Cara Mudah Memasang Kampas Kopling Motor Yang Benar

Modifikasi.co.id –┬á Bagi seorang mekanik mungkin cara memasang kampas kopling adalah pekerjaan yang mudah dan tentunya tidak kesulitan , beda lagi dengan orang awam yang baru saja mengenal dunia otomotif khususnya untuk teknik mesin motor ,untuk penggantian kompas kopling mungkin harus belajar terlebih dahulu agar bisa mengganti secara mandiri. Nah ketika motor yang kita miliki sudah lama digunakan pasti kampas kompling pada motor kita akan habis maka dari itu kita wajib menggantinya agar tarikan motor makin gesit lagi .Sebelum membahas mengenai cara mengganti kampas kompling mungkin anda bertanya tanya ,Apa akibat jika kampas kompling habis tapi tidak diganti ..? untuk menjawab pertanyaan tersebut sebaiknya anda baca ulasan saya dibawah ini

Penyebab Kampas Kopling Motor Habis

Pernahkah anda berfikir bahwa ada akibat pasti ada sebab yes hal itu juga berlaku untuk sepeda motor yang kita miliki , nah kira kira apa saja hal yang menjadi penyebab kampas kompling habis ..?

  1. jarak tempuh yang jauh , ini juga menjadi salah satu penyebab kendaraan menjadi /membuat kompas kompling cepat habis , jadi jika anda ingin mempunyai kampas kompling yang awet , maka jangan tujuan perjalanan dekat maka tidak usah menggunakan motor , lebih baik jalan kaki saja hehe ­čśÇ
  2. Setiap pengendara sepeda motor itu memiliki karakter berbeda beda , ada yang garang ada yang biasa dan ada yang lemah lembut ,nah kalau yang garang (kasar) biasanya cepet habis karena dalam melakukan perubahaan transmisi kasar(ngawur).

Dampak Kampas Kopling Habis

Berikut ini dari sekian banyak dampak yang dihasilkan jika kampas kompling habis atau dibiarkan saja tidak diganti diantaranya sebagai berikut ini :

  1. Akselerasi motor khususnya pada mesin menjadi lemah tidak maksimal lagi
  2. Sering terjadinya selip kompling
  3. Starter ringan atau orang biasa menyebut dengan ngelos
  4. Putaran pada mesin motor menjadi lebih tinggi.
  5. Perpindahan gigi perseneling menjadi susah
  6. Tenaga Mesin motor menjadi berkurang alias sudah tidak power full lagi\
  7. Sangat sering terjadi lepas kompling

Cara Memasang Kompas Kompling Mandiri.

kampas-kopling-kevlar

Setelah anda membaca tulisan saya diatas mengenai akibat yang yang ditimbulkan apa bila kampas kompling habis ,maka bisa anda bayangkan sendiri jika terjadi pada motor anda . Tentunya anda merasa terganggung bukan dan ingin menyelesaikanya untuk itu dibawah ini saya buatkan tulisan yang mungkin bisa bermanfaat dan bisa anda jadikan referensi untuk melakukan dan mempraktekan cara mengganti kampas kopling motor sendiri .

  1. Langkah pertama yang harus anda kerjakan adalah dengan mengeluarkan oli pada mesin motor anda ,biasanya untuk tutup baut pembuka ada dibagian bawah mesin motor.
  2. Setelah oli pada mesin terkurang habis alias kosoing , anda bisa lepaskan terlebih dahulu kick starter (orang biasanya menyebut dengan engkol) dan bak kompling
  3. Untuk melepas bak kompling sangat mudah , biasanya cukup melepas baut pengikatnya ( biasanya memiliki jumlah baik sekitar 4-6 tergantung motor juga sih hehe :D)
  4. Setelah terlepas ,maka rangkaian yang terdiri dari pegas , mangkut penekan plat penekan dan juga kampas kopling yang sudah terurai.
  5. Lalu anda bisa coba untuk lepaskan buat pengikatnya dengan benar yaitu dengan cara mengendurkan buat baut secara merata atau dengan kata lain tidak dilepas satu persatu. Hal ini dikarenakan jika anda melakukan kesalahan misalnya melepas baut persatu ,maka besar kemungkinan baut akan dol
  6. Nah setelah terbuka , sekarang anda bisa mengganti kampas kompling tersebut yaitu ganti kampas kopling yang lama dengan menggunakan kompas kompling yang baru .
  7. Setelah itu anda bisa coba pasang kembali bak kopling dan kick starter

Fungsi kampas kopling

kampas kompling terbaru

Nah kampas kopling sendiri memiliki fungsi yang perlu kita ketahui yaitu untuk memutus dan menghubungkan antara mesin dengan transmisi saat melakukan perpindahan gigi.

Baca Juga Artikel Lainnya :

Fly wheel atau roda gila meneruskan sekaligus menyimpan energi dari Crank Saft (kruk as) mesin saat mesin hidup (berputar), Plat kopling menjadi satu-satunya perantara tenaga mesin dengan Porseneleng kita yang akhirnya tenaga ini akan diteruskan ke Roda. Sedangkan Dekrup bekerja sebagai pengatur kapan tenaga mesin diteruskan dan kapan tenaga mesin tidak diteruskan, hal ini dilakukan oleh kaki kita saat menginjak atau melepas pedal kopling melalui perantara Drek lahar.

Catatan : Dekrup di ikat dengan 6 (biasanya) baut terhadap fly wheel. plat kopling menjadi pengisi bagian tengah antara fly wheel dengan dekrup. Pada bagian tengah plat kopling terdapat lubang bergigi yang akan masuk kedalam As blender sebagai penerus tenaga dari plat kopling ke Gearbox porseneleng.

Cara Mudah Memasang Kampas Kopling Motor Yang Benar | sutopo | 4.5

Leave a Reply