Mengenal Honda NSR 150 2 Tak Semua Series

Seandaianya Honda NSR 150 masih di produksi massal lagi mungkin saya dan mungkin pengguna motor yang lain pasti memiliki minat yang lumayan cukup banyak. Lha wong teman saya bilang kalau aja Honda NSR ini diproduksi lagi berapapun harganya bakalan saya beli deh *yang penting masih diangka mampu hahaha. Tapi sayangnya saat ini honda NSR sudah tidak di produksi lagi di indonesia alias sudah dihentikan , kurang tahu alasan honda menghentikan produksi motor 2 tak tersebut mungkin karena faktor emisi ya…? emm gimana menurut anda…?

Di indonesia ini masih banyak pengguna motor yang munyukai mesin 2 tak apa lagi honda NSR karena motor ini menggunakan teknologi yang ada part part racingnya , emm saya jadi mikir nih tidak bisa dibayangkan ya gimana nantinya kalau motor ini diproduksi lagi ..? Ya saya sebagai pengguna motor dan juga blogger otomotif dan mungkin mewakali semua rider indonesia mohon dengarkan atau tanggapi keinginan kami *tapi kayaknya kalau 2 tak di produksi lagi gak mungkin deh , soalnya sekarang saja udah emisi 3 ..? sedangkan 2 tak ..?

Selain NSR 150 dibawah ini ada juga motor legend dari yamaha yaitu Yamaha TZM 150 ,motor 2 tak tersebut konon bisa tembus kecepatan hingga 225 /kph bahkan bisa lebih tergantung trek jalannya, Kekurangan motor ini jika anda ingin memiliki mungkin di bagian sparepart nya yang susah di cari .

Motor 2 Tak seperti NSR 150 SP , Ninja 150 RR untuk top speednya mungkin kurang lebih sama yaitu 200 an ,ya menurut saya pribadi motor 2 tak tikan mungkin akan di produksi lagi karena mungkin gak lolos uji emisi. Buktinya motor 2 tak dari ninja aja sudah segera pensiun mungkin faktoryna /masalahnya karena regulasi euro ,jadi semakin besar euronya misalnya Uji Emisi Euro 1, Euro 2, Euro 3 ,Euro 4 dan semakin tinggi semakin sedikit gas buangnya maksudnya adalah sedikit polisi udaranya bahkan sekarang aja sudah ada lho motor yang menggunakan jenis mesin Electric engine yang emisinya 0%….? emm orang makan apa ya bisa ciptakan motor gitu wkwkkw.

Ya dari tadi saya ngoceh2 tentang motor Honda NSR 150 , mungkin sebagian dari kita ada yang belum tahu nih motor hehe , ok saya akan jelaskan lebih detailnya dibawah ini ya, penasaran mau…?

Motor NSR untuk saat ini mungkin sudah jarang sekali di dengar ditelinga karena memang motor ini sudah di stop untuk produksinya di sekitaran tahun 2002, tapi buat anda yang masih usia 2002 dan saat itu umur 20an tahun mungkin mengenal motor tersebut . Sebagian dari pengguna motor masih banyak yang mencitai motor ini dimasa kejayaannya yang memukau semua Pecinta Kecepatan/Motor Kenceng. Motor Honda NSR 150 ini walaupun 2 tak untuk bahan bakarnya lebih irit dikelasnya sedangkan untuk variannya ada apa saja kurang lebih ada 4 model series bro , cek it dot.

Honda NSR 150 R

honda-nsr-150-r

sumber : https://www.instagram.com/p/BNDkloehGoZ/

nsr-150-r-paling-keren-banget

photo by tanggastudio.com

Motor diatas adalah motor pertama yang masuk di indonesia pada tahun 1994 , emm saya belum ngerti nih motor haha lha wong saya lahir tahun 1993. Motor diatas masih dalam kondisi CBU maksudnya langsung di kirim dari negara asal dalam keadaan utuh. Untuk warna yang tersedia juga ada berbagai macam diantaranya yaitu warna biru putih , merah putih , merah hitam dan hijau hitam.

Pada saat itu motor diatas adalah salah satu motor yang memiliki harga termahal yang beredar di pasaran indonesia dengan harga sekitar 8 jutaan rupiah, sedangkan harga motor bebek pada saat itu dibanderol sekitaran 2 jutaan,bahkan honda tiger pada saat itu hanya  6 jutaan.

Karena banyak peminatnya akhirnya motor honda NSR 150 R diatas di rakit di indonesia ,karena faktor krisis moneter honda NSR 150 r diatas tidak di produksi lagi , terakhir keluar itu ditahun 1997/1998 dengan harga motor sekitar 12 jutaan dengan spesifikasi dibawah ini :

Spesifikasi Honda NSR 150 R

Engine type : single cylinder, two stroke
Engine size       : 149cc
Bore x stroke   : 59 x 54.5
Power              : 31 hp @ 10500 rpm
Torque             : 2.75 kg-m at 10,000 rpm
Gearbox           : 6 speed return
Ignition             : Electronic CDI unit

Untuk power atau tenaga motor honda nsr diatas yang saya ketahui dan teman teman lainnya yaitu sekitar 28 hp,ternyata setelah googling dan membaca blog dari thailand motor diatas memiliki power hingga 31 hp,  28 hp tersebut mungkin pengukurannya dari ban ,kemudian di pengaruhi lainya seperti gir rasio, bobot motor ,dll sehingga powernya turun. Ya seperti yang kita ketahui bahwa semua motor apabila di ukur powernya dari ban pasti akan berbeda dengan diukur dari mesin , untuk mengukuran mesin biasanya bisa dengan cara dyno test dan hal ini powernya pasti lebih besar dibandingkan dengan ada ban , bobot motor,gir rasio , dll.

