5 Tips Ampuh Agar Mesin Motor Vixion Tetap Awet dan Tahan Lama

Modifikasi.co.id – Dari banyak pengalaman pengendara motor ┬áyang lain apapun motornya apapun mereknya cocoknya teh botol sosro…! Lho kok iso hehe ­čśÇ yo iso lah ixixix ­čśÇ #becanda.
Sebenarnya apapun merek motornya itu tergantung siapa orang yang menggunakanya , kalau bahasa bikersnya sih karakter penggunanya. Karakter Pengguna sepeda motor ada banyak sekali , ada yang ngawor, ada yang geber sana geber sini , ada yang normal, ada yang lambat , dan lain sebagainya kalau saya sendiri fleksibel hehe ­čśÇ misal tiba tiba ada motor nyalip yowes ┬álangsung pancal gigi motor (dikurangi) langsung tarik gas ajak balapan hehe ­čśÇ , tapi kalau pass kondisi normal ya bisa juga alias pelan pelan..

Jpeg

Jpeg

Motor yang digunakan biasa biasa saja biasanya akan awet tahan lama apa lagi untuk perawatanya rajin setiap bulan Mesin motor yang baik sebenarnya bisa dilihat dari ciri ciri saat digunakan di jalan raya yaitu saat dinaiki terasa nyaman baik digunakan saat kecepatan motor rendah ataupun sebaliknya saat motor digunakan dengan kecepatan tinggi . Untuk kondisi motor yang normal biasanya saat kita mengendarai sepeda motor maka tidak terdengar suara-suara aneh di dalam mesin motor kemudian selain itu tidak ada asap pada pembuangan gas pada motor (knalpot) atau bahasa gaulnya (tidak ada asap mengepul) . Dibawah ini saya ingin sharing informasi yang saya ambil dari banyak referensi dan juga dari berbagai pengalaman pengguna motor yang lain agar mesin motor anda awet tahan lama.

  1. Ganti Oli Motor Kamu Secara Rutin
    Umumnya oli mesin motor yang biasa kita beli maka akan tertera untuk pemakaian 1500/km ÔÇô 4000/km. Sedangkan untuk pemakaian┬á4000/km biasanya oli tersebut memiliki harga yang lumayan cukup mahal, Untuk motor merek honda dan oli yang digunakan yaitu ahm oil , pabrikan tersebut merekomendasikan untuk mengganti oli setiap 4000/km. Yang perlu di ingat bahwa jangan menunggu sampai Km-nya 2000/4000km, gantilah oli mesin motor anda setiap perpriode tergantung jarak tempuh motor yang anda gunakan setiap harinya , untuk lebih memahami mungkin kita perlu mengambil contoh misalnya untuk oli yang 2000/km.

    • Bila motor yang kita kendarai setiap harinya selalu menempuh dengan jarak 200 Km biasanya pekerjaan yang dilakukan untuk kurir,maka kita harus menggantinya setiap 2 minggu sekali kenapa harus 2 minggu sekali .?why why hehe ­čśÇ alasanya yaitu apa bila kita asumsikan misalnya 200/km x 6 hari kerja (seminggu ) ┬á= ┬ámaka kalau di total sudah 1200/KM. Kemudian Muncul tiba tiba muncul sebuah pertanyaan kan belum 2000/km mas…?? Yups bener banget , perlu di inget mas bro sekalian , bahwa semakin mesin motor kita menyala secara terus-menerus maka dapat di pastikan bahwa oli yang ada di dalam akan semakin┬áencer dan menghitam , bila oli motor kita sudah mulai encer dan menghitam maka kualitas pada oli sudah jelek dan kurang baik pada mesin motor.
    • Terus bagaimana dengan jarak pendek ataupun menengah?? ┬ánah apabila jarak pendek yang ditempuh misalnya untuk setiap bulannya 200/km-500/km, kalau dari pengalaman pengendara yang lain merekomendasikan untuk mengganti oli yaitu 1,5 bulan/sekali. sedangkan untuk jarak tempuh menengah yaitu antara 501/km sampai 200/km maka harus melakukan pergantian oli minimal┬á1 bulan sekali .
    • Kemudian ada pertanyaan lagi , bagaimana dengan oli yang baru di isi kedalam mesin motor tapi tiba tiba motor terendam banjir …? dan mesin motor masih bisa di jalankan?? dari pengalaman yang sudah sudah maka anda bisa segera untuk┬ámenganti oli motor tersebut secepat mungkin.
  2. Lakukan Service Motor  Kamu Secara Rutin
    Untuk service motor secara mandiri yang bisa anda lakukan adalah dengan melakukan service secara berkala misalnya saja seperti penggantian oli ,melakukan check rantai motor , untuk melihat lebih detailnya mungkin bisa lihat dibawah ini :

