12 Tips Modifikasi Motor Yamaha New Vixion Menjadi Supermoto

Modifikasi.co.id – Beberapa pengguna sepeda motor khususnya untuk motor new vixion mungkin ada beberapa yang mempunyai keinginan untuk memodifikasi motornya menjadi supermoto, nah umumnya untuk memodifikasi dibutuhkan step step dan tips agar tampilan motor vixion yang diubah menjadi supermoto menjadi terlihat lebih keren dan garang , untuk itu yuk simak dibawah ini penjelasannya.

Dalam hal memodifikasi motor memang ada banyak sekali aliran jenis modifikasi motor yang ingin di aplikasikan , anda bisa membaca tulisan saya sebelumnya yang membahas mengenai beberapa macam jenis aliran modifikasi motor

Ya seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya dari berbagai aliran modifikasi motor diatas diantaranya mulai dari modifkasi motor klasik, steet fighter ,minor fighter, naked bike, sport fairing, modifikasi motor supermoto dan tentunya masih banyak lagi lainya.Namun dibawah ini saya akan sedikit membahas mengenai detail detail modifikasi motor vixion menjadi supermoto. Saya sendiri dalam aliran modifikasi motor yang paling saya sukai adalah sport fairing , supermoto dan steet figter ,ya 3 aliran modifikasi motor diatas memiliki kesan yang berbeda dan selera yang berbeda beda. Saya menyukai modifikasi menjadi supermoto dikarenakan motor menjadi terlihat lebih gagah , lebih kekar, lebih gombot, dan tentunya motor jenis ini sangat nyaman untuk perjalanan baik jalan yang off road atau jalan on road.

Modifikasi motor dengan mengusung konsep aliran supermoto ini mungkin memiliki kekurangan..? apa sih kekurangan modifikasi motor menjadi supermoto..? ya kekurangannya yaitu apabila anda memiliki tubuh yang tidak terlalu tinggi sedangkan posisi motor menjadi semakin tinggi maka kurang cocok karena anda akan kesusahan sendiri nantinya. Jadi jika anda memiliki tinggi badan yang cukup maka anda bisa mencoba modifikasi motor yang mengusung konsep supermoto, tapi jika tinggi badan anda kurang memadai maka jangan memodifikasi motor jenis aliran supermoto.

Berikut ini ada beberapa tips yang perlu dirubah untuk memodifikasi motor vixion menjadi supermoto yang terlihat lebih keren ,gagah dan garang.

