6 Motor Sport Yang Sangat Cocok Untuk Touring Perjalanan Jarak Jauh Anda

Posted on

Modifikasi.co.id – Dipostingan sebelumnya saya pernah menulis artikel yang berjudul Tips dan Persiapan Penting Sebelum Touring Motor Jarak Jauh,pada kesempatan ini saya ingin sharing lagi informasi motor yang sangat cocok untuk berpergian touring , motor dibawah ini saya ambil berdasarkan dari tingkat kenyamanan , keamanan dan juga kecepatan yang menjadi beberapa motor dibawah ini masuk dalam kategori motor touring..? Kira kira motor apa saja yang cocok untuk touring…? penasaran… mau ….?

Touring memang perjalanan dan juga kegiatan yang sangat menyenangkan. Menjelajahi secara detail seluk beluk perkotaan atau menuju pedalaman yang ingin anda tuju. Kegiatan touring biasanya dilakukan secara individu atau komunitas tertentu,namun tidak semua motor cocok dan nyaman untuk digunakan menghadapi medan touring .Berikut ini saya bagikan motor yang cocok digunakan untuk pergi touring yang bisa menempuh perjalanan jarak jauh

Motor sport umumnya memiliki mesin yang berkapasitas 150 cc ke atas,selain memiliki kenyamanan yang enak handling juga pass untuk melakukan zig zag ,cornering dan berakselerasi dengan kecepatan luar biasa.

1. Motor New Yamaha V-Ixion Lightning atau Yamaha New Vixion Advance

New Vixion Lightning

Motor yang pertama jatuh pada yamaha new vixion advance atau new vixion lightning, oran menyebut motor tersebut dengan istilah NVL dan juga NVA.

Motor sport buatan pabrikan yamaha ini memang sangat terkenal dengan beberapa keunggulan dan juga ketangguhannya . Baik dari sisi performance (engine) ataupun keiritan bahan bakar yang digunakan. Tak salah jika motor yang satu ini menjadi salah satu pilihan motor yang sangat cocok untuk digunakan touring. Dengan konsumsi bahan bakar yang tidak tergolong boros alias agak irit,rider pun tidak perlu harus berhenti untuk mengisi bahan bakar karna di bekali dengan daya tampung bensin yang cukup banyak selain itu engine yang berkapasitas 150 cc sangat cocok untuk mengejar waktu sampai tujuan.

Spesifikasi Yamaha V-Ixion :

Fitur Keterangan
Pabrikan Yamaha
Kapasitas Mesin 4 Langkah, 4 Valve SOHC – Fuel Injection, Berpendingin Cairan
Sistem Bahan Bakar Injeksi
Tipe rangka Pressed Backbone (Deltabox)
Kapasitas bahan Bakar 12 LIter
Rem Depan Cakram Hidrolik, Piston Ganda
Rem Belakang Cakram Hidrolik, Piston Tunggal
Sistem Suplai Fuel Injection
Output 16,59 horse power @ 8500 RPM
Torsi 14.5 Nm @ 7500 RPM
Harga Motor Rp 23.700.000,-

2. Yamaha New Byson Motor yamaha new byson injeksi

Motor berikutnya yang masuk dalam kategori motor touring yaitu new byson atau new byson injeksi , motor ini adalah motor dari merek pabrikan yamaha yang sangat cocok juga untuk menempuh perjalanan jarak jauh. Motor yang dibekali dengan tenaga dan kapasitas mesin yang lumayan cukup besar yaitu 150 cc kemudian dibekali dengan bagian kaki kaki yang terlihat kekar , membuat motor ini sangat bisa diandalkan untuk menempuh segala medan yang sulit jalan lika liku, banyak tanjakan , turunan dan belokan(tikungan). Untuk bahan bakar sendiri motor ini di bekali dengan bahan bakar yang bisa menampung kurang lebih sekitar 12 liter , mantap sekali bukan …

Spesifikasi Yamaha Byson :

