Written by 11:52 am Motor, Tips Motor

Cara Mudah Mengisi Air Aki/Accu Basah Pada Motor Yang Benar

Modifikasi.co.id – Bagi anda pengguna sepeda motor tentunya setiap motor pasti memiliki aki motor yang mana fungsi dari aki adalah untuk kelistrikan pada sebuah motor ,jika kelistrikan tidak ada maka motor pun tidak bisa hidup. Nah pada kesempatan ini saya ingin sharing informasi mengenai bagaimana cara mudah menguras aki/accu pada sebuah motor yang bisa anda simak detailnya dibawah ini :

Motor pasti memiliki sumber kelistrikan , untuk motor sendiri sumber kelistrikan yaitu menggunakan aki , untuk aki sendiri itu terdapat 2 jenis yaitu sering kita kenal dengan aki kering dan aki basah. Jika anda menggunakan aki kering maka aki tersebut bebas dari perawatan maksudnya anda tidak harus melakukan pengecekan apakah air akinya sudah habis atau belum karena aki kering tidak butuh aki dia berdiri sendiri .Namun ketika setrum yang terdapat pada aki tersebut ngedrop maka tidak bisa di apa apakan lagi anda harus mengganti dengan yang baru. Beda lagi dengan anda menggunakan aki motor yang jenis Aki basah ,untuk aki basah dia menggunakan cairan accu atau yang sering di sebut dengan ACCU ZUUR , aki yang jenis satu ini membutuhkan perawatan yaitu dengan cara selalu cek dan menambahkan air ketika sudah berkurang dan panggatian cairan aki ketika sudah tawar. Pada beberapa jenis aki basah ada yang terdapat kontrol untuk kondisi cairan aki dan tegangan yang biasanya ditandai dengan warna.

Nah Pada kesempatan ini saya ingin ulas pada penggunaan aki basah , pada jenis aki ini ketika cairan aki sudah tawar maka setrum biasanya akan drop atau setrum aki habis ketika di waktu pagi hari (semalam) , kondisi seperti ini sebenarnya bisa kita perbaiki dengan cara Menguras aki …? terus bagaimana cara menguras kai accu dengan mudah , caranya sebenarnya cukup mudah tidak sulit tapi ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan dulu, karena cairan aki itu berbahaya maka disarankan anda menggunakan sarung tangan dan kaca mata.

Peralatan Yang dibutuhkan :

  1. Obeng +
  2. Obeng –
  3. dan Air Aki yang bisa di beli di toko toko bengkel motor terdekat di kota anda.Isi Air Aki Motor

Agar aki basah pada motor anda tetep awet maka kita harus sering cek kondisi airnya jangan sampai kehabisan. Jangan mengandalkan mekanik saat service motor saja kareja service motor biasanya jadwalnya adalah rata2 setiap dual bulan sekali , dan ketinggian air aki perlu di cek maksimal setiap sebulan sekali apa lagi motor yang sering digunakan untuk riding jauh , pasti kondisi air aki cepat habis.

Cara Mengisi Air Aki /accu Motor Yang Benar

  1. Pertama anda perlu melihat dulu aki motor anda apakah masih atau sudah habis ,caranya anda bisa gunakan obeng + atau obeng – untuk membuka aki motor. Biasanya untuk motor moped, sport dan sebagain motor matic biasanya perlu di buka cover body dulu, pada contoh berikut ini yaitu menggunakan motor matic .Jika motor matic sangat mudah anda tinggal buka jok motor saja dan aki motor sudah langsung kelihatan. Anda bisa lihat dan cek kondisi air akinya jika ketinggian air aki bawah atau sudah di batas garis lower maka anda harus menambahkan airnya. Jika perlu anda bisa lepas kedua terminal akinya menggunakan obeng +isi-air-aki-4
  2. Setelah aki dilepas anda bisa membuka penutup cairan aki dengan menggunakan oben (-)
    Cara mengisi aki Motor
  3. Anda bisa membuang cairan aki lama dengan cara membalik aki. ( awas cairan ini berbahaya buang di tempat aman) , atau anda juga bisa menambahkan langsung tanpa membuang air aki sebelumnya.
  4. Selanjutnya anda bisa mengisi Aki dengan cairan aki ( accu zuur yang bisa anda beli di toko bengkel motor terdekat. ) Anda bisa tuangkan air aki sampai batas garis UPPER jangan sampai lebih dari batas UPPER kenapa tidak boleh ..? karena jika kelebihan maka akan menyebabkan air aki menguap dan biasanya akan tumpah , dan tumpahan tersebut akan keluar melalui lubang hawa di aki dan yang perlu anda ketahui bahwa air aki ini dapat merusak cat dan bikin karat pada rangka motor.Cara mudah mengisi Air Aki
  5. Jika aki masih dalam kondisi bagus, maka anda cukup dengan cara mengisi air aki saja tidak perlu untuk menambahkan setrum ,karena nanti akan terisi kembali setrumnya saat aki motor tersebut digunakan.
  6. Selanjutnya anda bisa pasang kembali ke tempat semula awal anda melepas aki motor,jangan lupa untuk memasang pasang kabel positif dan negatif agar bisa digunakan lagi .Selamat Mencoba

Nah bagaimana ..? Cukup mudah bukan bagaimana Cara Mengisi Air Aki/Accu Motor Yang Benar, ,semoga bermanfaat ,oya jika artikel diatas cukup membantu anda jangan lupa untuk bagikan melalui facebook,twitter dan google + .bantuan share anda akan membuat saya makin semangat untuk share informasi terbaik yang ada di website www.modifikasi.co.id .Tungguin terus ya dan tetep stand by maka saya akan menyajikan informasi yang anda butuhkan seputar dunia otomotif.

(Visited 779 times, 1 visits today)
Tags: , , , , Last modified: Apr 11, 2016