  1. Peninggi Shock Depan
    Motor supermoto sangat identik dengan shock depan yang memiliki ukuran lebih tinggi. Sehingga jika masih menggunakan shockbreaker bawaan maka diperlukan peninggi shock depan untuk menjadikan shock depan motor vixion anda menjadi lebih tinggi.
    Sebenarnya ada alternatif lain selain menggunakan peninggi shock depan yaitu dengan mengupgrade shock depan dengan ukuran yang lebih tinggi dan menggunakan shock jenis USD (upside down). Namun tentunya untuk membeli shockbreaker jenis USD (Upside down) ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit alias cukup menguras uang yang ada di dompet kita hehe. Uang yang bisa anda keluarkan mungkin sampai 4-5 jutaan. Ya untuk mengatasi hal tersebut agar uang lebih hemat maka anda bisa menggunakan peninggi shock depan model sambung shock. Peninggi shock depan ini tentunya banyak dijual dipasaran . Apa lagi sekarang ini sudah banyak situs online yang menjual berbagai macam aksesoris motor dan spare part motor. Peninggi shock depan yang dijual dipasaran ada berbagai macam ukuran diantaranya yaitu 6cm, 8cm, 10cm, hingga 12 cm dan ada juga specialis order (tergantung permintaan pembeli). Nah dalam pemilihan peninggi shock depan ini anda harus jeli dalam memilihnya untuk digunakan di shock depan motor anda. Jangan sampai anda tergoda dengan harga yang murah tapi kualitasnya kurang bagus. Anda bisa pilih peninggi shock depan yang berbahas lapis anti karat dan besi padat,sehingga saat digunakan tidak mudah berkarat , kokoh , dan tentunya terjadi kekuatanya saat digunakan. Perlu diingat bahwa jangan sembarangan membeli peninggi shock depan yang murahan ,karena murahan biasanya kualitasnya kurang bagus.
  2. Spakbor Depan
    Jika anda perhatikan pada spakbor depan motor supermoto yaitu memiliki ciri khas yang berbeda pada motor umumnya ,ya spakbor supermoto ini biasanya terlihat lebih jentar intinya memiliki ciri khas . Untuk referensi penggantian spakbor depan new vixion supermoto sebaiknya anda bisa menggunakan spakbor depan milik kawasaki ZX 130 di custom sendiri. (Jika anda memesan didealer maka harus menunggu karena barangnya agak langka) selain itu juga anda bisa menggunakan spakbor depan mio , spakbor depan kawasaki klx ,kawasaki d’tracker dan masih banyak lagi lainnya. Kebanyakan modifikasi motor supermoto yaitu menggunakan spakbor depan kawasaki zx 130 karena bagian depanya memiliki model yang cukup lancip sehingga memiliki tampilan yang terkesan sporty dan juga garang.
  3. Peninggi Shock Belakang
    Untuk mengimbangi tinggi pada motor karena sebelumnya sudah melakukan perubahaan pada shock depan maka diperlukan juga peninggi shock belakang pada motor agar lebih stabil dan balance. Untuk motor new vixion saat ini sudah banyak peninggi shock motor yang dijual di pasaran , ada juga yang melakukan pengoboran pada conroad ori sehingga dijamin kualitasnya karena conroad ori biasanya bahannya lebih bagus, lebih tebal dan berkualitas. Jika anda tidak ingin repot *melakukan pengeboran conroad vixion ori maka bisa membeli peninggi shock belakang variasi yang sudah banyak dijual dipasaran . Namun untuk kualitasnya masih diragukan takutnya bisa patah. Ada beberapa pengguna motor new vixion yang menggunakan conroad peninggi shock belakang variasi yang conroadnya tidak kuat sehingga patah dan jadi ambles motornya. Nah hal ini jangan sampai terjadi pada motor anda. Jadi saya rekomendasikan anda untuk membeli conroad ori didealer resmi yamaha dan melakukan pengeboran conroad ke tukang bubut agar posisi lubang bisa center dan tidak oleng saat motor dikendarai, untuk detailnya hal ini anda bisa baca ulasan saya sebelumnya.

