Mengenal Bahasa Isyarat Touring Motor Terlengkap

Modifikasi.co.id – Bagi anda yang suka dengan kegiatan touring atau sudah pernah touring mungkin pernah melihat beberapa bahasa isyarat, atau buat yang belum deh hehe , biasanya bahasa isyarat ini digunakan saat berkendara bergerombol,nah saat berkendara secara massal tersebut penggunakan jalan di sekeliling kita mungkin agak merasa risau terhadap rombongan kita atau mungkin ada hal lain misalnya tepuk tangan karena kagum kekompakannya hehe tapi menurut saya pribadi yang paling banyak adalah risau ,khawatir , karena yang mengendarai motor saat touring biasanya naiknya pada kenceng2 hihi. . Yang pasti setiap pengguna motor dan apapun aksi yang di lakukan dijalan asalkan tidak melanggar peraturan lalu lintas yang ada dan juga tidak ada aksi yang membahayakan bagi para penggunakan jalan yang lain maka menurut saya pribadi tidak apa apa seperti melakukan bahasa isyarat berikut ini .

Dibawah ini kurang lebih anda akan mengetahui beberapa bahasa isyarat dalam berkendara secara bergerombolan yang biasanya banyak di aplikasikan dalam kegiatan touring. Beberapa isyarat bahasa tubuh dibawah ini bisa digunakan saat berkendara secara gerombolan / saat anda sedang touring ,biasanya kalau touring bergerombolan dibutuhkan pemimpin agar saat dijalan lebih teratur dan rapi. Bagi yang sudah mengetahui boleh dibaca baca dibawah ini , tapi bagi yang belum mengetahui atau ingin mengenal lebih dalam bahasa isyarat touring maka bisa dilihat dibawah ini .

Bahasa Isyarat Saat Berkendara Secara Bergerombol / Touring:

Seperti yang kita ketahui bahwa saat touring maka perlu adanya pemimpin yang memberikan bahasa isyarat touring yang kemudian diteruskan secara berurutan sampai pada peserta yang ada dibelakang . Hal ini harus dilakukan karena bertujuan untuk “safety riding”. Safety riding disini dimaksudku yaitu keselamatran berkendara agar berjalan dengan baik dan lancar serta sampai tujuan.

Bahasa isyarat touring atau dalam istilahnya yaitu hand signals group riding sudah banyak dipergunakan di indonesia,bahkan sudah banyak komunitas komunitas motor yang mengimplementasikan bahasa isyarat tersebut untuk merapikan klul motor/komunitas motor saat berkendara dijalan raya.

