Velg Motor Yang Bagus Ringan dengan Bahan Serat Karbon

Modifikasi.co.id – Velg motor adalah salah satu sparepart kendaraan roda dua yang paling penting dan biasanya pasti ada di sepeda motor ,ya iyalah namanya juga velg motor hehe. Velg yang biasanya digunakan untuk beberapa kendaraan darat yang lain dan dibalut dengan menggunakan ban , dimana velg ini memiliki fungsi meneruskan bagian akhir tenaga yang dihasilkan oleh sepeda motor agar sepeda motor bisa berjalan dijalan.

Untuk bahan dasar velg sendiri memiliki beberapa jenis tergantung dari sepeda motor yang dimiliki atau yang di inginkan. Kalau yang dipasarkan di indonesia rata2 velg yang digunakan oleh pabrikan motor yaitu menggunakan bahan dasar alumunium alloy (yaitu bahan alumunium dengan beberapa bahan campuran). Pemilihan bahan tersebut tentunya sudah berdasarkan riset dan juga kemampuan dijalan ,dari beberapa informasi yang saya baca pabrikan menggunakan bahan tersebut karena memang memiliki daya tahan yang cukup bagus jika digunakan untuk harian dan juga biaya produksi yang tidak terlalu tinggi

Sedangkan untuk material yang digunakan dalam pembuatan velg sendiri yaitu diantaranya seperti bahan baja, alumunium, besi, magnesium (bahan yang paling bagus dan mahal ) dan yang terakhir yaitu bahan dasar dari karbon (lebih mahal dari magnesium dan yang paling mahal). Nah untuk anda pecinta lovers velg mungkin sudah tidak asing lagi dengan bahan velg seperti besi, baja, dan alumunium di motor motor yang kendarai setiap harinya dan untuk velg yang menggunakan bahan dasar magnesium dan karbon mungkin sangat jarang ditemui saat berkendara harian dijalan.

Velg yang sudah menggunakan bahan magnesium dan karbon biasanya hanya tersedia untuk motor yang sudah menggunakan kapasitas mesin yang memiliki cc besar ataupun yang dijual di aftermarket. Untuk velg yang menggunakan bahan magnesium juga sudah lumayan banyak dikenal di masyarakat khususnya untuk para pecinta motor ,velg ini unggul karena memang memiliki bobot yang cukup ringan kuat dan kokoh , kekurangan knalpot yang satu ini yaitu harganya yang bisa mengurang kontong di dompet anda karena harganya yang sangat mahal, untuk harga velg yang menggunakan bahan magnesium dijual dipasaran kisaran belasan juta rupiah untuk untuk mendapatkan velg tersebut.

Tapi untuk velg bahan magnesium ini masih kalah ringan dengan velg yang menggunakan bahan baku yang namanya “serat karbon” . Sebagian bikers yang ada diindonesia mungkin sudah tidak asing lagi dengan velg motor yang menggunakan bahan ini ,biasanya bahan ini digunakan untuk part variasi body (bahan untuk pembuatan spatbor hingga body) yang harganya sangat mahal sekali ,dikarenakan harganya yang lumayan cukup mahal ada juga yang membuat versi stiker maksudnya hanya variasi tapi bentuknya mirip serat karbon.

Beberapa tahun belakangan ini sudah ada lho beberapa produsen penyedia sparepart motor yang sudah menciptakan velg yang menggunakan bahan material serat karbon. Lalu apa sih keuntungan jika menggunakan bahan dasar karbon dalam pembuatan velg…? Ok saya akan bantu jawab jadi yang pertama tentunya berat velg tersebut lebih ringan dikarenakan karbon dikenal dengan bahan yang sangat ringan dan memiliki daya tahan yang cukup tinggi, selain itu juga bahan bakarbon ini mimiliki tampilan yang cukup keren dibandingkan bahan lainnya.

Salah satu brand yang ada di indonesia yang menyediakan velg dengan menggunakan bahan serat karbon (carbon fibre) adalah DYMAC, produsen velg yang satu ini berasal dari inggris yang sudah bergelut menekuni bidang ini selamat lebih dari 30 tahun . Produk produk mereka tentunya memiliki kualitas yang bagus sehingga banyak juga digunakan dalam ajang balap di TT Isle Man.

Velg Karbon

Untuk produk unggulan mereka adalah yang berlabel CA5 dimana memiliki spesifikasi berat yang sangat ringan untuk ukuran velg yang ada di indonesia ini. Velg yang satu ini biasanya digunakan untuk motor gede ( produknya biasanya digunakan untuk motor seperti harley dan ducati) karena motor yang besar biasanya memiliki bobot yang berat maka agar akselerasi dan handling yang nyaman dibutuhkan komposisi berat motor yang pas makanya itu menggunakan velg yang ringan agar motor bisa dipacu dijalan yang lurus

Untuk bahan yang digunakan dari produk CA5 ini yaitu menggunakan bahan serat karbon dan extruded alumunium , velg yang satu ini sangat ringan sekali , sebagai contohnya produk produk velg karbon ini sudah di aplikasikan pada motor ducati 1098 . Ukuran velg depan yaitu 3,50 inci x 17 dengan berat hanya 2,2 kg sedangkan untuk velg yang belakang berukuran 6,0 inci x 17 dengan berat hanya 2,9 kg.

Ducati 1098

Untuk harga velg depan motor diatas jangan ditanya haha , harganya yaitu dibanderol sekitar £ 1159.51 atau sekitar Rp 17.392.650 , sedangkan untuk velg belakang dibanderol dengan harga £ 1417.19 sekitar Rp 21.257.850. Kalau untuk motor harley davidson  satu set yaitu depan belakang dibanderol dengan harga £ 2160.00 atau setara Rp 32.400.000. Harga velg yang menggunakan serat karbon memang gila bisa bikin ludes kantong di dompet.

Nah bagaimana dengan informasi diatas, ada harga ada kualitas…? ya haha namanya juga memproduksi barang dengan kualitas yang bagus tentunya butuh biaya yang banyak sehingga saat sudah jadi maka harga jual juga lumayan cukup tinggi tapi kalau awet, ringan , kokoh tentunya uang segitu tidak menjadi masalah khususnya untuk para bikers yang benar benar cinta pada motor.

Jika anda ingin mendapatkan velg tersebut tentunya harus import dari negara tetangga yaitu australia dan harganya saat sampai di indonesia mungkin akan naik lagi karena ada ongkos kirim dan bea cukai.

Demikian informasi yang membahas mengenai Velg Motor Yang Bagus Ringan dengan Bahan Serat Karbon,semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung di www.modifikasi.co.id , jangan lupa untuk like, comment dan share

Velg Motor Yang Bagus Ringan dengan Bahan Serat Karbon | sutopo | 4.5

Leave a Reply