dari motor honda 4 tak.

Perlu anda ketahui bahwa sistem dan fungsi pengapian motor honda 4 tak itu sangat berbeda dengan sistem pengapian yang terdapat pada motor merek suzuki dan juga yamaha.  Nah hal tersebut bisa dilihat dari warna kabel yang digunakan dan juga fungsinya. Akan tetapi yang membuat sama adalah sistem cara kerjanya karena kalau anda bisa menguasai dan memahami salah satu sistem pengapian pada motor yang bermerek Honda, suzuki , yamaha tersebut maka otomatis anda akan jauh lebih mdah memahami sistem dan fungsi pengapian pada motor motor merk lainnya.

Kurang lebih pada tahun 1990 an sistem pengapian kendaraan bermotor merek honda 4 tak sudah menggunakan sistem pengapian elektrik atau yang dinamakan dengan pengapian CDI yang mengandalkan spull sebagai arus awal.

Nah semenjak di produksinya motor varian honda GL Pro Neotect yaitu pada tahun 1996 akhirnya sistem pengapian pada motor ini sudah berubah yaitu pengapiannya harus dibantu dengan alat atau komponen tambahan yaitu akki /batray. Jadi sebelum saya jelaskan lebih jauh dan detail mengenai sistem dan fungsi pengapian sepeda motor 4 tak ini maka anda harus benar benar pahami supaya lebih mudah dalam melakukan proses pengecekan khususnya pada bagian sistem pengapian dan fungsinya pada motor 4 tak

Yah kurang lebih adanya perbedaan sistem dan fungsi pengapian motor 4 tak dari tahun pembuatannya,  untuk itu dibawah ni saya akan bahas satu persatu bagaimana sistem pengapian CDI yang mengandalkan spull pengapian sebagai arus awal dan juga bagaimana sistem pengapian yang menggunakan sumber tenaga (aki ,baterai ) bekerja..?

Sistem dan Fungsi Pengapian Motor 4 Tak Dengan Mengandalkan Spull Sebagai Awal Arus Api

Untuk motor yang memiliki sistem dan fungsi pengapian sepeda motor 4 tak dengan mengandalkan spull sebagai awal arus maka terdiri dari beberapa komponen sistem pengapian itu sendiri , diantaranya yaitu sebagai berikut:

  1. Spull Pengapian
  2. Fulser
  3. Kunci kontak
  4. CDI
  5. Coil
  6. Kepala Busi dan Busi

Yang saya sebutkan diatas adalah beberapa komponen dalam pengapian sepeda motor. OK tanpa harus menunggu lama maka bisa langsung saja baca dibawah ini.

Untuk anda yang mengalami masalah pada motor yang gak mau hidup mungkin disebabkan ada masalah pada bagian pengapianya, nah apa bila anda sudah melakukan pengecekan pada percikan api yang disalurkan busi tidak ada maka salah satu dari sistem pengapian motor tersebut ada yang tidak berfungsi,jadi mau tidak mau anda harus melakukan pengecekan pada sistem pengapian dari awal diantaranya urutannya yaitu

