Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Footstep Underbone Racing di Motor

Modifikasi.co.id – Seperti yang kita ketahui bahwa footstep pada sepeda motor yaitu memiliki fungsi sebagai tempat untuk pijakan kaki saat mengendarai sepeda motor. Ya menurut fungsinya sendiri mungkin anda sudah mengetahui bahwa sebuah komponen motor yang satu ini sangat berpengaruh besar terhadap kenyamanan ketika mengendarai motor, oleh karena itu posisi sebuah footstep underbone ini harus benar benar sangat ideal dengan posisi duduk anda ketika mengendarai sepeda motor baik untuk jarak dekat atau berkendara jarak jauh agar kaki tidak mudah merasa pegal.

Pada sepeda motor jenis footstep yang dijual dipasaran memiliki 2 jenis diantaranya yaitu footstep standard bawaan pabrikan dan yang kedua yaitu footstep racing atau biasanya orang menyebut dengan footstep underbone. UNtuk jenis footstep standar atau bawaan pabrikan tentunya dipasang dalam motor dengan posisi yang sangat ideal dan sudah dilakukan test uji coba kenyamanan berdasarkan hitungan dan riset. Namun hal ini berbeda dengan footstep jenis underbone , untuk footstep yang satu ini tentunya memiliki perbedaan bentuk dan jenis antara merk satu dengan merek lainya sehingga dengan begitu jelas terdapat perbedaan dari merek, bentuk ,jenis ,bahan dan footstep jenis underbone ini tentunya memiliki faktor kelebihan dan kekurangan.

Pada dunia balap atau road race yang ada di indonesia mungkin anda sering melihat dan mungkin ada pertanyaan yang mengganjal, kenapa setiap motor yang digunakan untuk balapan selalu menggunakan footstep underbone…?
Jawabanya yaitu karena hal ini berlaku untuk setiap motor balap yaitu harus memenuhi persyaratan keamanan dan juga kenyamanan si pengendara. Maka dari itu bagi setiap motor yang digunakan diarena balap diwajibkan menggunakan footstep underbone.

Nah mungkin anda masih bingung to , alasanya apa kenapa harus menggunakan underbone..? Alasanya yaitu bertujuan agar si pembalap atau si rider tersebut mendapatkan posisi yang optimal ketika berada di arena balap (jalan yang digunakan untuk balapan). Dengan mengganti footstep standard dengan menggunakan footstep racing underbone maka posisi duduk si pengendara pun akan berubah yaitu posisinya agak sedikit geser ke belakang. Dengan seiiring pergantian footstep underbone tersebut maka posisi stang pada motor juga harus disesuaikan yaitu agar rendaah dari standard ,nah itulah salah satu alasan mengapa para pembalap merasa nyaman ketika berada di atas motor balapnya.

Setiap part atau komponen motor diatas yaitu footstep underbone tentunya memiliki beberapa kelebihan dan juga kekurangan . Sebelum anda berminat untuk mengganti footstep standard dengan footstep racing atau footstep underbone alangkah baiknya anda mengetahui terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan menggunakan footstep underbone ini.

Kelebihan Menggunakan Footstep Underbone

  1. Yang pertama tentunya membuat tampilan menjadi semakin sporty
  2. Posisi duduk si pengendara jauh lebih nyaman dibandingkan standard *tergantung selera
  3. Merasa lebih Percaya diri ketika melewat jalan yang memiliki banyak tikungan,saat merabah tidak takut footstep nyangkut aspal ata gasruk aspal .
  4. Saat kita harus menggeber motr pada jalan yang lurus juga cukup memberikan keuntungan dengan menggunakan footstep ini yaitu lebih mudah untuk ketukan gigi transmisinya karena kakinya menekuk sehingga posisi kaki tidak sering mendapatkan terpaan angin

Setelah melihat dari beberapa kelebihan yang sudah saya sebutkan diatas berikut ini adalah beberapa kekurangan menggunakan footstep underbone

  1. Rem kurang terasa cakram (jika menggunakan rem tromol)
  2. Kaki akan mudah merasakan pegal ,penggunaan footstep underbone tidak cocok digunakan untuk perjalanan jarak jauh, karena posisi kaki terlalu menekuk dan badan terlalu membungkuk.
  3. Part Mudah patah jika mengalami kecelakaan atau jauh tapi ya tergantung dari bahan dan kualitas dari footstep underbone tersebut.

Nah kurang lebih itulah beberapa penjelasan mengenai kelebihan dan kekurangan menggunakan footstep underbone racing. Demikian informasi yang membahas mengenai Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Footstep Underbone Racing di Motor,semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung di www.modifikasi.co.id jangan lupa untuk like, comment dan share agar lebih banyak yang mendapatkan manfaatnya.

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Footstep Underbone Racing di Motor | sutopo | 4.5

Leave a Reply