Fitur Keterangan
Pabrikan Yamaha
Tipe Mesin 4 Langkah, 2 Valve SOHC, Berpendingin Udara
Sistem Bahan Bakar Karburator BS26 x 1
Tipe rangka Diamond
Rem Depan Cakram
Rem Belakang Tromol
Kapasitas Mesin 153 cc
Kapasitas Bahan Bakar 12 Liter
Output 13.73 horse power @ 7500 RPM
Torsi 13.6 Nm @ 6000 RPM

3. Honda Tiger 2000

Honda Tiger 2000

Honda Tiger 2000 ini mungkin sebagian orang tidak atau jarang mengetahuinya karena motor ini kurang begitu populer dibandingkan dengan New Vixion Lightning atau advanced. Motor pabrikan honda ini lumayan cukup enak untuk dikendarai karena performance dan juga handling motor ini lumayan cukup pass untuk perjalanan jarak jauh anda. Motor yang di bekali dengan kapasitas mesin sebesar 200 cc ini dapat menjadi pilihan yang tepat untuk anda melakukan perjalanan touring.Komposisi antara performa yang tangguh , riding style yang nyaman , serta kerangka motor yang top ini membuat motor honda ini menjadi primadona dalam perjalan jarak jauh.

Spesifikasi Honda Tiger 2000 :

Fitur Keterangan
Pabrikan Honda
Kapasitas Mesin OHC 196,9 cc
Sistem Bahan Bakar Karburator
Gigi Transmisi 6 kecepatan
Tipe Mesin 4 Langkah OHC, pendinginan udara
Tipe Suspensi Depan Teleskopik
Tipe Suspensi belakang Lengan ayun pegas ganda dengan tabung oli
Kapasitas Bahan Bakar 13.2 Liter
Output 16.7 horse power @ 8500 RPM
Torsi 1.60 kg/m @ 7000 RPM

4. Honda Megapro

Motor New Megapro

Motor Berikutnya yang masuk dalam kategori motor yang cocok untuk digunakan touring yaitu motor honda megapro. Motor yang satu ini memiliki model yang kekar dan juga stabil saat digunakan riding, dengan kenyamanan riding style yang nyaman membuat motor honda megapro ini menjadi salah satu motor yang cocok untuk digunakan kegiatan touring dan perjalanan jarak jauh.
Selain itu motor honda megapro ini juga sudah di bekali dengan teknologi PGM-FI yang diklaim oleh honda memiliki konsumsi bahan bakar yang irit dan juga efisien. Sehingga pengendara saat mengendarai motor ini tidak perlu khawatir selain itu juga motor ini memiliki kapasitas yang bisa menampung bahan bakar sekitar 12,3 liter.

Spesifikasi Honda MegaPro :

Fitur Keterangan
Pabrikan Honda
Kapasitas Mesin SOHC 150 cc
Tipe Mesin SOHC, 4 Langkah, 5 Kecepatan
Tipe rangka Pola Berlian
Tipe Suspensi Depan Teleskopik
Tipe Suspensi Belakang Tunggal (dapat di setel keras dan lembut)
Tipe Kelistrikan Full Transisterized
Berat Kosong 135 KG
Sistem Bahan Bakar Injeksi ( Honda PGM – Fi )
Kapasitas Bahan Bakar 12.3 Liter
Output 13.3 Horse power @ 8500 RPM
Torsi 12.3 Nm @ 6500 RPM

5. Kawasaki Z250

Kawasaki-Z250

Kawasaki Ninja Z250 ini adalah versi naked (street fighter) alias tanpa fairing dari saudara kembarnya yaitu kawasaki ninja 250 R.
Motor Kawasaki Z250 ini sengaja di buat bagi yang suka dan senang melakukan perjalanan jarak jauh. Motor yang memiliki stang melebar dan juga posisi duduk yang nyaman (riding style) ,membuat motor ini masuk dalam kategori motor touring. Selain itu motor kawasaki Z250 ini di bekali dengan kapasitas mesin yang lumayan cukup tinggi sehingga akselesari saat menuju suatu tempat tujuan lebih cepat dijangkau. Untuk Kapasitas mesin dibekali dengan 250 cc

Spesifikasi Kawasaki Z250 :

