Tips Merawat dan Cara Service Sepeda Motor 4 Tak Sendiri

Modifikasi.co.id – Bagi anda yang memiliki motor 4 tak dan setiap bulanya atau 3 bulan sekali selalu melakukan perawatan motor ke bengkel karena anda tidak bisa men service motor sendiri maka anda wajib membaca tulisan saya dibawah ini ,berikut ini saya ingin sajikan informasi bagaimana cara merawat motor agar tetep awet dan selanjutnya adalah bagaimana cara service motor sendiri ,tanpa berlama lama langsung saja cek postingan saya dibawah ini :

Sebelum saya menulis penjelasan detailnya disini saya akan sedikit memberikan gambaran mengenai motor yang jarang dirawat atau di service.Coba anda bayangkan sendiri jika anda memiliki motor tapi jarang dirawat atau jarang di service ibaratnya seperti ada seorang manusia yang jarang mandi ,meliki bau tak sedap ,tampilan kumuh serta gak enak kalau dekat dekat dengan orang tersebut. Nah bayangkan jika hal tersebut terdapat pada motor anda, maka apa yang terjadi jika motor jarang dirawat atau diservice ….?  tentu saja Motor Tersebut tidak akan nyaman untuk di kendarai baik untuk perjalanan jarak jauh atau dekat.

Merawat Motor Balap

Ok untuk berikut ini saya ingin bagikan beberapa tips bagaimana cara merawat sepeda motor agar awet dan juga memiliki kenyamanan berkendara yang maksimal.

Tips merawat sepeda motor :

Berikut ini beberapa tips mengenai cara merawat motor yang bisa anda coba dirumah ,lakukan selalu dan ulangi sampai anda benar benar paham.

  • Untuk yang pertama coba anda periksa bagian rantai motor ,apakah sudah kendor atau masih kencang , jika rantai motor anda kendor anda bisa coba kencangkan dengan jarak bebas 20-30 mm.Perlu di ketahui  bahwa memerika rentai motor juga sangat penting agar perjalanan anda lancar dan maksimal.
  • Selanjutnya coba anda periksa tekanan angin yang terdapat pada ban motor anda ,kenapa harus selalu check tekanan ban motor , tujuanya yaitu untuk mencegah terjadinya kebocoran,selain itu juga  agar masa umur ban lebih awet serta penggunaan pemakaian bahan bakar yang lebih irit karena motor tidak terlalu banyak mengeluarkan tenaga
  • Setelah tekanan angin pada ban sudah anda check  dan tidak ada masalah selanjutnya anda bisa coba periksa bagian rem, jika minyak yang terdapat pada rem di bawah batas minimal ( type cakram ) anda bisa coba dengan mengisi dengan minyak rem sesuai standartnya yang digunakan , jika anda tidak bisa cara mengisinya anda bisa coba baca artikel saya yang membahas mengenai Cara Memasang Oli Rem CakramAnda bisa isi sampai batas maksimal.
  • Jika pada bagian rem sudah beres coba anda periksa untuk ketinggian oli mesin, oya perlu anda ketahui jangan sampai oli mesin sampai kehabisan,Jika oli mesin sampai kahabisan maka akan menyebabkan mesin menjadi rusak . Untuk itu anda bisa segera check dan periksa ketinggian oli mesin , kalau di batas minimal anda bisa segera mengisi oli yang sama dengan sebelumnya .Jika habis anda bisa menguras dan mengisi kembali sampai batas maksimal jangan kelebihan jika melebihi batas maksimal nanti akan akan berpengaruh pada responsibilitas mesin.
  • Selanjutnya anda juga bisa coba periksa ketinggian air radiator ( type motor yang menggunakan pendingin      radiator ,misalnya saja motor new vixion , dan lain sebagainya) jika air radiator akan habis atau berada dibawah batas minimal anda bisa coba untuk mengisi sampai batas maksimal, jangan air radiator pada motor anda kehabisan, karena jika kalau kehabisan air radiator maka akan menyebabkan mesin bisa rusak.
  • Selanjutnya adalah Pemeriksaan air accu (aki motor) jika air motor anda berada dibawah batas coba anda tambahkan dengan air accu tambah (air accu tambah umumnya tutup kemasan berwarna biru) yang bisa anda beli di bengkel motor terdekat di kota anda .Jika Tidak Bisa mengisi Air Accu atau aki Motor anda bisa coba Baca Tulisan saya sebelumnya yang membahas mengenai Cara Mudah Mengisi Air Aki/Accu Motor Yang Benar.

