Berapa Jumlah Kamera OnBoard di MotoGP..?

Modifikasi.co.id – Motogp adalah ajang balapan motor yang paling menarik dan ditonton jutaan orang dan yang lebih menarik lagiĀ  disiarkan langsung di stasiun TV termasuk TV yang ada di indonesia. Oleh sebab itu ajang balap MotoGP ini banyak orang yang menontonnnya karena menegangkan sekaligus asyik saat menonton karena aksi salip menyalip dan cornering disetiap tikungan.

Mulai dari era pembalap yang sangat terkenal dan top yaituĀ  Valentino rossi sampai sekarang ini era marc marquez selalu muncul juara berbeda tiap tahunnnya. Persaingan dalam ajang balap motoGP setiap tahunnya selalu meningkat dikarenakan banyak rookie rider yang naik kelas ke motoGP dengan ketatnya persaingan balapan tersebut tentunya ajang balap motoGP menjadi lebih berwarna dan sayang sekali apabila setiap event balapan terlewatkan.

Untuk bisa memenangkan ajang balapan di motoGP diperlukan motor yang hebat, teknologi yang canggih , fisik rider yang mendukung,skill mengendarai yang bagus untuk memperlihatkan kemampuannya memacu motor dengan kapasitas mesin yang besar dilintas sirkuit balapan hingga finish dan memenangkan sebagai juara.

Bukan hanya mesin saja yang bagus dan perangkat elektronik yang disematkan di dalamnya tapi peran teknologi kamera juga penting untuk memantau rider dan memberikan komunikasi antara mekanik dan rider. Nah pernahkan anda bertanya pada diri sendiri kira kira berapakah jumlah kamera yang ada di motor yang digunakan untuk balapan motoGP..?

Kamera yang digunakan dalam ajang balap motoGP ini sebenarnya ada banyak tapi menurut saya pribadi kurang lebih jumlahnya ada 13 sudut kamera untuk menyaksikan setiap aksi view rider motoGP. Dengan menggunakan kamera tentunya kita bisa melihat dan mengetahui setiap gerakan rider di motor ,melihat sudut kemiringan ,pemandangan di depan , belakang dan sudut pandang lainnnya.

Jika mengandalkan kamera yang ada di tepi sirkuit tentunya kurang maksimal dalam melihat view rider,dan sebagainya. Nah di ajang balap MotoGP ini ada kamera yang disematkan di dalam motoGP yang disebut dengan kamera analog. Kamera analog merupakan jenis kamera yang paling sering dipakai dalam ajang balap motoGP. Sejarah penggunaan kamera untuk motor di ajang balap MotoGP dimulai sejak tahun 1985 dan waktu itu kamera lensa masih lebar dengan menggunakan merek fuji film yang dipasang dibagian ekor belakang Nah motor yang menggunakan kamera tersebut yaitu motor Rothmans Honda NS500 miliki randy mamola. Kamera ini memiliki bentuk yang lumayan cukup besar dan mempunya bobot berat sekitar 715 gram ,tak hanya kamera saja tapi juga disematkan control unit yang memiliki berat 610 gram.

mamola

Jika ditotal maka berat keseluruhan kamera dan unit kontrolnya menjadi 1325 gram dan kamera tersebut masih tahap uji coba saja pada masa itu karena ajang balap motoGP akan mulai disiarkan lewat TV maka dorna membuat rencana untuk mengembangkan kamera tersebut yang terintegrasi dengan motor. Dorna bekerjasama dengan pabrikan motor untuk membuat kamera analog yang jumlahnya banyak agar bisa ditempatkan di berbagai posisi di motor pembalap motoGP.

Akhirnya kurang lebih pada tahun 1998 Motorcycle Sport Manufactur’s Association (MSMA) membuat peraturan yang mewajibkan motor yang mengikuti grand prix harus menggunakan kamera. Pada tahun 2002 mengikuti perkembangan zamaan, kemajuan teknologi ,kamera on board pertama kali diperkenalkan di sirkuit Jerez sat itu “il dotter” Valentino Rossi menggunakan kamera on board di motornya yaitu honda repsol pada saat itu terdapat 2 buah kamera.

