Perbedaan Ban Motor Tubeless dan Ban Biasa ( Tube Type )

Modifikasi.co.id – Ban sepeda motor adalah salah satu komponen terpenting dalam kendaraan roda dua, tanpa adanya ban maka sepeda terbaik ,terbagus seperti apapun tidak akan berjalan sebagaimana fungsinya ,nah dalam pemilihan ban sepeda motor ini ada beberapa hal yang harus diperhikan misalnya ban yang bagus untuk cornering/tikungan , ban yang bagus untuk kondisi hujan dan lain lain.

Ban sepeda motor kalau menurut saya pribadi hampir sama seperti mesin motor karena ban motor yaitu sebagai penghubung jalur tenaga yang dihasilkan mesin motor kemudian disalurkan dengan menggunakan roda dan ban sepeda motor sehingga motor bisa berjalanan diatas aspal.

Pernahkan anda melihat balapan di ajang dunia yang sangat keren misalnya balapan Motogp atau superbike dan di ajang balap tersebut tentunya dalam pemilihan ban dan juga kondisi lingkungan sangat mempengaruhi pada kemenangan pembalap tersebut.

Di indonesia ini kurang lebih ada 2 jenis ban yang ditawarkan oleh merek merek ban yang ada di indonesia diantaranya yaitu :

  • Ban Tubelees
  • Ban Biasa atau Tube Type

Kelebihan-dan-Kekurangan-Ban-Tubeless

Ban yang cukup populer di indonesia saat ini yang berjenis tubeless karena hampir semua motor sport sudah menggunakan ban tubeless, keuntungan ban yang satu ini lebih awer dan tahan terhadap bacor akibat kena paku,nah bagi anda yang penasaran mengenai perbedaan ban tubeless dan ban biasa atau tube type maka bisa baca penjelasan detailnya dibawah ini

Perbedaan ban tubeless dan ban tube type atau ban biasa

Ban Tubeless

Kita bahas dulu yang yang paling populer di indonesia yaitu yang jenis tubeless , ya ban yang satu ini sudah banyak digunakan oleh beberapa pengguna sepeda motor yang ada di indonesia, mulai dari motor matic, motor bebek , motor sport, moge dll. Untuk motor sport mungkin kurang pas kalau tidak menggunakan ban jenis tubeless. Untuk perbedaan yang paling mendasar ban tubeless dengan ban biasa yaitu jika pada ban tubeless itu tidak menggunakan ban dalam, sedangkan ban biasa itu masih menggunakan ban dalam. Lalu mungkin di benak anda mempunyai pertanyaan..? lho ban tubeless gak menggunakan ban dalam , apakah gak bocor…? bagaimana dia bisa tidak kempes,dan pertanyaan lainnya. Jawabannya yaitu tentu gak bocor karena ban tubeless sudah menggunakan bahan yang khusus dalam pembuatannya . Intinya ban tubeless sudah dirancang oleh para enginernya sehingga sedikit berbeda dan ban tubeles tersebut dapat menahan angin di dalamnya sehingga bisa dipasang di velg pada motor.

Keunggulan dari ban tubeless tentunya lebih unggul dibandingkan ban biasa (tube type) ,untuk ban tubeless ini yaitu dia lebih tahan lama dan awet. Maksud dari tahan lama disini yaitu ban yang satu ini bisa menahan kebocoran lebih lama jika terkena paku dll, nah ban yang tertusuk paku tadi dia dapat menutup dan mengurangi kebocoran ,tetapi jika lubang yang tertusuk paku tadi besar tentunya ya tetap bocor hehe.

Selain itu bahan yang digunakan untuk ban jenis tubeless ini lebih baik dibandingkan ban biasa sehingga lebih awet dalam penggunaannya dan daya cengkram ke jalan /aspal lebih kuat. Untuk keawetan dan ketahanan ban motor itu sendiri menurut saya bagaimana si pengendara menggunakan motornya.

