Cara Membuat Lampu Sein Kedip Cepat Ala Bus Malam di Yamaha New Vixion

Modifikasi.co.id – Saat anda berkendara di jalan raya pernahkan anda melihat sepeda motor yang memiliki lampu seinnya kedip cepat seperti ala mobil bus malam…? atau anda juga pernah melihat lampu sein kedip cepat di youtube atau cerita dari teman dll. Pernahkan anda berfikir ingin membuat lampu sein motor anda memiliki kedip cepat seperti bus bus malam tersebut…? mau penasaran…?

Untuk membuat lampu sein kedip cepat sebenarnya cukup mudah dan simple , nah contoh kali ini saya menggunakan motor yamaha new vixion yang ingin saya modif sehingga kedipannya cepat dan menjadi lebih keren saat malam hari ataupun saat melakukan riting lampu sein hehe.

Baca Juga Artikel Lainnya :

Bagi anda yang menggunakan motor yamaha new vixion mungkin bisa langsung mempraktekan tapi bagi motor selain yamaha new vixoin mungkin sedikit penyesuaian saja. Oiya langkah langkah dibawah ini hanya berlaku untuk flasher mekanis ya bukan untuk flasher tipe elektronik, jika flasher motor anda menggunakan jenis elektronik maka lebih baik anda membeli flasher modif (kedip cepat ) yang banyak dijual di bengkel modifikasi motor dan aksesoris motor.

Peralatan Modif Flasher Lampu Sein Kedip Cepat di Yamaha Vixion

  • Solder
  • Timah (kawat timah)
  • Sedikit kemampuan dasar elektronik dan penyolderan komponen
  • Kapasitor / elko 1000 uf /16 v
  • Obeng –

Cara Melakukan Modif Flasher Lampu Sein Kedip Cepat

  1. Yang harus anda lakukan pertama kali yaitu mencari dimana letak flasher motor mu,biasanya kalau motor bebek di dalam body motor depan, sedangkan untuk motor sport seperti vixion berada di bagian belakang , untuk mengetahui mahluk yang namanya flasher anda bisa hidupkan lampu sein dan cari bunyi tik-tak -tik-tak.
  2. Selanjutnya anda bisa coba bongkar body depan (jika motor bebek) ,jika motor sport maka bongkar jok belakang. Mahluk yang namanya flasher tersebut berbentuk hitam kotak kecil yang memiliki kaki dua atau tiga dan ada tulisan flasher
  3. Jika sudah menemukan flasher tersebut langkah selanjutnya yaitu anda bisa membuka casing dari flasher tersebut dengan obeng min dan untuk membukanya sangat mudah sekali tinggal di puter.
  4. Setelah terbuka casing flasher tersebut anda akan melihat bagian dalamnya seperti gambar dibawah ini
    elco-1000uf-untuk-kedip-cepat
  5. Perlu anda ketahui bahwa di dalam flasher tersebut terdapat 4 komponen diantaranya yaitu 1. Kumparan kawat yang memiliki fungsi yaitu sebagai magnet panarik pelatuk saklar yang menuju lampu sein dengan dialiri arus listrik jenis DC , 2. Pelatuk , 3. Resistor, 4. Kapasitor
  6. Selanjutnya anda bisa lepaskan bagian kapasitornya dengan cara memanaskan timahnya menggunakan solder yang menyambung dengan komponen lainnya. Atau bisa juga dengan memotong kaki kapasitornya . Nah selanjutnya kaki kampasitor yang dipotong tadi akan disambukan ke kapasitor yang memiliki spesifikasi 1000 uf /16 v
  7. Selanjutnya anda bisa pasang kapasitor yang baru yaitu spesifikasi 1000 uf /16 v ke dalam flashernya . Jika sudah maka sudah jadi dan siap di test di motor.

Nah jika anda masih bingung mengenai tutorial cara membuat lampu sein kedip cepat di motor vixion , berikut ini tutorial videonya tentang cara membuat lampu sein kedip cepat yang dibuat oleh channel gondes motovlog 

Semoga video diatas membantu anda ,terima kasih sudah berkunjung di www.modifikasi.co.id , demikian informasi yang membahas mengenai Cara Membuat Lampu Sein Kedip Cepat Ala Bus Malam di Yamaha New Vixion,semoga bermanfaat sampai jumpa lagi di postingan berikutnya. Jangan lupa untuk like, comment dan share agar lebih banyak yang terbantu.

Leave a Reply