Fitur Keterangan
Pabrikan Kawasaki
Kapasitas Mesin DOHC 250 CC 2 silinder segaris
Tipe Mesin 4-stroke, liquid-cooled Parallel Twin
Valve System DOHC, 8 valves
Jarak Ketanah 145
Berat Motor 168 kg
Sistem Knalpot 2 – 1
Sistem Bahan Bakar Fuel Injection (ѳ28 mm x 2) with dual throttle valves
Kapasitas Bahan Bakar 17 Liter
Output 32 horse power @ 10000 RPM
Torsi 21 Nm @ 10000 RPM
Harga Motor Rp 50.600.000,-

6. Suzuki Inazuma 250

Suzuki-Inazuma

Untuk Pabrikan Suzuki juga tidak mau kalah , motor yang satu ini menjadi salah satu motor yang masuk dalam kategori motor touring karena di bekali dengan kapasitas mesin 250 cc. Motor yang sengaja di ciptakan khusus untuk penggiat touring, motor ini sangat nyaman dikendarai untuk keperluan menempuh perjalanan jarak jauh. Motor yang memiliki tipe mesin SOHC 250 cc 2 silinder ini cukup mantab selain itu di bekali juga dengan bahan bakar yang lumayan cukup banyak yaitu nisa menampung kurang lebih sekitar 13,3 liter. Untuk tenaga yang dihasilkan 24 Hp dengan 8500 rpm sedangkan untuk torsinya 22Nm dengan 6500 rpm.

Spesifikasi Suzuki Inazuma :

Fitur Keterangan
Pabrikan Suzuki
Kapasitas Mesin SOHC 250 CC 2 silinder segaris
Tipe Mesin 4 langkah, pendingin cair, SOHC
Suspensi Depan Teleskopik, per ulir, peredam oli
Suspensi Belakang Lengan ayun, per ulir, peredam oli
Berat Motor 182 kg
Transmisi 6-speed constant mesh
Sistem Knalpot 2 – 1 – 2
Sistem bahan bakar Injeksi
Kapasitas Bahan Bakar 13.3 Liter
Output 24 Horse Power @ 8500 RPM
Torsi 22 Nm @ 6500 RPM
Harga Motor Rp. 47.500.000

7.  Motor Yamaha MT-09 Series

yamaha-mt-09 Terbaru

Motor selanjutnya yaitu motor yang masuk juga dalam kategori jajaran motor moge karena motor ini mengusung konsep “Synchronized Performance Bike”dengan 3 keunggulan yaitu torsi yang bertenaga , handling yang lincah dan juga karakter motor yang terlihat agresif.
Motor yamaha yang satu ini di bekali dengan tipe kerangka diamond, untuk suspensi depan menggunakan telescopik forks kemudian untuk bagian belakang menggunakan swing arm (link supension).Berat motor ini sekitar 191 KG selain itu untuk torsi maksimal 85,7Nm pada 8500 rpm yang menjadikan MT-09 sebagai “Master of Torque” di kelasnya dan power maksimal 84,6Kw (115Hp) pada 10.000rpm.

Spesifikasi Yamaha MT 09

Fitur Keterangan
Pabrikan Yamaha
Mesin Liquid cooled,4-stroke,DOHC,4-valve,3-cylinder
Suspensi Depan Telescopic forks
Suspensi Belakang Swingarm (Link Suspension)
Berat Motor 188 kg / ABS 191 kg
Transmisi system Constant mesh, 6-speed
Output 84.6kW (115HS)/10000r/min
Torsi 87.5N.m(8.9kgf.m)/8500r/min
Harga Motor Rp 250.000.000

Nah bagaimana cukup lengkap bukan..? Bagaimana dengan motor touringmu..? monggo silahkan coret coret motor yang masuk dalam kategori touring dibawah ini yaitu di kotak komentar.

Baca Juga Artikel Lainnya :

Demikian informasi yang membahas mengenai 6 Motor Sport Yang Sangat Cocok Untuk Touring Perjalanan Jarak Jauh Anda,semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung di www.modifikasi.co.id jangan lupa untuk bagikan melalui facebook,twitter dan google +

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *