Tips dan Persiapan Penting Sebelum Touring Motor Jarak Jauh

Modifikasi.co.id – Touring adalah bahasa kerennya dari melakukan perjalanan jarak jauh. Touring sendiri bagi saya sangat menyenangkan karena kita bisa fun dan senang melihat pemandangan yang ada di perjalanan untuk menuju ke suatu tempat. Agar perjalanan touring anda bisa di raih dengan fun dan maksimal maka ada beberapa hal penting yang harus anda perhatikan , hal ini tentunya agar mendapatkan kenyamanan berkendara yang joss.

Yang pertama anda harus memperhatikan 3 hal ini dalam diri anda apa saja hal tersebut…?

  • Kondisi sehat jasmani,
  • sehat rohani,
  • sehat finansial

3 hal diatas tentunya harus ada pada diri anda hehe 😀 jika salah satu tidak terpenuhi maka perjalanan touring anda akan berbahaya ,lha gimana gak berbahaya misalnya saja anda kurang sehat finansial …? gak punya uang, mau touring dari jogja ke bandung kan report untuk beli bensin dan bekal lainya hehe 😀 jadi 3 hal tersebut sangat penting.

Kemudian selanjutnya anda bisa tentukan destinasi atau rute yang akan dilalui, serta waktu yang tepat saat keberangkatan touring yang di tuju. Jika destinasi yang anda tuju sudah familiar selanjutnya anda tinggal mempersiapkan persiapan yang dibutuhkan , tapi apa bila destinasi yang anda tuju baru pertama kalinya maka yang harus anda lakukan adalah survey tempat dengan bantuan google maps untuk rute perjalanan yang akan anda lalui , dan juga mungkin foto foto kondisi lokasi destinasi yang akan dilalui , sebagai contoh dibawah ini saya akan mensimulasikan lokasi  start perjalan (jogjakarta) yang ingin pergi touring  ke jakarta finish, perjalanan ini saya lakukan untuk pertama kalinya.Touring Jakarta

 

Anda bisa lihat pada gambar maps diatas, kota kota apa saja yang dilalui dengan begitu anda tidak akan tersesat atau paling mudah hidupkan hp android anda ,lalu install aplikasi google maps.

Jika destinasi dan rute yang dilalui dirasa sudah OK selanjutnya anda tinggal mempersiapkan riders (pengendara ) dan juga boncenger nah berikut ini kesiapan pengendara yang harus ada.

  1. Cek helm yang sudah standard SNI ( aman dan nyaman digunakan )
  2. Jaket motor yang pass, agak tebal
  3. Glove/sarung tangan , cari dan gunakan untuk mengendarai motor agar lebih safety.
  4. Sepatu / boots
  5. protector bagian kaki dan siku (optional)
  6. sun glases (optional)
  7. Perangkat gps jika perlu(atau bisa menggunakan fasilitas di android) , & kamera (apa bila ada pemandangan bagus anda bisa langsung jepret hehe )

Jika semua persiapan untuk rider / pengendara sudah diatas ready  ,nek bahasaku wes di “cepak ke”
maka langkah selanjutnya anda tinggal mempersiapakan kendaraan yang akan dibawah untuk pergi touring , nah apa saja persiapan yang harus di check untuk motor yang akan digunakan untuk touring…?

  1. Anda bis cek semua indikator on speedometer ,usahakan normal semuanya.
  2. Cek Kondisi bahan bakar (bensin) ,tips dari saya untuk bahan bakar ini cuba anda beli sebelum hari h keberengkatan sehingga jika diputuskan berangkat pagi buta maka sudah siap tinggal berangkat aja tidak perlu ngepomm dulu hehe :D. Apa lagi jika tepat destinasi tidak ada SPBU favorite kan ngak ada semangatnya hehe 😀
  3. Cek kondisi oli mesin pada motor, apakah masih bagus untuk digunakan atau olinya habis..? jika habis anda bisa tambahkan atau ganti dengan yang baru.
  4. Jangan lupa juga untuk ganti dan cek cairan pendingin mesin (radiator)
  5. Cek juga lampu utama ( headlamp/lampu bagian depan) , sein bagian depan belakang,lampu rem apakah sudah menyala dengan normal …? jika tidak normal anda bisa perbaiki terlebih dahulu.
  6. Cek Horn apa bila horn konslet anda bisa perbaiki tapi jika aman aman saja anda bisa skip.
  7. Cek juga kondisi tekanan angin pada ban motor,jika habis anda bisa tambahkan tentunya.Nah jika perlu di tambah anda bisa lakukan pengisian sebelum hari h saat keberangkatan ,jadi saat anda mulai berkendara tidak perlu lagi mengisi angin ban apa lagi sama boncenger kan ntar repot.
  8. Cek juga kondisi kerenggangan pada rantai motor, jika diperlukan anda bisa setel agar pass dan tambahkan juga pelumas anda bisa baca postingan mengenai cara perawatan rantai motor.

Selain yang sudah saya sebutkan diatas tentunya ada yang lebih penting adalah jangan lupa berdo’a sebelum touring ,minta do’a restu orang tua agar lebih barokah agar perjalanan anda benar benar nyaman ,aman selamat sampai tujuan.
Setelah touring tentunya kita bisa berkumpul bersama keluarga seperti awal mula, sehat wal afiat semua, berbahagia, dan semakin tambah sukses untuk ke depannya dengan selalu memperbaiki diri setiap waktunya ,kalau sukses kan bisa melakukan touring lagi ,sukses jasmani, rohani dan finansial hehe 😀
Ok mungkin sampai disini dulu informasi yang bisa saya bagikan untuk anda , sampai ketemu di postingan selanjutnya.OK salam dari pecinta NVL sejati Geber dulu brohh…!

Tips dan Persiapan Penting Sebelum Touring Motor Jarak Jauh | sutopo | 4.5

Leave a Reply