Review Helm HJC RPHA 11 Indy Lorenzo

Helm adalah salah satu perangkat atau komponen yang sangat penting untuk safety gear , karena dengan menggunakan helm yang bagus dan sesuai standard negara masing masing maka dipastikan helm tersebut sangat aman digunakan untuk harian ataupun race.

Beberapa hari yang lalu saya membeli helm HJC RPHA 11 Indy Lorenzo yang memiliki grafis dan model yang lumayan cukup keren. Helm HJC sendiri mungkin tidak populer di asia , kepopuleran helm ini itu  meningkat karena dulu pernah dipakai oleh Jorge Lorenzo pada balapan motoGP tahun 2013 -2015 yang sebelumnya juga pernah di pakai oleh Ben Spies dimana dia menggunakannya di ajang balap kelas moto2 , moto3 dan WSBK ,beberapa pembalap yang menggunakan diantaranya yaitu Ben Spies, Jonas Folger (mulai 2017), Jorge Navarro, Philipp Öttl, dan lain-lain.

Nah pada kesempatan ini saya mau coba review helm yang saya beli kemaren yaitu HJC Rpha 11 indy lorenzo mulai dari sistem keamanannya, grafisnya, model shellnya, kenyamanan , fitur fitur lainnya.

Helm yang saya review ini saya coba tak ajak solo touring untuk perjalanannya yaitu dari jogja menuju solo (universitas sebelas maret) ,perjalanan kurang lebih menempuh waktu sekitar 1,5 jam , sedangkan jaraknya kurang lebih sekitar 65 km

Helm HJC RPHA 11 adalah salah satu produk dari helm pabrikan ASIA (import) yang sudah cukup lama malang melintang mengarungi samudra kehidupan di dunia helm dan dunia otomotif internasional. HJC sendiri adalah merek helm produksi dari perusahaan Hong Jin Crown Co. Ltd yang berbasis di kota yongin di daerah Provinsi Gyeoggi-do ,Korea Selatan.

Helm HJC RPHA 11 adalah produk pengembangan dari produk sebelumnya yaitu HJC RPHA 10  + pada akhir tahun 2011. Saya naksir helm HJC RPHA 11 Indy Lorenzo karena memang desain grafisnya itu bagus banget haha ada icon monster energynya juga , pokoknya grafisnya top banget lah haha.

OK tanpa basa basi lagi yuk kita bahas detail mengenai desain helm, kenyamanan ,dan keamanan

Desain Fisik HJC RPHA 11

Ngomongin desain fisik menurut saya secara keseluruhan desainnya agak relatif bulat tapi gak bulat bulat banget, sedikit memanjang ke belakang. Desain belakang helm juga saya suka banget karena terdapat spoiler/winglet yang imut . Fungsi dari winglet/spoiler tersebut yaitu untuk menambah daya tekan kebawah/kestabilan saat digunakan berkendara dengan kecepatan tinggi . Kalau ngomongin desain sih itu selera masing masing ya haha , tapi kalau paling keren itu desain model helm AGV ,contoh AGV CORSA atau AGV PISTA.

Berikut ini penampakan helm hjc rpha 11 biar anda gak penasaran dan bingung haha , biarkan gambar dibawah ini saja yang berbicara. Anda bisa nilai sendiri dengan  gambar helm hjc rpha 11 dibawah ini soalnya kalau ditulis gak bisa diungkapkan dengan kata kata haha

Untuk hasil finishing menurut saya HJC ini benar benar melakukan dengan sangat bagus , sebagai helm kelas dunia seperti slogan mereka hasil cat dan juga decal atau liverynya menurut saya saat di aplikasikan di helm benar benar rapi dan juga halus.  Dari analisis tak trawang2 terus tuh helm diatas haha gak ada sama sekali bagian yang terasa kasar atau tidak rata.  Pada bagian clearcoat yaitu lapisan paling luar yang terasa padat dan juga keras memberikan rasa aman. Selain itu juga helm diatas memiliki efek glossy dan licin , pkoknya mulus tenan haha , helmku diatas posisi habis kena ujan dan kecipratan lumpur , seharusnya lebih terlihat mengkilat haha.

Grafis HJR RPHA 11

Untuk grafis sendiri saya sangat menyukai desainya karena memang cocok sama motor new vixionku haha , nah yang penasaran seperti apa jika dipadukan sama motor , kurang lebih penampakannya seperti ini :

Untuk grafis rpha 11 yang lain sebenarnya ada banyak pilihannya , tinggal tergantung budget yang anda miliki .

Untuk desain sendiri menurut saya sudah cukup lah , overall hjc memiliki desain yang bagus bagus tergantung selera masing masing , untuk finishingnya catnya halus, ada kayak efek glossynya .

Kenyamanan

Untuk kenyamanan menurut saya helm HJC RPHA 11 ini cukup nyaman karena helm tersebut sudah dibekali dengan 4 ventilasi udara yang saat digunakan kondisi di dalam helm lebih adem dan silir.

Lubang ventilasi yang terdapat pada helm HJC RRPHA 11 yaitu ada 4 buah diantaranya yaitu

  • Dibawah tengah dekat jepitan visor
  • Di bawah 2 ventilias
  • Diatas kepala 1 lubang ventilasi
  • dan 2 buah lubang ventilias yang bisa di atur dengan roller

Berikut ini untuk detail lubang ventilasi pada helm HJC RPHA 11 Indy Lorenzo

Helm yang satu ini sangat sangat ringan digunakan , karena beratnya sendiri sekitar 1300g untuk ukuran L , untuk detailnya bisa dilihat pada gambar dibawah ini :

Helm diatas adalah helm yang pertama kali tak coba dan helm yang peling enteng , mungkin ada yang lebih ringan /enteng lagi…? monggo komentarnya hehe.