  1. Spull Api
    Untuk melakukan pengecekan komponen yang satu ini apakah berfungsi atau tidak yaitu dengan menghidupkan kontak motor kemudian mengengkol *kick starter supaya mesin motor posisi berputar dan bisa mengetahui ada percikanya atau tidak.
    Untuk warna kabel spull api pada motor honda 4 tak adalah warna hitam dengan list merah Coba anda periksa dengan cara menempelkan kabel warna hitam list merah tersebut ke bagian massa, kalau umumnya para mekanik yaitu dengan menempelkan ke mesin atau rangka mesin. Selanjutnya yaitu sambil melakukan kick starter atau mengenkol coba lihat pada kabel tersebut ,kira kira mengeluarkan percikan api atau tidak , kalau ada percikan apinya berarti spull tersebut masih berfungsi dalam kinerja pengapiannya ,tetapi jika tidak ada percikan atau kecil maka spull sudah tidak berfungsi atau rusak atau harus diganti . Dengan mengetahui cara kerja spull yaitu dengan menempelkan kabel dan mengengkol untuk mengetahui percikannya ada atau tidak, jika sudah paham hal tersebut maka kita bisa menyimpulkan apakah spull api motor honda 4 tak tersebut rusak atau masih berfungsi.
  2. Fulser
    Fulser adalah salah satu komponen motor pada pengapian yang mana memiliki fungsi yaitu untuk menstabilkan pengapian yang masuk ke CDI. Untuk memeriksa komponen motor yang satu ini apakah masih berfungsi atau sudah rusak yaitu dengan menggunakan alat bantu yaitu tester. Dengan alat terkita bisa melakukan pengecekan ,kalau di cek manual tidak bisa karena tidak ada percikan api dan biasanya komponen motor ini yaitu fulser sangat jarang sekali mengalami kerusakan pada sistem alat ini .
  3. Kunci Kontak
    Jika anda sudah mengetahui dan melakukan pengecekan sistem pengapian dari spull bahwa komponen tersebut masih bagus dan berfungsi maka anda bisa langsung cek kunci kontak karena kunci kontak pada motor honda 4 tak ini jalurnya yaitu menghubungkan saluran pengapian dari spull ke CDI. Untuk cara memeriksa kunci kontak apakah berfungsi atau tidak yaitu dengan posisi kontak dalam keadaan ON dan coba anda perhatikan kabel warna hitam dengan list putih yang ada di colokan CDI, nah jika saat mesin berputar saat diengkol *kick starter kemudian mengeluarkan api atau percikan berarti kunci kontak dalam keadaan bagus tetapi kalau tidak ada percikan berarti kunci kontaknya rusak, jadi proses pemeriksaan yang menentukan.
  4. CDI Motor
    Komponen motor yang selanjutnya di cek setelah melakukan proses pengecekan pada spull,kunci kontak yang mana keduanya masih memiliki kondisi bagus dan berfungsi selanjutnya yaitu pengecekan terhadap sistem pengapian CDI. Untuk cara melakukan pengecekan yaitu dengan posisi colokan kabel yang masuk ke CDI jangan di lepas, coba perhatikan kabel warna hitam list kuning dengan menempelkan ke salah satu massa bisa ke mesin motor atau besi kerangka motor dan untuk pengecekannya sambil mengenkol motor *kick starter agar bisa melihat apakah ada percikan apinya atau tidak. Jika tidak keluar maka berarti CDInya rusak.
  5. Coil Motor
    Jika dari beberapa komponen sistem pengapian yang sudah saya jelaskan tersebut dalam keadaan bagus maka proses pemeriksaan atau diagnosis selanjutnya yaitu memeriksa pada bagian coil motor. Untuk caranya yaitu usahakan warna kabel hitam listkuning terpasang ke coil. Selanjutnya anda coba periksa kabel coil yang disalurkan ke kepala busi atau ke busi dengan bentuk kabel yang dilapisi warna hitam yang tebal dengan sambil mengengkol motor *kick starter . Kalau coil motor masih berfungsi maka biasanya akan mengeluarkan percikan api yang kuat ,usahakan cara mengeceknya jangan terlalu dekat kabel tersebut dengan massa, anda bisa atur jaraknya sekitar 1 cm dari masa dan usahakan kabel coil tersebut dipagang dengan kuat karena apabila terkena tangan bagian ujungnnya anda akan kena setrum . Jika pada komponen koil ini rusak maka biasanya tidak mengeluarkan api.
  6. Kepala Busi
    Jika komponen no 1 sampai 5 tadi sudah di cek dan kondisi masih bagus semuanya maka langkah selanjutnya yaitu melakukan pengecekan pada kepala busi motor. Untuk melakukan pengecekan kepala busi itu cukup mudah yaitu coba anda periksa kepala busi dengan memasang busi kendaraan tersebut ke kepala busi, kalau kepala businya berfungsi maka busi tersebut akan mengeluarkan percikan api tapi jika tidak bagus /tidak berfungsi maka tidak akan mengeluarkan api. Nah cara ini adalah proses pemeriksaan apakah busi masih bagus atau tidak.
  7. Busi Sepeda Motor
    Setelah proses point yang sudah saya sebutkan diatas yaitu ada 6 point dan dalam proses pengecekan tersebut dalam kondisi bagus semuanya maka tinggal langkah terakhir yang bisa anda lakukan pengecekan yaitu pada bagian busi. Jika businya masih kondisi bagus maka akan mengeluarkan percikan api yang besar tapi jika busi sudah rusak maka apinya tidak akan keluar .
    Catatan Penting
    Saat anda mengalami kerusakan atau masalah pada pengapian motor jangan mau dibodohi atau mau membodohi. Kerusakaan pengapian pada kendaraan bermotor tidak sekaligus rusak pada waktu yang bersamaan tetapi hanya salah satu komponen yang sudah saya sebutkan diatas yang tidak berfungsi dalam sistem pengapiannya , jadi sekali lagu mohon diingat jika terjadi masalah kelistrikan biasanya hanya ada salah satu komponen yang rusak,bukan semuanya komponenen diatas yang rusak.

Sistem Pengapian Motor Dengan Menggunakan Aki/Batray

Sistem pengapian motor

Sesuai dengan yang sudah saya jelaskan sebelumnya bahwa sistem dan fungsi pengapian pada motor honda 4 tak terdapat 2 sistem kerja dan fungsinya yang sudah saya jelaskan. Untuk yang diatas yaitu sistem pengapian dengan menggunakan spull api sebagai awal api dan yang akan saya jelaskan dibawah ini yaitu sistem dan fungsi pengapian yang menggunakan sistem aki /battray yang terdiri dari beberapa komponen yang tidak jauh berbeda dengan yang sistem spull, beberapa komponen sistem pengapian dengan menggunakan aki atau baterai diantaranya yaitu

  1. Spull Cas
  2. Fulser
  3. Kiprok
  4. Kunci kontak
  5. CDI
  6. Coil
  7. Kepala Busi dan Busi

dan dibawah ini saya akan jelaskan satu persatu agar anda lebih mudah memahaminya.