    • Apabila jarak tempuh motor anda dalam sebulannya kira kira antara 2000/km sampai dengan 4000/km/ perblan maka anda bisa melakukan service setiap 2 bulan sekali, untuk service bisa langsung ke bengkel favorite anda atau langsung ke bengkel resmi pabrikan motor misal yamaha , honda dan lain sebagainya.
    • Apabila motor digunakan untuk jarak pendek dan juga jarak tempuh menengah maka lakukanlah service motor secara berkala setiap 3 bulan sekali, lakukanlah service motor secara bersamaan dengan penggantian oli pada sepeda motor anda.
    • Service motor diatas itu sudah termasuk pengecekkan kesemua onderdil pada motor anda misalnnya saja mulai dari kelistrikan motor, busi, rantai, ban motor, karburator, filter udara, konfirgurasi karburator, dan penyetelan lainnya yang biasa dilakukan oleh mekanik motor pada bengkel resmi motor
  3. Gunakan SparePart Yang Asli dan Berkualitas
    Agar motor awet tentunya gunakanlah sparepart yang asli ,karena walaupun memiliki harga yang lebih mahal dari pada yang kw atau yang biasa tentunya kualitas spartpart asli tersebut sudah tidak diragukan terutama yang berhubungan dengan mesin motor.
  4. Panaskan Mesin Motor Sebelum di Jalankan
    Kebanyakan pengendara sepeda motor yang kurang membaca , banyak sekali lupa memanaskan sepeda motornya mungkin disebabkan karena saking terburu burunya untuk menuju tujuan atau kepentingan yang lain .Sebelum menggunakan motor alangkah baiknya kita terlebih dahulu untuk selalu memanaskan mesin pada kendaraan kita , untuk waktu yang dibutuhkan tidak usah lama lama kira kira hanya membutuhkan waktu sekitar 5 ÔÇô 10 menit. Perlu di ingat jangan melakukan Starter bila keadaan mesin pada sepeda motor masih dingin atau pertama kalinya dihidupkan terutama pada pagi hari,anda bisa panaskan dengan cara melakukan pedal/kick starter sebelum mesin motor di hidupkan. Pada cuaca yang sangat dingin, maka motor tersebut khususnya untuk bahan bakar akan mengental dan meningkatkan viscositas. Hal ini tentunya┬ádapat mempersulit pemompa bahan bakar untuk menyalurkan bahan bakar tersebut ke dalam silinder dalam waktu yang efektif, bukan itu saja tetapi juga ternyata dapat mempengaruhi komponen pada mesin maupun kelistrikan pada aki motor,nah loh makanya jangan memanaskan motor pagi hari dengan menggunakan starter lebih baik gunakan kick starter.
  5. Gunakanlah Bahan Bakar yang Berkualitas
    Tips ampuh yang terakhir tentunya sahabat pembaca setia modifikasi.co.id sudah mengetahuinya yaitu selalu gunakan bahan bakar yang sangat berkualitas untuk kendaraan sepeda motor yang kita miliki .Untuk bahan bakar sendiri bisa menggunakan jenis premium atau pertamax , untuk pembakaran yang sempurna tentunya pertamax rajanya untuk yang biasa anda bisa gunakan bahan bakar premium (bensin) untuk yang biasa orang gunakan untuk menjalankan motornya.

Nah itulah 5 tips ampuh cara agar motor awet dan tahan lama, bagi yang ingin berkomentar monggo saya persilahkan untuk mengisi kotak komentar.

Demikian informasi yang membahas mengenai Tips Ampuh Agar Mesin Motor Vixion Tetap Awet dan Tahan Lama, semoga informasi diatas bisa bermanfaat buat kita semuanya, terima kasih sudah setia mengunjungi www.modifikasi.co.id  jangan lupa untuk bagikan melalui facebook,twitter dan google + share anda sangat membantu sekali ^_^ sampai juga di postingan berikutnya. #CMiiw

5 Tips Ampuh Agar Mesin Motor Vixion Tetap Awet dan Tahan Lama | sutopo | 4.5

Leave a Reply