2. NSR 150 RR ASTRA ( LAMPU BULET )

nsr-150-rr-astra

Masuk ke indonesia kurang lebih pertama kali pada tahun 2000an pada bulan september dan terakhir motor ini keluar pada tahun 2011. Motor diatas pada saat itu lebih dikenal dengan nama RR Astra hal tersebut karena motor diatas miliki honda (AHM  /Astra Honda Motor) yang langsung di import dari thailand.

Sebenarnya motor NSR 150 RR Astra diatas adalah motor /barang sisa dari produksi thailand , karena di thailand motor tersebut tidak lolos uji emisi akhirnya di kirim ke indonesia ,untuk totalnya kurang lebih sekitar 1600 unit , sedangkan untuk pengirimannya dipecah pecah 800-800 ,tapi dari rumor yang bereda motor tersebut masuk ke indonesia hanya 800 unit.

Motor diatas masuk di indonesia hanya dengan 2 pilihan warna yaitu biru putih dan merah putih, pada saat itu motor tersebut dibanderol dengan harga sekitar 28 jutaan dan terakhir pada tahun 2001 naik menjadi 30 jutaan. Konon dari informasi yang ada di internet NSR 150 RR Astra ini Michael Doohan ikut terlibat dalam risetnya lho … Motor ini memiliki handling yang nyaman dan juga kecepatan yang mantab , so buat mas bro yang pecinta motor enak dan kenceng NSR 150 RR adalah pilihannya.

Spesifikasi Honda NSR 150 RR

Engine type : single cylinder, two stroke
Engine size : 149cc
Bore x stroke : 59 x 54.5
Torque : 2.75 kg-m at 10,000 rpm
Gearbox : 6 speed return
Ignition : Electronic CDI unit

Untuk mesinnya sendiri NSR 150 R dan NSR 150 RR masih sama yang membedakan adalah bagian pengapian saja NSR 150 R ( masih menggunakan sistem kelistrikan AC ) sedangkan NSR 150 RR (sudah menggunakan sistem kelistrikan DC) , selain itu lampu depan bulet 2. Untuk Power Juga berbeda NSR R (28 hp ) sedangkan NSR RR (30hp).

3. NSR 150 NEW RR ( LAMPU MATA KUCING )

nsr-rr-new-versi

Motor diatas masuk indonesia pertama kali pada tahun 2000 melalui Importir Umum (UI) di produksi langsung oleh Honda Thailand , untuk harganya sendiri motor NSR diatas dibanderol sekitar 35 jutaan.  Motor diatas adalah gabungan dari NSR 150 SP dan NSR 150 RR Astra untuk mesinnya menggunakan milik NSR SP sedangakan untuk bagian kaki kakinya sumbangan dari NSR 150 RR

Spesifikasi NSR 150 New RR
Engine type : single cylinder, two stroke
Engine size : 149cc
Bore x stroke : 59 x 54.5
Compression : 6.8 : 1
Horsepower : 37ps at 10,000 rpm
Torque : 2.74 kg-m at 9,000 rpm
Gearbox : 6 speed return
Ignition : Electronic CDI unit
Length : 1,970 mm
Width : 685 mm
Height : 1,060 mm
Wheelbase : 1,355 mm
Weight : 120.9 kg
Tire size : (F) 90/80-17, (R) 110/80-17

4. NSR 150 SP

nsr-150-sp-keren

Untuk series NSR yang terakhir ini yaitu NSR 150 SP , motor yang satu ini masuk indonesia pada tahun 2000 di produksi oleh Honda Thailand untuk harganya sendiri pada saat itu sekitar 40jutaan. Keunikan dari motor 2 tak buatan honda yang satu ini yaitu terletak pada proarmnya dan motif repsol . Motor diatas menurut saya coco sekali buat anda yang suka dengan tampilan /desain yang keren , kecepatan motor yang kenceng mantab pokoknya.

NSR 150 SP ini dul;unya pernah menjuarai ajang balap FARRC ditangan dan tim dari thailand .

Spesifikasi NSR 150 SP :

Model : NSR 150 SP
Engine type : single cylinder, two stroke
Engine size : 149cc
Bore x stroke : 59 x 54.5
Horsepower : 39.5 ps at 10,500 rpm
Torque : 2.75 kg-m at 10,000 rpm
Gearbox : 6 speed return
Ignition : Electronic CDI unit
Length : 1,970 mm
Width : 685 mm
Height : 1,060 mm
Wheelbase : 1,355 mm
Weight : 122.4 kg
Tire size : (F) 90/80-17, (R) 120/80-17 or 130/80-17

Nah kurang lebih seperti itu lah detail penjelasan sejarah singkat mengenai motor dari pabrikan honda khususnya untuk motor 2 tak. SO dengan artikel diatas semoga bisa menambah wawasan kita dalam mengenal motor 2 tak yang ada di indonesia.

Mengenal Honda NSR 150 2 Tak Semua Series | sutopo | 4.5

Leave a Reply