Selain itu perawatan ban jenis tubeless ini cukup mudah hanya sekali isi udara 1 tahun bahkan sampai 2 tahun tidak perlu di isi angin lagi karena ban tubeless tersebut masih  normal tidak kempes . Ya hal ini tentunya sudah menjadi keunggulan ban jenis tubeless , selain itu juga tidak mudah bocor sehingga kita tidak harus pergi ke tukang tambal ban,uangnnya bisa ditabung buat nikah :v

Nah ada beberapa hal yang perlu anda ketahui bahwa ban tubeless ini ada kelemahan atau kekurangannnya, diantaranya yaitu jika ban tubeless tersebut bocor maka tidak semua tukang tambal ban bisa menambal ban yang satu ini karena memang bahannya sedikit berbeda. Ban tubeless ini biasanya dipasang di motor yang sudah menggunakan velg tipe Casting Wheel ( CW) dan tidak dipasang untuk velg konvensional (jari jari) . Untuk harga ban tubeless ini bervariasi , mulai dari yang murah sampai dengan yang mahal tergantung kualitas dari bahan ban tubeless tersebut,yang jelas ban tubeless lebih mahal dibandingkan ban biasa (tube type).

Tapi ada kabar gembira untuk anda pengguna ban tubeless yaitu jika ban motor bocor maka bisa menggunakan cairan khusus ,dimana cairan ini akan menutup secara otomatis lubang yang terkena paku . Anda bisa mencari cairan ban tubeless terbaik ,setelah di masukan cairan ke dalam ban motor tubeless maka tinggal di isi angin dan tidak kempes lagi.

Ban Biasa (tube type)

Untuk jenis ban selanjutnya yaitu ban biasa atau yang disebut dengan istilah( tube type) , untuk ban yang jenis ini perbedaannya yang paling kelihatan yaitu bahwa ban tube type ini menggunakan ban dalam. Ya walaupun sekarang ini hampir semua merek atau ATPM dalam memproduksi motornya menggunakan ban tubeless tapi masih lumayan cukup banyak pengguna motor yang menggunakan ban biasa. Ban jenis tube type ini biasanya digunakan pada motor jaman dulu , atau motor yang menggunakan kapasitas mesin kecil 125 cc atau 110 cc. Keunggulan ban jenis ini yaitu bisa dipasang di velg jenis apapun misalnya saja ban biasa *tube type biasa dipasang di velg spoke wheel ( SW) atau orang menyebut dengan istilah velg jeruji , kemudian bisa juga dipasang di velg casting wheel (CW)  jadi lebih gampang dan lebih fleksibel tergantung selera di pengendaranya.

Untuk harga tentunya ban jenis tube type atau ban biasanya ini lebih mudah dibandingkan ban tubeless,jadi ban jenis ini cocok untuk anda yang kurang mampu dalam membeli ban tubeless jadi tidak menguras kantong dalam melakukan perawatan motor,untuk ban jeni tube type ini kekurangannya yaitu mudah bocor apa bila terkena paku,atau benda2 tajam ,nah jika bocor maka dia langsung kempes untuk mengatasi hal tersebut anda bisa menambal di bengkel tambal ban atau bisa juga dengan mengganti ban dalam.

Nah sekarang bagusan mana antara ban tubeless dengan ban biasa (tube type)….? kalau menurut saya pribadi tentunya bagusan ban jenis tubeless karena apa bila terkena paku atau benda apapun yang masuk ke dalam ban , nah ban tubeless tersebut masih bisa bertahan cukup lama ,tapi jika ban biasa dia biasanya anginnya langsung habis. Selain itu juga ban jenis tubeless ini tidak perlu di isi angin terus , karena cukup sekali isi itu bisa bertahan bertahun tahun . Jadi sekarang tinggal keputusan anda semuanya hehe ada harga ada kualitas ,jika ingin mendapatkan kualitas yang cukup bagus tentunya anda harus mengeluarkan uang lebih banyak dan tentunya dalam memilih dan membeli ban untuk motor sesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan membeli.

Demikian informasi yang membahas mengenai Perbedaan Ban Motor Tubeless dan Ban Biasa ( Tube Type) semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung di www.modifikasi.co.id jangan lupa untuk like, comment dan share agar lebih banyak yang mendaptakan manfaatnya.

Leave a Reply