Cara Menghitung Denda Telat Bayar Pajak STNK Motor 1 Tahunan

Pajak adalah salah satu kewajiban kita untuk membayar kepada pemerintah karena kita memiliki kendaraan , pajak ini diwajibkan untuk individu yang menggunakan fasilitas pemerintah contohnya sepeda motor (karena sepeda motor menggunakan jalan raya). Dengan kita taat membayar pajak maka pemerintah tentunya akan membangun sarana dan prasarana guna untuk meningkatkan negara indonesia.

Pada kesempatan ini saya akan sharing informasi yang membahas mengenai cara menghitung denda telat bayar pajak stnk kendaraan bermotor telat 1 tahunan. Seperti yang kita ketahui bahwa kendaraan bermotor adalah sarana alat transportasi yang paling banyak dimiliki oleh masyarakat indonesia karena memang bentuknya yang tidak terlalu besar dan harganya yang terjangkau , motor banyak digunakan untuk kebutuhan kegiatan aktifitas sehari hari misalnya untuk sekolah , pergi kekantor dan lain sebagainya.

Orang yang lupa membayar pajak mungkin dikarenakan sibuknya pekerjaan yang dikerjakannya sehingga lupa membayar pajak , kemudian mempunyai keinginan untuk membayar pajak motor tetapi bingung bagaimana cara menghitung berapa yang harus dibayar, padahal telat terhitung terhitung denda pajak motor telat 1 atau 2 hari bahkan 1 minggu seperti denda terlambat bayar pajak stnk 1 bulan.

Untuk denda pajak motor per hari dalam perhitungan rumus denda keterlambatanya maka akan dihitung per bulan.jadi misalnya jika anda mempunyai sepeda motor kemudian telat membayar pajak 1 bulan + 1 hari maka denda keterlambatannya dihitung 2 bulan.

stnk-jupiter-z

Sebelum membahas mengenai cara menghitung pajak motor dibawah ini saya akan jelaskan terlebih dahulu istilah yang tercantum di STNK plus perhitungan pajaknya.

  1. BBN KB ( (bea balik nama kendaraan bermotor) besarnya yaitu sekitar 10% dari harga kendaraaan (off the road) atau harga faktur untuk kendaraan baru dan bekas (second) sebesar dua pertiga pajak kendaraan bermotor (PKB)
  2. PKB besarnya yaitu 1,5 % dari nilai jual kendaraan dan bersifat menurun tiap tahun karena penyusutan nilai jual
  3. SWDKLLJ (sumbangan wajib dana kecelakaan lalu lintas jalan) sumbangan ini yang nantinya akan dikelola oleh jasa raharja.
  4. Biaya ADM (Biaya administrasi) untuk kendaraan baru tidak dikenakan dan apabila ganti pela nomor (5 tahunan sekali ) atau balik nama maka akan dikenai biaya ADM
  5. Denda pajak kendaraan bermotor , apabila sudah jatuh tempo masa berlaku STNK tapi belum melakukan perpanjangan maka akan dikenai denda PKB dan denda SWDKLLJ

Nah gimana kalau misalnya kita lupa membayar denda pajak motor selama 1 tahun ,nah maka jumlah denda yang harus dibayar yaitu dikalikan sebanyak 12 bulan jadi dihitung 12 kali. Begitu juga untuk perhitungan denda pajak motor 2 tahunan atau 5 tahunan. Mudah bukan..? atau masih belum paham …?  Untuk lebih jelasnya nanti saya akan jelaskan dibawah ini . Oiya jadi kalau ada yang bilang terlambat 1 hari sama dengan terlambat 1 tahun itu gak benar, yang ada adalah jika terlambat 1 hari sama dengan 1 bulan.

Sebagai contoh apabila anda masih bingung dengan cara perhitungan denda bayar pajak motor bisa di perhatikan dibawah ini.

Misalnya kita akan menghitung denda pajak motor yamaha jupiter mx ,nah untuk yang tertera di STNK dan PKB (pajak kendaraan bermotor) sebesar 202.500 + SWDKLLJ (sumbangan wajib dana kecelakaan lalu lintas jalan) sebesar 35.000 maka pajak yang harus dibayar adalah 237500.  Nah dana tersebut jika anda tidak telat membayar pajak, tapi jika terlambat membayar pajak maka kena denda PKB + Denda SWDKLLJ

Cara Perhitungan Telat Membayar Pajak Sepeda Motor Telat 1 Tahun
Denda PKB per tahun : 25 %.
Terlambat 1 bulan : PKB x 25% x 1/12.
Terlambat 2 bulan : PKB x 25% x 2/12.
Terlambat 1 tahun : PKB x 25% x 12/12

Denda PKB = biaya PKB x 25% x 12/12
yaitu = 202.500 x 25 % x 12/12 (jumlah telat bayar )
hasilnya = Rp 50.625

Denda SWDKLLJ Rp 32.000 , sedangkan untuk mobil denda SWDKLLJ Rp.100.000

Denda keseluruhan = Denda PKB + denda SWDKLLJ
yaitu = 50.625 + 32.000
hasilnya = Rp 82.625

Biaya pajak yang harus dibayar adalah biaya PKB + SWDKLLJ + denda keseluruhan
yaitu = 202.500 + 35.000 + 82.625
hasilnya = Rp 3201.25
jadi, Cara Menghitung Denda Pajak Motor selama 1 tahun harus dibayar adalah Rp 320.125

Rumus denda keterlambatan diatas diambil dari beberapa sumber, mohon koreksi juga jika ada salah.

Demikian informasi yang membahas mengenai Cara Menghitung Denda Telat Bayar Pajak STNK Motor 1 Tahunan, semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung di www.modifikasi.co.id jangan lupa like, comment dan share.

Cara Menghitung Denda Telat Bayar Pajak STNK Motor 1 Tahunan | sutopo | 4.5

Leave a Reply