6 Cara Mengganti Filter Udara Yamaha New Vixion Lengkap

Modifikasi.co.id – Pernahkah anda berfikir untuk mengganti filter udara di motor yang anda miliki..? apakah efek apabila tidak pernah diganti dan berapa puluh ribu km jarak penggantian filter udara secara berkala agar kondisi mesin motor tetep bagus dan awet digunakan..? Nah untuk itu pembahasan kita kali ini yaitu mengenai bagaimana cara mengganti filter udara pada motor yamaha new vixion lightning dan juga pada motor yamaha new vixion advance yang bisa anda lihat dibawah ini, mau ,penasaran…?

Dibawah ini saya akan menjelaskan kepada anda semuanya kenapa harus mengganti filter udara, apa sih fungsi filter udara pada motor umunya…? OK kita bahas satu satu terlebih dahulu.

Filter udara pada motor itu bisa kita ibaratkan dengan pernafasan pada tubuh yang kita miliki (paru paru) hehe , nah apa bila ada yang terganggu nih (misalnya kena asma) *tapi jangan sampai deh , maka hidup kita akan menderita khususnya kesusahan dalam menghirup udara bahkan yang sudah akut maka bisa berujung dengan kematian , emm serem banget kan…? Nah perumpaan tersebut sama halnya dengan sepeda motor yaitu komponen motor yang disebut dengan filter udara, jadi komponen ini kelihatan sepele tapi mempunyai peran yang cukup penting dalam sepeda motor.

Pabrikan motor dari semua merek honda, kawasaki, suzuki, yamaha dan lain sebagainya tentunya sudah mendesain filter udara sedemikian rupa yang tentunya memiliki fungsi yaitu untuk memberikan penyaringan udara yang maksimal agar kotoran kotoran seperti debu tidak masuk ke ruang bakar dan memperhatikan juga terhadap tenaga yang dihasilkan oleh mesin motor.

Filter udara pada motor kurang lebih memiliki kerja yaitu untuk meloloskan kurang lebih sekitar 60-70% udara yang masuk ke ruang pembakaran dengan penyaringan kotoran/debu  sampai dengan 5-10 mikron (diameter rambut =50 mikron), untuk detailnya anda bisa perhatikan gambar dibawah ini .

filter-udara-yamaha-new-vixion

Untuk jarak penggantian filter udara sendiri dari beberapa referensi yang saya baca mengataskan bahwa setiap 20.000 km diganti dengan yang baru agar filter udaranya tetep bisa bekerja lebih maksimal dan debu /kotoran tidak masuk ke ruang bakar. Tapi tergantung dengan lingkungan anda tinggal , kalau misalnya motor anda dikendarai di lingkungan yang banyak debu kemungkinan 10.000 km harus diganti tapi jika lingkungan di kota yang jarang kena debu maka 20.000 km tidak apa apa.

Apa sih efeknya jika tidak mengganti filter udara pada motor…?

Efek yang ditimbulkan yaitu motor bisa keluar asep yang diakibatkan dari kotor /debu yang masuk keruang bakar kemudian pada bagian ring piston dan silindernya baret ,padahal yang menyebabkan hal tersebut karena kotoran kotoran /debu kecil. Dari informasi yang saya baca bahwa kotoran yang masuk ke ruang bakar dengan ukuran 5-10% maka sudah mampu merusak mesin motor apa lagi lebih besar mungkin motor akan ngejimm (gak mau hidup)

filter-udara-motor-kotor

Kesimpulan :

Jadi sekarang sudah tahukan kenapa kita harus melakukan penggantian filter udara pada motor..? tujuanya yaitu agar kotoran kotoran /debu tidak masuk keruang bakar , jika filter udara pada motor jarang dibersihkan atau diganti dengan yang baru maka takutnya kotoran /debu tersebut masuk keruang bakar maka akan mengakibatkan motor ngebul karena oli rembes keruang bakar dan hal ini bisa menyebabkan piston dan silinder baret. Kalau sudah seperti ini maka mau tidak mau motor anda harus dilakukan lemer agar penyakitnya tidak bertambah parah dan biaya service motor anda tidak terlalu besar.

Nah dibawah ini kurang lebih saya akan berbagi kepada anda semuanya mengenai bagaimana cara mengganti filter udara pada motor yamaha new vixion

Cara memasang filter udara untuk vixion.

  1. Jika anda ingin mengganti filter udara yang baru maka bisa membeli di bengkel resmi yamaha atau di bengkel terdekat, usahakan membeli yang ori agar kualitasnya lebih bagus , untuk harganya juga tidak terlalu mahal ,harga filter udara vixion original sekitar 36.000 an
    filter-udara-yamaha-new-vixion-murah
  2. Selanjutnya yaitu anda bisa membuka baut baut yang menghalangi untuk mengangkat tangki motor vixion , anda bisa melepaskan pada bagian sayap kiri dan kanan , kemudian melepas baut pada tangki.
    cara-ganti-filter-udara-vixion
  3. Selanjutnya apabila sudah dilepas semua baut yang menghalangi tangki untuk dilepas,maka langkah selanjutnya yaitu melepas kabel dan saluran bahan bakar pada tangki vixion , berikut ini gambarnya
    cara-melepas-tangki-vixion
  4. Setelah tangki sudah di lepas maka langkah selanjutnya yaitu anda bisa melepas empat baut yang mengelilingi box filter udara vixion ,anda bisa membuka buat tersebut menggunakan kunci +
    cara-ganti-filter-udara-yamaha-vixion
  5. Selanjutnya apa bila sudah dilepas filter udara yang lama , maka langkah selanjutnya yaitu mengganti dengan yang baru ,setelah terpasang seperti gambar dibawah ini maka jangan lupa untuk memasang box filter udara seperti semula.
    cara-ganti-filter-udara-new-vixion
  6. Langkah terakhir yaitu anda bisa memasang kembali tangki ,penutup kontak, sayap kanan dan sayap kiri, jika anda masih bingung maka bisa melihat video buatan motovlogger dari jogja yaitu gondes motovlog dibawah ini :

Video Cara Ganti Filter Udara dan Cara Copot / Lepas Tangki Yamaha New Vixion

OK mungkin sampai disini dulu sharing2nya mengenai filter udara , semoga panduan dan tutorial cara mengganti filter udara pada motor yamaha vixion diatas mudah dipahami dan di praktekan , jangan lupa jika artikel dan video diatas bermanfaat untuk pencet tombol like, coment dan share agar lebih banyak yang mendapatkan manfaatnya.

6 Cara Mengganti Filter Udara Yamaha New Vixion Lengkap | sutopo | 4.5

Leave a Reply