Untuk busanya RPHA 11 ini sudah menggunakan bahan yang berkualitas , sejuk dan anti bakteri, dibagian dalam sendiri busanya bisa dilepas dan juga busanya bisa dicuci. Busa yang ada di bagian pipi (cheek pad) sangat sangat empuk dan menurut saya lebih empuk dibandingkan dengan helm yang saya gunakan sebelumnya yaitu Snail MX 311. hehe. Walaupun busa pada helm hjc rrpha 11 sangat empuk tapi tetep menekan kedua pipi sehingga tetap  nempel dan kokoh saat di masukin kepala.

Secara keseluruhan busa pada helm HJC RPHA 11 yang saya review ini  cenderung narraw fit maksudnya lebih cocok dengan jenis kepala yang memanjang/lonjong.  Tapi waktu tak pakai helm ini benar benar pas dan sangat nyaman , di dalam busa tersebut khususnya bagian telinga terdapa ruang yang lumayan cukup besar

Saat menggunakan helm ini menurut saya sangat pengap karena helm ini terdapat chin curtain yang berada dibagian bawah dagu yang berfungsi untuk mengurangi hambatan angin dan whisling sound. Saat digunakan dengan kecepatan tinggi helm ini tetep nyaman tidak  berisik , sunyi banget pkoknya. Tapi ya tadi kekuranganya agak pengap

Oiya saat kemaren saya gunakan perjalanan solo touring yaitu dari jogja ke solo saat di jalan macet macet cepat banget pengapnya haha walaupun hjc sendiri mengklaim untuk sirkulasi udaranya udah bagus,tapi di perjalanan indonesia , jogja – solo nguap :v Kurang cocok kalau buat macet macetan haha.

Keamanan HJC RPHA 11

Untuk keamanannya menurut saya helm hjc ini udah mantab karena untuk shell helmnya sendiri terbuat dari P.I.M. (Premium Integrated Matrix) Construction. Nah apa itu P.I.M. Construction sendiri memiliki susunan material yang kurang lebih menggabungkan beberapa material diantaranya yaitu :

  1. Carbon Fiber,
  2. Aramid Fiber (Kevlar),
  3. Fiberglass Organik

Untuk material  Fiberglass Organik tentunya sudah di olah menggunakan teknologi yang tinggi sehingga menciptakan  shell helm yang kuat dan mampu menyerap benturan kuat dan memiliki bobot yang sangat ringan di bandingkan helm konvensional lainnya.

Helm diatas sudah bersertifikasi SNELL/DOT approved , helm ini tentunya sudah memenuhi standard keamanan untuk digunakan berknedara baik untuk harian ataupun untuk balapan di sirkuit.

Nah untuk keamanan yang terdapat pada helm HJC Ini lumayan cukup complete, karena biasanya helm premium atau helm balap sudah terdapat fitur fitur unggul diantaranya Double D Ring atau DD Ring pada bagian chinstrapnya , sehingga saat kepala di masukan di dalam helm dan helmpun akan terpasang /terkunci dengan sangat kuat dan kokoh di kepala kita dan ini akan menambah rasa aman dan nyaman saat digunakan berkendara selain itu juga pada visornya terdapat penguncian model klik.

Nah apa saja yang mas bro dapatkan jika membeli helm HJC RPHA 11 ini di dalam kardus…? kemaren waktu saya beli helm tersebut di dalam kerdus terdapat :

  • 2 Visor (dark dan cleaer)
  • Dilengkapi juga pinlock yang berfungsi untuk mengilangkan embun pada helm
  • Dilengkapi Tear Off juga
  • Buku Panduan
  • dll

Oiya ada tambahan untuk sistem penguncian visornya helm hjc rpha 11 ini menggunakan sistem klik dan agak susah saat membuka visornya misalnya saja saat teman atau pengendara lain ngajak ngobrol ,nah yang penasaran penampakannya bisa lihat pada gambar dibawah ini .

Gambar diatas itu adalah sistem penguncian yang terdapat pada hjc rpha 11 indy lorenzo dan versi hjc rpha 11 lainnya , helm diatas memang keren sih tapi susah waktu mau bukanya apa lagi jika memiliki tangan yang pendek hahaha.

Kekurangan Helm diatas menurut saya belum ada , maksudnya belum menemukan hehe , kalau untuk helm hjc rpha 10 yaitu lapisan kulit yang mudah mengelotok /mengelupas .Untuk helm hjc rpha 11 ini tentunya sudah diperbarui lagi dan bahan yang digunakan juga berbeda dengan versi sebelumnya.

Kesimpulan :

Helm diatas kalau disuruh menilai , saya kasih nilai 9/10 karena helm HJC RPHA 11 tersebut helm yang memiliki desain yang bagus, nyaman dan harga yang lumayan cukup murah :v murah mbahmu gundul hahah fitur komplet dan worth in buat riders. Overall sih menurut saya cukup Nyaman , aman , mahal :v cocok digunakan untuk harian, balapan atau hanya untuk kopdar sesama pengguna helm hjc atau merek lainya seperti arai,shoei dll . Semoga bermanfaat.

Review Helm HJC RPHA 11 Indy Lorenzo | sutopo | 4.5

Leave a Reply