  4. Spakbor Belakang
    Masih sama dengan spakbor depan ,umumnya motor supermotor ini khusus bagian spakbor belakang terlihat dan identik dengan spakbor jentar. Ya memang sepertilah motor modif jenis supermoto ini yaitu terlihat lebih jentar karena jika tidak jentar maka kesaan garangnya tidak ada. Untuk mengaplikasikan penggunaan spakbor belakang untuk modif vixion menjadi supermoto maka anda bisa menggunakan spakbor belakang milik kawasaki klx ,spakbor byson, spakbor cs1 ataupun spakbor ori yang dipatong/dicustom. Untuk pemasangannya biasanya kebanyakan tidak PnP (plug and play) alias perlu melakukan custom agar cocok. Namun ada juga yang menjual spakbor custom model klx ,cs 1 , byson yang sudah di custom dan cocok di pasang di motor new vixion dan old vixion.
  5. Standar Samping dan Tengah
    Nah apabila motor anda sudah dimodifikasi supermoto maka biasanya motor menjadi terlihat lebih tinggi nah hal ini tentunya standard samping dan tengah akan menjadi kurang panjang. Solusi untuk mengatasi hal ini yaitu dengan cara menyambung standard samping dan standard tengah atau bisa bisa juga membeli standard khusus untuk motor trail/supermoto yang Pnp di motor new vixion.
  6. Selang Rem Depan
    Untuk motor yang sudah ditinggikan khususnya pada bagian shock depan maka selang rem depan akan menjadi kurang panjang. Nah solusi mengatasi hal ini tentunya anda bisa mengganti selang rem ori vixion dengan menggunakan selang aftermarket merek yang terkenal dan juga pilih yang lebih panjang, terbuat buat dari bahan yang berkualitas tinggi dan berlapis serabut baja.Sehingga selang rem tersebut lebih kuat dan tahan terhadap gesekan dan panas. Saat ini sudah banyak sekali selang rem yang dijual di aftermarket ,namun untuk merek saya sarankan anda untuk membeli selang merk TDR Racing , merek selang dari TDR Racing dari beberapa pengguna sudah cukup bagus dan kuat karena selang rem tersebut berlapis dari serabut baja dan harganya juga tidak terlalu mahal *sedang.
  7. Velg lebar dan Ban Lebar
    Untuk modifikasi pada bagian kaki kaki biasanya motor vixion yang di modif menjadi supermoto yaitu menggunakan velg lebar dan ban lebar. Keunggulan ban lebar dan velg lebar yaitu lebih nyaman ketika digunakan dijalan raya dan juga lebih mudah untuk bermanuver karena tumpuan velg motor dan ban motor menjadi lebih luas sehingga motor menjadi lebih stabil. Untuk velg lebar yang ada dipasaran umumnya terbagi menjadi 2 jenis yaitu velg balok (velg racing) dan yang kedua yaitu velg jari jari(velg ruji). Nah anda tinggal pilih salah satu dari kedua jenis velg tersebut ,biasanya sih yang paling banyak adalah velg jari jari yang digunakan. Sebaiknya dalam pemilihan ban lebar disesuaikan juga dengan ukuran lebar velg yang anda gunakan.
  8. Headlamp
    Saat anda menggunakan headlamp motor new vixion ori sebenarnya sudah cukup bagus untuk modif vixion menjadi supermoto. Namun sebagian orang masih kurang puas dengan hasilnya maka headlamp ori vixion pun diganti dengan menggunakan headlamp yang lebih gagah dan terlihat garang , salah satunya seperti headlamp miliki honda tiger, honda revo , klx , d’tracker dan masih banyak lagi lainnya.
  9. Stang Motor
    Stang motor yang anda gunakan untuk modifikasi motor new vixion menjadi supermoto sebenarnya stang ori pun sudah cukup bagus. Stang ori + handguard juga sudah membuat motor new vixion anda benar benar terlihat maco dan juga berotot. Jika masih kurang bagus anda bisa mengganti stang motor dengan yang lebih lebar agar saat digunakan bermanuver lebih nyaman dan tidak gampang pegal. Kalau saran saya anda bisa pasang stang lebar model fatbar dan juga raisernya. Stang model seperti ini biasanya digunakan untuk modif vixion menjadi supermoto.
  10. Handguard
    Untuk part dan aksesoris motor yang satu ini biasanya setelah dipasang akan memiliki kesan lebih garang , lebih gahar,lebih berotot . ANda bisa memasang handguar distang motor vixion anda. Kombinasikan stang fatbar + handuard akan menambah tampilan motor vixion modif supermoto terlihat lebih berbeda dengan yang lainnya. Pemasangan handguard ini tentunya memiliki fungsi sebagai pelidung tangan dari benturan luar dan juga pelindung handle rem maupun handle kopling.
  11. Box Motor
    Nah untuk penambahan box pada motor biasanya motor new vixion ini digunakan untuk touring . Anda juga bisa menambahkan box motor new vixion yang di modif menjadi supermoto. Box ini memiliki umumnya memiliki beberapa jenis atau tipe diantaranya yaitu :

    • Single Box
    • Side Box (box kanan dan kiri)
    • Triple Box (kombinasi single box dengan sidebox)

    Untuk harga box dan juga braketnya memang lumayan cukup mahal , tapi hal tersebut hanyalah optional jika motor tersebut ingin digunakan untuk touring. Tapi jika dipasang tanpa menggunakan box pun tampilan motor new vixoin malah lebih simple, lebih keren

  12. Upgrade Power Mesin Motor.
    Nah untuk yang terakhir yaitu memodifikasi performance pada mesin motor new vixion , Dengan beban motor vixion yang di modif supermoto menjadi lebih berat dikarenakan pemakaian ban gambot lebar, velg lebar dan juga box yang tentunya membuat kinerja mesin semakin berat. Nah untuk mengimbangi beban yang berat maka power mesin dan juga penggantian gear set perlau disesuaikan agar motor menjadi lebih agak ringan dan kinerja mesin tidak begitu berat.

Nah bagaimana dengan 12 tips modifikasi vixion menjadi supermoto diatas..? jika anda punya saran dan tips bisa juga share di kotak komentar dibawah ini. OK mungkin sampai disini dulu sharingnya,nantikan informasi yang lain.

Demikian informasi yang membahas mengenai 12 Tips Modifikasi Motor Yamaha New Vixion Menjadi Supermoto,semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung di www.modifikasi.co.id, jangan lupauntuk like, comemnt dan share.

Leave a Reply