  1. Spull Cas
    Sebenarnya untuk spull ini penjelasannya masih sama dengan sistem dan fungsi pengapian yang pertama ,bedanya yaitu kalau sistem pengapian yang sudah menggunakan bantuan aki /bateray spull ini hanya berfungsi untuk menyalurkan api ke kiprok tanpa menggunakan spull cas ini pun posisi motor masih bisa hidup akan tetapi dengan catatan bahwa aki /baterai masih kuat dan baru, dan kelemahannya yaitu aki tidak bisa bertahan lebih lama untuk menyimpan api alias aki tersebut jika sudah soak makamotor tidak akan bisa hidup, makanya dengan adanya spull cas ini maka dia akan membantu pengisian aki /baterai yang disalurkan ke kiprok dan hal itulah yang bisa membuat aki atau baterai tahan lama. Untuk cara mengecek pengapian spull cas kendaraan ini yaitu anda bisa perhatikan di kabel spullnya ada dua yaitu warna kuning dan warna putih, kabel warna putih ini coba di cek bagian apinya apakah mengeluarkan percikan api atau tidak saat melalukan pengecekan jangan lupa untuk mengengkol motor *kick starter ,kalau mengeluarkan api berarti spull casnya masih dalam kondis bagus tapi jika tidak ada apinya maka spull cas rusak maka mau gak mau harus diganti dengan yang baru.
  2. Fulser
    Untuk komponen yang satu ini sudah saya jelaskan diatas jika tidak paham bisa dibaca lagi sampai benar benar memahaminya.
  3. Kiprok
    Umumnya kiprok itu memiliki colokan warna kabel 4 diantaranya yaitu ada warna kuning dimana memiliki fungsi untuk menetralkan saluran api yang menuju ke lampu kendaraan tersebut supaya tidak putus,kemudian ada warna putih yang fungsinya yaitu untuk membantu dalam pengeceasan aki /baterai yang terhubung melalui kabel merah yang ada pada colokan kabel kiprok, sedangan kabel warna merah berfungsi untuk mentransfer api yang dialirkan melalui kabel warna putih yang ada di colokan kiprok, sedangkan warna hijau adalah massa. Jadi anda bisa memeriksa kabel warna merah dari colokan kiprok untuk memastikan apakah ada /keluar percikan api atau tidak kalau keluar berarti kiprok masih bagus ,tapi jika tidak keluar api maka kiprok rusak dan harus diganti dengan yang baru.
  4. Kunci Kontak
    Untuk penjelasan yang satu ini sudah tidak saya jelaskan lagi karena sistem dan fungsi pengapiannya itu sama dengan yang sudah saya jelaskan diatas. Yang membedakan kunci kontak dengan sistem spull dan arus aki yaitu setelah posisi on kunci kontak maka coba anda perhatikan dan periksa warna kabel yang ada di colokan CDI dengan warna kabel hitam,nah pada kabel tersebut apakah mengeluarkan percikan api atau tidak , kalau terdapat api berarti kunci kontaknya masih kondisi bagus tapi jika tidak mengeluarkan percikan api diwarna kabel hitam tersebut maka dipastikan bahwa kunci kontak tersebut rusak dan harus diganti.
  5. CDI
    Untuk cara kerjanyaa sama dengan yang sudah saya jelaskan diatas, jadi untuk pengecekan CDI ini anda bisa posiskan colokan kabel yang masuk ke CDI jangan di lepas, tapi coba anda cek kabel warna hitam list kuning dengan menempelkan kabel tersebut ke salah satu bagian massa dengan posisi mengeceknya yaitu sambil menghidupkan motor dengan cara di kick starter ,kalau CDInya berfungsi maka dia akan mengeluarkan percikan api yang besar tapi jika tidak berfungsi maka percikan apinya tidak keluar dan harus ganti CDI kalau sudah rusak.
  6. Coil
    Koil , komponen sistem pengapian yang satu ini penjelasanya masih sama dengan yang diatas, anda bisa baca kembali jika belum paham.
  7. Kepala Busi dan Busi
    Komponen yang satu ini anda bisa dengan cara menghidupkan motor dengan cara di kickstarter atau di engkol kemudian pada bagian ujung kepala busi terdapat percikan api atau tidak, jika tidak ada percikan apa maka anda harus mengganti busi dengan yang baru

Demikian informasi yang membahas mengenai Belajar Sistem dan Fungsi Pengapian Sepeda Motor Honda 4 Tak Lengkap, semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung di www.modifikasi.co.id jangan lupa untuk like, comment dan share.

Belajar Sistem dan Fungsi Pengapian Sepeda Motor Honda 4 Tak Lengkap | sutopo | 4.5

Leave a Reply