6 Cara Mudah dan Ampuh Mencegah Karat Pada Knalpot

Modifikasi.co.id – Knalpot adalah salah satu komponen yang berada pada kendaraaan sepeda motor dan juga mobil yang memiliki fungsi sebagai jalur pembuangan sisa pembakaran dari mesin , selain itu knalpot juga berfungsi untuk memaksimalkan tenaga yang dikeluarkan mesin. Sebagai salah satu komponen yang sangat penting ,perawatan pada knalpot sebaiknya jangan di abaikan,karena hal ini tentunya akan menggangu performance mesin dan terlebih dari harga knalpot ori yang tidak murah.

Seperti yang kita ketahui masalah yang sering terjadi pada knalpot adalah kara atau sering orang mneyebut dengan istilah korosi. Berdasarkan pengamatan yang saya lihat di jalanan terutama di desa saya tinggal yaitu di batumarta (baturaja -palembang)  para pengendara (rider) kurang begitu memperhatikan kesehatan pada kanltpo padhaal jika tidak dirawat knalpot dapat bocor yang disebabkan karena karatan yang mengendap dalam waktu yang lumayan cukup lama. terus bagaimana cara mencegahnya…? bagaimana melindungan agar komponen motor yang satu ini tidak karatan,untuk itu monggo silahkan simak ulasan saya dibawah ini mengenai cara merawatan dan mecegah knalpot yang karatan baik knalpot mobil dan juga knalpot motor.

  1. Lakukan Pemanasan mesin motor setelah mencuci kendaraan.
    Penting untuk di perhatikan bahwa saat selesai mencuci motor anda harus menyalakan mesin motor atau memanaskan motor ketika air yang berada pada motor sudah kering,karena saat anda mencuci sepeda motor ada sebagian air dan sabun yang masuk ke knalpot, air dan sabun ini jika tidak cepat cepat untuk di hilangkan maka akan  menyebabkan karat, terlebih sabun yang bersifat basa maka akan lebih cepat menyebabkan terjadinya karat pada knalpot. Saran dari para pengguna yang lain berdasarkan pengalaman mereka yaitu setelah selesai mencuci motor sebaiknya jika sudah kering anda menyalakan mesin sebentar atau berkeliling agar air yang ada di knalpot hilang/kering.
  2. Selalu bersihkan bagian bawah knalpot
    Bagian yang sering luput /lupa dari perhatian banyak orang adalah terdapat pada bagian bawah knalpot dan bagian pipa pembuangan yang menuju pada mesin , pada bagian ini sering sekali motor kebanyakan rider lupa apa lagi pada musim hujan . Apa bila anda tidak membersihkan pada daerah tersebut maka akan menyebabkan korosi (karat) yang dapat merusak knalpot pada motor yang anda miliki,saat mencuci sepeda motor jangan lupa bersihkan bagian ini dan juga dikeringkan.
  3. Jangan Sering Gunakan motor ke pantai dan juga melewati jalan yang becek
    Jika motor anda sering digunakan berkendara di pinggir pantai maka udara yang ada di sekitar mengandung kadar garam yang tinggi ,kadar garam ini tentunya akan dapat mempercepat karatan pada knalpot.Sebenarnya bukan hanya pada knalpot tapi juga pada komponen motor yang lainnya. Untuk mencegah hal tersebut tentunya anda bisa bersihkan setelah motor digunakan berkeliling di pantai atau setelah melewati daerah yang becek ,hilangkan dengan air yang bersih.
  4. Anda bisa keringkan knalpot jika basah
    Jika motor anda kehujanan maksudny setelah anda pergi ke suatu tempat kemudian anda kehujanan di jalan atau bisa juga setelah mencuci sepeda motor maka anda wajib mengeringkan hingga kering agar hal ini tidak menibulkan karatan pada knalpot motor dan mobil.
  5. Lumasi Knalpot Secara Berkala
    Sebenarnya bukan hanya pada rantai motor yang harus dikasih pelumas, tapi knalpot pada motor juga perlu tujuanya tentunya agar tidak menimbulkan karat, bagian yang perlu diberikan pelumas adalah “muffler/silincer” , anda bisa menuangkan oli baru motor jangan gunakan oli bekas , anda bisa masukan ke dalam silincer sekitar 1-2 sendok atau anda dapat gunakan selang kecil agar oli tidak tumpah kemana mana.
  6. Bersihkan celah yang sempit atau baut
    Selah yang sulit untuk dijangkau yang menjadi tempat bersarang kotoran tentunya hal ini juga bisa menjadi penyebab knalpot berkaratan untuk mencegah hal tersebut anda bisa sering bersihkan dengan menggunakan air yang bersih ,anda bisa bersihkan sampai kotoran yang berada pada knalpot hilang.

Nah bagaimana dengan tips tips cara mencegah agar knalpot tidak karatan cukup lengkap bukan..? jika anda punya pengalaman lain bisa menambahkan dengan berkomentar dibawah ini.

Demikian informasi yang membahas mengenai 6 Cara Mudah dan Ampuh Mencegah Karat Pada Knalpot,semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjnug di www.modifikasi.co.id jangan lupa untuk share jika artikel diatas bermanfaat. hehe 😀 oya sampai ketemu di postingan selanjutnya.

(Visited 1 times, 1 visits today)
sutopo

Seorang Blogger biasa yang suka banget dengan dunia otomotif , mulai dari motor drag ,modifikasi motor dll . Keseharian hanya menulis di website pribadi dan situs besar lainya. Yang Pengen Kenalan Monggo Invite PIN BBMku 5715885A

Artikel Terkait

Leave a Comment