  1. Star Mesin
    Tangan Kanan di angkat, dan jari telunjuk dimainkan
    start
    Arti dari gerakan atau isyarat diatas dengan memutar mutar jari telunjuk adalah bertujuan untuk memberikan informasi atau isyarat kepada para rombongan yang ada di belakang untuk menghidupkan mesin motornya karena perjalanan akan dimulai.
    Posisi Masih berhenti dan kode star harus didahului dulu dengan klakson pada motor dari pemimpin yang paling belakang . Usai klakson dari yang paling belakang maka pemimpin yang paling depan memberikan acungan jempol tangan kanan /kiri agar dilihat oleh semua peserta yang artinya adalah “ready to go”
  2. Belok Kiri
    Telapak tangan yang kiri dibuk dan dingkat sebatas pundak.
    LeftUntuk memberikan isyarat kepada rombongan kalau kita akan atau sedang belok kiri maka bisa dengan cara mengayunkan tangan kiri sampai batas pundak sebelum melakukan belok kiri untuk lebih jelasnya anda bisa perhatikan gambar diatas.
  3. Belok Kanan
    Telapak tangan kiri dibuka dan selanjutnya di angkat sampai posisinya diatas helm, gerakan tersebut diulang ulang .
    HazardRightB
    Untuk memberikan isyarat belok kanan  saat touring atau bersama rombongan maka bisa dengan cara mengangkat tangan kiri sampai keatas helm, dengan telapak kiri terbuka yang mengarah ke kanan. Gerakan ini dilakukan beberapa kali yang menunjuk kekanan agar rombongan bisa melihat isyarat tersebut.
  4. Bahaya disisi Kiri
    Telapak Tangan kiri digerakan mengarah kebawah dengan membuka jari telunjuk.
    hazardleftHal ini yaitu mengartikan bahwa terdapat sesuatu disebelah kiri yang membahayakan, misalnya saja terdapat lubang atau jalan yang rusak sehingga membahayakan pengendara yang lain. Cara ini juga bisa dengan menggunakan kaki bagian sebelah kiri, tetapi banyak yang berpendapat bahwa lebih aman menggunakan tangan ,soalnya resiko kaki terbentur sangatlah minim.
  5. Bahaya di sisi Kanan
    Menggerakan kaki sebelah kanan ke bawah atau tangan kanan menunjuk ke bawah jika memungkinkan .
    hazardrighta2Kalau pengendara sepeda motor bisa melepas gas motor dan situasi atau kondisi jalan aman maka isyarat memberikan tanda “bahaya disebelah kanan” bisa saja dilakukan dengan cara mengangkat tangan kanan kebawah dan menunjukan kearah kanan.
    Selain itu juga jika situasi atau kondisi jalan tidak memungkinkan , anda bisa melakukan dengan cara mengangkat kaki kanan secukupnya saja. Isyarat ini bukan aksi menendang bola hehe tetapi hanya sekedar memberitahukan kalau disebalah kanan itu ada bahaya . Kenapa tidak menggunakan tangan ..? karena tangan digunakan untuk memegang handle gas motor.
  6. Tambah Kecepatan Motor
    Tangan kiri dingkat keatas sambil menunjukan jari telunjuk ke depan.
    speedUntuk memberikan isyarat “tambah kecepatan” maka bisa dilakukan dengan cara mengangkat tangan kiri sambil menunjukan jari telunjuk kirinya ke depan. Hal yang lain anda juga bisa menggunakan Isyarat  yang lain yaitu  dilakukan dengan cara membuka telapak tangan kiri kemudian digerakan kedepan berulang ulang.Gerakan tangan yang lainya anda juga bisa melakukan tangan kiri diangkat keatas kemudian posisi tangan di gorongkan kedepan. Pesannya yaitu seolah ayok maju lagi, yuk lebih cepat lagi, isyarat ini tentunya harus di kondisikan dengan jalan yang dilalui, apakah aman serta memungkinkan untuk menambah kecepatan atau tidak.
  7. Kurangan Kecepatan /Slow
    Telapak tangan kiri di buka secukupnya nah selanjutnya telapak tangan dimainkan atau diayunkan dengan perlahan
    slowIsyarat diatas yaitu menunjukan untuk mengurangi kecepatan pada motor. Biasanya bisa dilakukan dengan cara melepas lengan tangan kiri dari handle kopling pada motor dengan secukupnya kemudian telapk tangan terbuka dimainkan atau diayunkan dengan pertalahan. Atau bisa juga dengan lengan tangan kiri secara besar kemudian diayun ayunkan agar terlihat oleh semua peserta. Biasanya isyarat ini dilakukan jika ingin melewati tikungan tikungan di penggunungan atau dijalan yang lurus dimana rombongan di suruh perlahan dalam mengendarai motor atau bisa juga dalam arti rombongan touring untuk selalu hati hati.
  8. Rapatkan Barisan
    Telapak tangan kiri mengepal dan diarahkan dari bawah ke atas dengan beberapa kali gerakan.
    tightPemimpin memberikan isyarat “rapatkan barisan biasanya dengan cara mengangkat tangan kirinya keatas kemudian mengepalkan telapak tangan kiri yang diayunkan beberapa kali . Isyarat ini digunakan saat ketika kecepatan mendadak yang diminta oleh pemimpin agar segera pelan dan kemudian akan berhenti dikarenakan “red traffic light” atau bahaya lainnya.
  9. Buat Dua Barisan
    Telapak tangan kiri diangkat,kemudian memberikan dua jari sebagai tanda angka 2.
    stagerPemimpian biasanya memberikan isyarat kepada rombongan “buat dua baris” yaitu dengan cara mengangkat tangan kirinya sembari memberikan dua jari sebagai tanda angka 2. Isyarat ini yaitu meminta rombongan melakukan formasi barisan group menjadi 2 baris dengan syarat kecepatan rendah. Kondisi jalan yang sepi dan formasi ini memang layak untuk berbaris 2. Jika kondisi jalan tidak memungkinkan maka pemimpin secepatnya memberikan isyarat satu baris, lihat dibawah ini (point 10)
  10. Buat Satu Barisan
    Tangan kiri diangkat tinggi dan menempakatn diatas helm dengan membuka telapak tangan dan di atas helm dengan membuka tangan dan diayunkan seperlunya Atau bisa juga dengan mengarahkan tangan kiri keatas dan membuka satu telunjuk (bentuk angka 1)
    SinglePemimpin biasanya memberikan isyarat “buat barisan satu”yaitu dengan cara mengangkat tangan kirinya tinggi dan memberikan telunjuk satu
  11. Stop/Berhenti
    Tangan sebelah kiri diarahkan kebawah dan telapak tangan dibuka sambil dihadapkan ke bawah
    stopPemimpin biasanya memberikan isyarat “berhenti/stop ” yaitu dengan cara melepaskan tangan kirinya dari handle kopling motornya kemudian telapak kirinya dibuka ke bagian belakang sambil dimainkan atau digoyang goyangkan yang menandakan harap “segera berhenti”. Atau bisa juga dengan mengepalkan tangan diatas untuk tanda berhenti.

Gambar Rumus Tata Cara Touring Yang Baik

Rumus+dan+Tata+Cara+Touring+Sepeda+Motor

Nah bagaimana dengan bahasa isyarat diatas…? apakah sudah paham dengan beberapa isyarat gerakan yang banyak digunakan saat touring atau riding bersama rombongan..? Walaupun anda belum pernah melakukan gerakan ini tapi setidaknya anda sudah mengetahui atau mengenal beberapa gerakan isyarat yang banyak digunakan oleh pengendara motor saat touring atau event besar.

OK mungkin sampai disini dulu sharingnya ,semoga bermanfaat.

Demikian informasi yang membahas mengenai Bahasa Isyarat Touring Motor Terlengkap,semoga informasi diatas membantu anda , dan menambah wawasan, terima kasih sudah berkunjung di www.modifikasi.co.id ,jangan lupa untuk like, comment dan share.

Mengenal Bahasa Isyarat Touring Motor Terlengkap | sutopo | 4.5

Leave a Reply