Pengertian Road Race dan Semua Hal Tentang Balapan Motor

Modifikasi.co.id – Road Race Racing atau orang biasa menyebut dengan istilah balapan yang asal muasalnya adalah dari balapan motor yang di lombakan di jalan umum. misalnya saja seperti lintasan Isle of Man TT (tourist trophy)kemudian ada Grand Prix macau dan ada beberapa lagi lintasan lreland. Karena fasilitas yang ada di jalan umum membayakan rider seperti jalan/jalur yang sempit , trotoar jalan, dan tembok tembok dan umumnya balapan sekarang ini sudah di pindahkan ke lintasan lintasan yang dibangun khusus untuk balapan untuk ajang Road Race.

Pengertian Road Race Indonesia

Jadi dapat disimpulkan bahwa road race adalah kejuaraan balap sepeda motor yang dilakukan dengan kecepatan yang sangat tinggi didalam lintasan jalan aspal yang di pacu dengan mengelilingi sirkuit sesuai yang di perlombakan , dimana balapan ini dilakukan secara serentak bersama sama.

Balap Indoprix

 

Kategori Pembalap

Di negara kita ini yaitu indonesia para pembalap road race dibagi menjadi 3 (tiga) kategori diantaranya yaitu sebagai berikut ini :

  1. Seeded maksudnya adalah tingkat terpayah di ajang balap  Road Race)
  2. Pemula A yaitu Tingkat menengah di ajang Road Race
  3. Pemula B  adalah Tingkat terhebat di ajang balapan motor Road Race
Perlu di ketahui bahwa daftar pembalap untuk masing-masing kategori diatas yaitu ditentukan dan juga dikeluarkan oleh PP. IMI . IMI adalah kepanjangan dari Ikatan Motor Indonesia.
Daftar tersebut harus menjadi pedoman untuk menentukan kelas/nomor lomba yang diijinkan untuk diikuti oleh seorang Pembalap.
Berikut ini adalah kelas/nomor lomba yang bisa anda lihat sebagai berikut :
KATEGORI SEEDED PEMULA A PEMULA B
KELAS
MP 1 YA TIDAK TIDAK
MP 2 YA TIDAK TIDAK
MP 3 TIDAK YA YA
MP 4 TIDAK YA YA
MP 5 TIDAK TIDAK YA
MP 6 YA YA YA
CATATAN :
  1. Setiap pembalap apapun kategorinya, hanya diijinkan untuk mengikuti sebanyak-banyaknya 3 (tiga) kelas termasuk kelas/nomor pendukung yang diperuntukkan bagi kategori pembalap yang bersangkutan.
  2. Pembalap yang diperbolehkan mengikuti lomba (start) kelas-kelas yang dilaksanakan di sirkuit permanen adalah mereka yang catatan waktu terbaiknya dalam latihan kualifikasi (QTT), tidak melampaui batas yang ditentukan yaitu 110% dari catatan waktu terbaik pembalap yang yercepat.
  3. Lomba kelas-kelas Seeded dilaksanakan dengan sistem poin (lihat pasal 11.1)
  4. Apabila peserta kelas ini cukup banyak maka digunakan sistem campuran (lihat pasal 11.2)
  5. Setiap pembalap hanya diijinkan mendaftar satu kali di kelas yang sama.

Kelas Kelas Utama

Dalam ajang road race tentunya di bagi menjadi beberap kelas, nah untuk kelas-kelas utama yang dilombakan untuk Kejuaraan Balap Motor di Indonesia atau disebut juga MOTORPRIX INDONESIA bisa anda lihat dibawah ini :
  1. Kelas Motor Bebek yang menggunakan mesin 110 cc 4 Langkah Tune up Seeded, disingkat dengan istilah : MP 1
  2. Kelas Motor Bebek yang menggunakan mesin kapasitas 125 cc 4 Langkah Tune up Seeded, disingkat istilah : MP 2
  3. Kelas Motor bebek yang menggunakan mesin kapasitas 110 cc 4 Langkah Tune up Pemula A, disingkat dengan istilah  : MP 3
  4. Kelas Motor Bebek yang menggunakan mesin kapasitas 125 cc 4 Langkah Tune up Pemula A, disingkat dengan istilah : MP 4
  5. Kelas Motor Bebek yang menggunakan mesin kapasitas 110 cc 4 Langkah Standar Pemula B, disingkat dengan istilah : MP 5
  6. Sedangkan untuk Kelas Stock Sport yang menggunakan mesin 600 cc Terbuka, disingkat dengan istilah : MP 6
Adapun kelas-kelas lainnya – termasuk One Make Race – merupakan Kelas Pendukung (Supporting Class).