Action camera motoGP

Lalu pada tahun 2003 jumlah kamera yang dipasang dimotor menjadi bertambah menjadi 4 kamera,penambahan kamera ini bisa dilakukan karena masing masing kamera sudah mengalami perubahaan yaitu bobotnya menjadi lebih ringan,kemudian dimensi bentuknya yang lebih kecil. Evolusi kamera on Board tak berhenti disitu aja ditahun 2007 sistem analog sudah mulai ditinggalkan dan diganti menjadi transmisi digital. Dampaknya tentunya view kamera bertambah dan gambar dapat di relay lewat helikopter

Penonton bisa melihat motor dan pembalapnya dari jarak jauh ,aksi pembalap melakukan overtaking, cornering dll terlihat jelas saat dishott menggunakan heli camp. Kemudian pada tahun 2008 kamera berubah lagi menjadi data module dimana dapat mengirim data telemetri serta berfungsi untuk menggerakan servo dan jika servo bisa bergerak maka artinya kamera bisa bergerak menoleh ke samping.

Ditahun 2010 kamera on board mengalami perubahaan dan kamera tersebut tidak lagi di gunakan karena muncul lagi teknologi baru yaitu Gyroscopic On Board . Teknologi kamera ini pertama kali digunakan di sirkuit sachsenring oleh valentino rossi . JIka pada kamera on board konvensional gambar yang ditangkap akan mengikuti gerakan miring motor maka pada kamera yang sudah menggunakan teknologi gyroscopic on board ini mampu mengambil perpektif view sejajar dengan aspal walapun rider sedang melakukan cornering /posisi rebah.

Kamera canggih tersebut memiliki garis horizontal yang tetap dan juga terdapat poros dibagian tengah yang berfungsi untuk mempertahankan posisi tegak lurus sehingga penonton bisa merasakan seolah olah membalap jika menyaksikan tayangan di kamera tersebut.
Teknologi lalu berkembang lagi dan menghadirkan generasi baru,kamera yang satu ini sudah dilengkapi dengan lensa HD fujifilm yang sudah mulai diterapkan pada tahun 2011 dan kini kamera motor di motogp malah ada yang sudah bisa berputar 360 derajat dengan posisi yang tetap tegak.

Dengan begitu maka bisa melihat posisi rider yang ada di samping atau dibelakangnnya dengan tampilan yang lurus di TV. Nah untuk posisi kamera terpasang di mana saja untuk lebih detailnya anda bisa lihat pada gambar dibawah ini :

  1. Kamera Terdapat di bagian depan, menghadap depan
  2. Kamera Terdapat di Bagian depan, dibawah dashboard menghadap aspal dari arah depan
  3. Kamera Terdapat di Bagian depan, menghadap ke pembalap.
  4. Kamera Terdapat di Bagian depan, menghadap dashboard motor.
  5. Kamera Terdapat di Bagian samping, menghadap kopling motor.
  6. Kamera Terdapat di Bagian samping, menghadap rem motor.
  7. Kamera Terdapat di Bagian samping, pada bagian fairing bawah menghadap kaki kiri pembalap.
  8. Kamera Terdapat di Bagian samping, pada bagian fairing bawah menghadap kaki kanan pembalap.
  9. Kamera Terdapat di Bagian samping, menghadap bagian ban depan sebalah kanan.
  10. Kamera Terdapat di Bagian samping, menghadap bagian ban depan sebalah kiri.
  11. Kamera Terdapat di Bagian belakang, dipasang di buntut motor menghadap punggung dan vantat pembalap
  12. Kamera Terdapat di Bagian belakang, menghadap bagian belakang.
  13. Kamera Terdapat di Bagian belakang, dipasang di bagian knalpot.

Sebenarnya penggunaan kamera di motor balap motoGP diatas masih banyak lagi mungkin yang saya ketahui baru 13 jumlahnya , untuk gambarnya menyusul ya hehe . Untuk mendapatkan view yang bagus saat pembalap melakukan aksinya disirkuit tentunya dibutuhkan banyak posisi kamera agar yang melihat atau yang menonton bisa merasakan feel yang lebih dan berasa seperti seakan akan mengendarai motor tersebut.

Sebagai tambahan bahwa untuk setiap tim pembalap motoGP mungkin jumlah kameranya berbeda beda ,dan tergantung dari kemampuang dalam merangkul sponsor dan sebagainya. Semoga artikel diatas bisa menambah wawasan kita semua tentang dunia motoGP

Leave a Reply