Tips Sederhana Perawatan Motor Injeksi Yang Tidak Membutuhkan Waktu Lama

Modifikasi.co.id – Perawatan pada motor injeksi memang lebih sulit dibandingkan dengan motor yang berjenis karburator, sudah banyak informasi yang berkembang di masyarakat bahwa motor jenis injeksi membutuhkan teknik khusus dalam perawatan dan servicenya sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama selain itu juga biaya service motor jenis injeksi ini lebih mahal dibandingkan jenis motor konvensional ( motor yang menggunakan jenis pembakaran menggunakan karburator).
Nah bener apa enggaknya hal tersebut mungkin anda perlu menyimak informasi yang akan saya bagikan dibawah ini , penasaran mau ..?

Dari informasi yang saya dapatkan ternyata menurut para mekanik dan juga penggunakan motor sistem injeksi memberikan jawaban bahwa untuk perawatan motor jenis ini tidak terlalu sulit alias gampang. Tidak serumit yang kita pikirkan selama ini ,dan juga biaya service yang tidak terlalu mahal dan juga pengerjakan waktu yang cepat . Murah atau mahalnya biaya service tentunya tergantung dari spesifikasi kerusakan yang terdapta pada motor yang anda miliki , jika kerusakan berat tentunya biayanya lebih mahal.
Hal apa saja sih yang harus dilakukan untuk perawatan motor injeksi ..?

Saat melakukan service motor misalnya saja motor honda vixion yang sudah jatuh pada km 500 dan 4000 maka perawatan yang anda lakukan cukup mudah dan cepat yaitu :

  1. Anda bisa membersihkan filter udara sendiri bagi yang belum bisa silahkan baca tulisan saya sebelumnya cara membersihkan filter udara vixion.
  2. Kemudian bisa juga dengan anda melakuakn  Cara Membersihkan Throttle Body Pada Motor Injeksi
  3. Mengganti Oli transmisi Pada Motor  anda bisa baca tulisan saya dipostingan yang berjudul Cara Mengganti Oli Motor Sendiri Pada Yamaha New Vixion Lightning
  4. Melakukan Pengecekan Lampu headlam , lampu belakang , lampu sein
  5. Melakukan Pengecekan Rem
  6. Malakukan Pengecekan Rantai Motor Cara Benar Merawat Rantai Motor Agar Awet Beserta Videonya
  7. Dan Melakukan Pengecekan Tekanan Ban Motor

Nah kurang lebih 6 point diatas bisa anda kerjakan sendiri dirumah untuk melakukan perawatan pada motor injeksi yang anda miliki. Kunci motor awet tentunya gunakan dengan normal jangan digeber geber ,rajin dan secara berkala ganti oli mesin motor. Selebihnya anda bisa cek kekendoran rantai motor dan lain sebagainya.

Atau jika anda masih ragu ,anda bisa langsung melakukan service ke bengkel resmi secara berkala tentunya yang terdekat di daerah tempat anda tinggal. Lihat juga pada buku panduan servicenya ,biasanya ada jadwal jadwal servicenya anda bisa ikutin pada buku panduan tersebut agar motor yang anda miliki tetep terjaga performanya selain itu juga agar selalu tetap prima.
Berikut ini ada tambahan beberapa tips yang bisa saya bagikan mengenai perawatan pada motor injeksi.

  1. Lakukan perawatan motor yang anda miliki sesuai dengan jadwal service yang ada di buku service dibengkel resmi. Sebagai contoh jika anda mempunyai motor merek honda maka bengkel resminya adalah ahass, mekanik yang dikerjakan tentunya sudah memiliki serfitikat jadi sudah ahlinya untuk menangani masalah semua hal tentunya sepeda motor.
  2. Setiap anda ingin menggunakan motor pada waktu pagi hari ,jangan lupa untuk selalu melakukan pengecekan misalnya mulai dari tekanan ban sepeda motor, rem , lampu dan klakson jadi saat anda berkendara bisa nyaman dan aman. Perhatikan juga lampu MIL atau milfunction indicator lamp (setiap motor beda beda tempatnya) Jika lampu MIL tersebut mengalami kedip kedip maka anda bisa langsung bawa ke bengkel resmi untuk dilakukan pemeriksaan atau diagnosis agar di ketahui permasalahnya. Karena biasanya jika lampu indikator tersebut (MIL Lamp) menyala berkedip maka motor tersebut menunjukan ada yang tidak beres pada motor anda ,hal tersebut bisa dikarenakan kelistrikan atau pada sistem injektornya.
  3. Jangan lupa untuk memanaskan motor selama 1 sampai 2 menit setiap pagi sebelum digunakan agar oli pada mesin motor melumasi seluruh komponen di dalam mesin.

Bagaimana cukup mudah bukan..? anda bisa lakukan secara mandiri dirumah tapi jika ada yang tidak bisa anda bias bawa ke bengkel resmi agar tidak menjadi parah. Walaupun umumnya jika di service di bengkel resmi lebih mahal tapi kalau mesin motor anda awet apa salahnya .

OK mungkin sampai disini dulu sharing yang bisa saya bagikan sampai ketemu di postingan selanjutnya.

Demikian informasi yang membahas mengenai Tips Sederhana Perawatan Motor Injeksi Yang Tidak Membutuhkan Waktu Lama,semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung di www.modifikasi.co.id jangan lupa bagikan melalui sosial media hehe ^_^

Tips Sederhana Perawatan Motor Injeksi Yang Tidak Membutuhkan Waktu Lama | sutopo | 4.5

Leave a Reply