Lintasan dan Sirkuit

Berikut ini adalah informasi mengenai lintasan dan juga sirkuit yang digunakan dalam ajang road race langsung saja yuk simak dibawah ini :

  1. Untuk panjang lintasan sirkuit yang digunakan minimal 1,2 Km (1 putaran)
  2. Untuk Lebar jalan sendiri kurang lebih minimum 6 meter
  3. Jalur lurus harus dipisah dengan ban atau karung dengan tinggi 60 cm.
  4. Pengaman jalur tikungan dengan ban atau karung dengan tinggi 75 cm.
  5. Lintasan lurus tidak lebih dari 400 meter dihitung dari r/corner/tikungan terakhir sebelum lintasan lurus sampai dengan tikungan berikut setelah lintasan lurus tersebut.
  6. Jarak tempuh lomba Kelas-kelas Utama :
    1. Kelas – kelas Utama :
      • Babak Penyisihan dan Semi Final : 10 km.
      • Babak Final /Race 1 dan 2 : 20 km.
    2. Super Sport 600 cc:
      Sama dengan jumlah lap pada Kejuaraan Asia.
  7. Jarak tempuh lomba dapat ditoleransi sebesar 5% up.   

Hadiah dan Trofi.

Untuk anda yang menang dalam ajang balap road race ini tentuny anda akan mendapatan hadiah dan juga troofi sebagai pembalap yang handal dan jago di lintasan aspal.
Untuk Trofi diberikan kepada sekurang-kurangnya 5 (lima) orang Pembalap yang menduduki peringkat 1 s/d 5 sedangkan untuk hadiah uang bisa anda lihat dibawah ini :    
Hadiah Uang.
Besarnya hadiah uang yang akan di dapatkan dan juga akan diserahkan kepada para pemenang lomba ajang balap motor road race.Para pemenang Kejuaraan Utama ditentukan oleh PP. IMI (Ikatan Motor Indonesia).
Untuk melihat daftar hadiah uang yang diberikan untuk tiap pemenang kelas utama Kejuaraan Balap Motor tersebut bisa anda lihat pada table dibawah ini :

Hadiah untuk kelas-kelas PEMULA A dan B :

Juara I : Rp. 1.500.000,-
Juara II : Rp. 1.000.000,-
Juara III : Rp. 800.000,-
Juara IV : Rp. 700.000,-
Juara V : Rp. 500.000,-

Hadiah untuk Kelas-kelas SEEDED :

Juara I : Rp. 2.000.000,-
Juara II : Rp. 1.300.000,-
Juara III : Rp. 1.000.000,-
Juara IV : Rp. 800.000,-
Juara V : Rp. 600.000,-
Hadiah uang pada table diatas bisa dibagikan dengan ketentuan sebagai berikut ini :
  1. Keseluruh hadiah uang pada table diatas bisa anda bagikan jika jumlah pembalap yang mengikuti road race kelas tersebut sekurang kurangnya terdapat sekitar  10 orang
  2. Jika jumlah pembalap dalam ajang road race tersebut terdapat 5 orang atau lebih tetapi kurang dari 10 orang misalnya 8 0rang atau 7 orang maka hadiah uang tersebut hanya diberikan kepada yang mendapatakan juara I sampai dengan III selanjutnya untuk juara IV dan V hanya mendapatkan trofinya saja

Bagaimana..? sudah paham belum tentang balapan road race yang ada di indonesia ..! data diatas saya kutip dari berbagai referensi salah satunya imi.co.id

Demikian informasi yang membahas mengenai Semua Hal Tentang Balapan Motor,semoga informasi diatas bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung di www.modifikasi.co.id jangan lupa untuk bagikan melalui sosial media dan sampai ketemu di postingan selanjutnya.

Pengertian Road Race dan Semua Hal Tentang Balapan Motor | sutopo | 4.5

Leave a Reply