6 Tips Ampuh Memilih Helm Motor Yang Baik dan Awet

Modifikasi.co.id –  Memiliki helm yang pass di kepala dan juga aman untuk digunakan adalah dambaan semua orang apa lagi sudah SNI dan memiliki harga yang cukup terjangkau.
Helm bagi pengendara sepeda motor adalah benda yang sangat berharga yang wajib untuk digunakan saat perjalanan jarak jauh atau dekat.

Sebenarnya ada berbagai macam alasan mengapa pengendara sepeda motor harus menggunakan helm, salah satunya yaitu karena khawatir ditilang polisi saat berada di lalu lintas ,ada juga karena ingin selamat di jalanan,bahkan yang lebih miris yaitu helm sudah jelek masih saja tetep digunakan pengalaman ini pernah saya lihat waktu perjalanan di jogjakarta.

Berikut ini alasan kenapa kita harus menggunakan helm dan pelindung lainya agar lebih safety saat mengendarai sepeda motor.

Kecelakaan Motor

Kalau sudah seperti gambar diatas apa yang akan anda pikirkan , nah mulai sekarang coba sadarlah ..! untuk menggunakan perlengkapan yang lebih aman seperti helm,jaket motor, protektor siku dan kaki.

Selain yang saya sebutkan diatas ada banyak sekali alasan lain , misalnya saja pengendara sepeda motor menggunakan helm karena ingin tampil beda yaitu sebagai hiasan helm yang terlihat lebih menarik dengan beragam warna motif dan sebagainya. Hal yang terpenting dalam memilih helm sebenarnya yaitu kualitas keamanannya dan nyaman untuk digunakan dan jika hal tersebut sudah memenuhi maka selanjutnya baru ke sisi tampilan agar lebih sporty gan bergaya.

Helm motor sebagai alat pengaman pada bagian kepala memeng harus dipakai saat berkendara di jalanan. Piranti pelindung kepala ini snagat penting , saya ulang lagi sangat penting karena kecelakaan yang akan terjadi dijalan tidak ada yang tahu dan hal ini tentunya untuk mencegah dari hal hal yang tidak diinginkan.
Jangan menggunakan helm sembarangan , misalnya helm yang memiliki ukuran kecil atau kebesaran atau tidak SNI. Menggunakan helm yang kecil tentunya akan menggangu perjalanan kenyamanan anda, aliran darah ke leher dan kepala juga tidak menjadi lancar. Jika sudah tidak lancar tentunya akan menyebabkan sakit kepala dan menggangu pandangan mata.

Sedangkan untuk helm yang memiliki ukuran kebesaran juga akan menggangu kenyamanan anda saat berkendara selain itu helm yang besar juga cukup berat untuk digunakan. Hal ini membuat pengendara sepeda motor akan menyebabkan kehilangan keseimbangan karena bebang helm di kepala yang terlalu berat.
Untuk memilih helm yan baik dan cocok untuk digunakan selain nyaman maka anda perlu memperhatikan beberapa hal dibawah ini saat memilih helm ,langsung saja simak dibawah ini :

  1. Memiliki Bentuk Helm yang memenuhi standard keamanan.
    Hel yang baik dan bagus adalah helm yang memiliki bentuk yang sudah memenuhi standard keamanan. Saat anda memilih helm carilah bahan yang terbuat dari lapisan cangkang luar yang membungkus seluruh kepa (full face) dan juga menyisakan ruang yang cukup untuk memandang ke depam (half face) pastikan juga helm yang anda beli memiliki bahan cangkang yang cukup tebal agar tahan terhadap benturan saat jatuh.
  2. Jangan Memilih helm yang longgar dan sempit.
    Hindari juga pemilihan helm yang longgar atau sempit saat digunakan karena tidak memberikan manfaat yang ada akan memberikan rasa tidak nyaman. Menggunakan helm yang sempit juga bisa menyebabkan rasa sakit kepala (pusing) , dan sesak nafas.
  3. Helm yang memiliki berat yang cukup
    Kenyamanan saat menggunakan helm adalah hal yang paling utama khususnya untuk berat helm , anda bisa membeli helm yang memiliki berat yang ringan alias tidak terlalu berat dan juga tidak terlalu ringan pada intinya belilah helm yang tidak membebani kepala anda saat menggunakanya.
  4. Visor Helm yang tidak terlalu gelap
    Pastikan juga saat membeli helm perhatikan mika helm yang terpasang apakah terang saat memandang apa butek (labur) , kalau bisa beli lah helm yang memiliki mika bening dan tidak mempunyai efek cembung saat digunakan agar tidak mudah cepat pusing dan mengurangi jarak pandang mata.
  5. Periksa Sertifikasi Helm
    Sekarang ini banyak sekali helm yang menawarkan dengan berbagai macam fasilitas,fitur keamanan juga disematkan pada helm . Saat membeli helm gunakan yang sudah memenuhi standard keamanan yaitu yang ada merek dan simbol SNI atau kepanjangan dari standar Nasional Indonesia
  6. Helm yang memiliki fitur atau fasilitas lengkap
    Anda bisa mencari helm yang mempunyai fitur lengkap misalnya saja helm yang ada beli terdapat ventilasi udara,buka tutup kaca yang mudah dan lain sebagainya

Bagaimana dengan tips diatas…? apakah sudah anda praktekan , kalau saya sendiri urusan helm masih tetep menggunakan bawaan pabrikan motor hehe 😀 berikut ini penampakanya

Helm Motor Vixion terbaikBagaimana dengan helm yang anda gunakan…? Monggo coret coretnya di kotak komentar hehe …

OK mungkin sampai disini dulu sharing saya nantikan postingan selanjutnya terima kasih sudah berkunjung di www.modifikasi.co.id , jangan lupa kunjungi terus ya ^_^

 

6 Tips Ampuh Memilih Helm Motor Yang Baik dan Awet | sutopo | 4.5

Leave a Reply