Kapan Saatnya Mengganti Oli Mesin Motor Sendiri

Modifikasi.co.id – Merawat sepeda motor memang hal yang sangat harus di perhatikan agar kendaraan motor yang kita miliki bisa memiliki usia yang panjang, awet , tahan lama dan tentunya selalu tetap prima saat di geber. Bagi anda yang memiliki kendaraan sepeda motor mungkin ingin bertahan lama maka rajin rajinlah untuk mengganti oli, lalu kapan waktu yang pass dan tepat untuk pergantian oli pada sepeda motor misalnya ganti oli motor tiap berapa km..? Untuk itu yuk simak ulasan saya dibawah ini :

Perawatan pada mesin motor sebenarnya ada banyak sekali salah satunya yaitu dengan rajin dalam pergantian oli pada motor karena didalam mesin motor ada berbagai macam komponen yang bekerja untuk menghasilkan tenaga sehingga motor tersebut dapat berjalan dengan sangat baik saat gas motor mulai di betot.

Motor Vixion Habis Ganti Oli

Motor Vixion Habis Ganti Oli

Siapa sih yang tidak kenal dengan oli , ya oli pada motor adalah salah satu komponen yang berfungsi untuk melindungi komponen komponen yang bekerja dari proses gesekan yang terjadi di dalam mesin. Pada semua motor pasti terdapat oli motor untuk itu agar mesin motor tetap awet dan tidak mudah rusak anda perlu mengganti oli motor secara rutin agar semua komponen di dalam mesin tidak mudah aus. Mungkin anda sudah penasaran bukan kapan waktu atau saat yang tepat untuk mangganti oli motor yang benar…?

Dalam mengganti oli motor ada hal yang perlu diperhatikan adalah jarak tempuh motor anda. Pada dasarnya untuk petunjuk pemakaian biasanya 1500/km-4000/km . Untuk jarak tempuh 200-500km sebaiknya anda mengganti oli setiap 1,5 bulan . Apa bila jarak yang anda tempuh diatas 500 km per bulannya maka syarat ganti oli yaitu setiap sebulan sekali .Berbeda lagi jika jarak tempuh yang terlalu jauh hingga 200 km / hari sebaiknya anda mwengganti oli motor setiap dua minggu sekali atau setiap 1200 km.
Atau untuk lebih lengkapnya anda bisa baca di buku panduan setiap pembelian motor baru,biasanya buku panduan ini lengkap yang berisi informasi mengenai sepeda motor yang anda miliki atau yang anda beli di dealer tempat anda tinggal.
Jika memang ingin memberikan kualitas yang terbaik dan juga agar motor tetap tahan lama dan awet sebaiknya anda menggunakan oli yang berkualitas tinggi dengan spesifikasi yang pass dengan motor anda. Perhatikan juga dalam pemilihan oli misal kode SAEnya dan API servicenya. Baca Tips Jitu Memilih Oli Motor dan Mobil Yang Benar

Untuk keamanan anda bisa gunakan oli bawaan pabrikan motor tersebut misal untuk motor merek yamaha bisa menggunakan yamalube , atau untuk merek motor honda bisa menggunakan ahm oil tapi jika ingin yang lebih baik tentunya bisa menggunakan merek merek yang terkenal seperti motul oil, shell advanced dan lain sebagainya. Dalam memilih oli dan merek usahakan gunakan secara konsisten misal ingin menggunakan yamalube maka gunakan yamalube terus jika ingin berganti ke oli shell maka bisa gunakan oli merek shell terus tujuanya tidak lain agar mesin motor anda tetap awet dan bisa tahan lama.

Nah bagaimana menurut anda mengenai informasi diatas , monggo yang pengen coret coret silahkan komen dikotak komentar dibawah ini .

Demikian informasi yang membahas mengenai Kapan Saatnya Mengganti Oli Mesin Motor Sendiri ,semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung di www.modifikasi.co.id 

Kapan Saatnya Mengganti Oli Mesin Motor Sendiri | sutopo | 4.5

Leave a Reply