Tips Servis Motor Mesin 4 Tak

Selanjutnya saya akan membahas bagaimana cara Cara servis sepeda motor khususnya yang menggunakan mesin  4 tak, untuk lebih lanjutnya anda bisa simak tulisan saya dibawah ini  :

  • Anda bisa coba melakukan pembersihan pada filter udara
    Untuk caranya , anda bisa coba dulu dengan melepas baut yang terhubung dengan saringan udara setelah di lepas anda bisa coba untuk membersihkan saringan udara tersebut dengan menggunakan alat mesin kompresor khusus untuk filter type busa.
  • Lakukan Pembersihan karburator            
    Langkah kerja: Yang pertama anda bisa coba lepaskan karburator dari tempatnya setelah di lepas anda bisa coba bongkar karburator dengan melepas satu-persatu komponen2 yang di dalam karburator . Setelah semuua komponen karburator di lepas anda bisa coba bersihkan  satu persatu dengan bensin dan nyalakan mesin kompresor untuk menyemprotkan bagian bagian yang tidak terjangkau ,anda bisa meniupkan kompresor ke komponen karburator, setelah itu anda bisa pasang kembali komponen tersebut dengan benar dan pasang kembali karbulator di tempat asalnya
  • Lakukan Penyetelan Celah Katup
    Langkah kerja: Pertama anda bisa buka dulu penutup katup in & ex kemudian Top kan lalu lepaskan baut pengunci katup di kendorkan lalu filler di masukan di celah katup lalu seteli katup dengan standartnya dengan cara memutar baut penyetel kalau sudah kencangkan baut pengunci dengan menahan baut pengunci dan pasang kembali semuanya dengan benar
  • Lakukan  Penyetelan Rantai
    Untuk cara menyetel atau setting rantai motoro anda bisa coba dengan melakukan melepas baut atau mengendorkan baut yang terdapat pada as roda kemudian setelah longgar anda bisa coba setel rantai dengan standard , jangan terlalu kencang dan juga jangan terlalu kendor setelah dirasa sudah pass anda bisa pasang kembali dengan cara mengencangkan baut pada as roda tersebut. atau Anda bisa Penjelasan saya lebih detail di postingan Cara Memasang dan Setting/Setel Rantai Motor Balap
  • Lakukan Pembersihan/Penggantian Busi Motor
    Untuk langkah langkahnya anda bisa terlebih dahulu mencari letak busi motor anda dimana ..? , jika sudah anda temukan anda bisa coba untuk melepaskan busi dari tempatnya, kemudian setelah busi dilepas anda bisa coba untuk membersihkan Busi tersebut dengan menggunakan sikat kawat, kalau sudah dirasa bersih anda bisa pasang kembali

Nah kalau hal hal diatas sudah anda lakukan semua ,sebelum di hidupkan anda check kembali adakah yang masih belum di setel atau belum dipasang .Setelah semua hal hal diatas sudah di pasang dan dirasa sudah semua di lakukan , anda bisa coba hidupkan motor anda dan lakukan setel karburator karena tadi sempat melepas karburator.

OK Mungkin sampai disini dulu , tips cara merawat motor yang baik dan benar, sampai ketemu lagi di postingan berikutnya.

Demikian informasi yang membahas mengenai Tips Merawat dan Cara Service Sepeda Motor 4 Tak Sendiri,semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung di www.modifikasi.co.id. Jika artikel diatas dirasa bermanfaat anda bisa bagikan melalui button sosial media dibawah ini seperti facebook,twitter dan google +

(Visited 1 times, 1 visits today)
sutopo

Seorang Blogger biasa yang suka banget dengan dunia otomotif , mulai dari motor drag ,modifikasi motor dll . Keseharian hanya menulis di website pribadi dan situs besar lainya. Yang Pengen Kenalan Monggo Invite PIN BBMku 5715885A

Artikel Terkait

Leave a Comment