Written by 1:16 am Tips Mobil

10 Tips Jitu Cara Membeli Mobil Baru

Modifikasi.co.id – Saat anda mempunyai keinginan membeli mobil baru mungkin ini adalah salah satu hal yang cukup menarik dalam hidup anda ,karena dengan membeli mobil baru tentunya anda sudah siap dan mampu untuk merawat dan digunakan dalam aktifitas sehari sehari misalnya untuk keperluan pergi kekantor , menjemput anak sekolah dan banyak hal lainya.

Jika saat membeli mobil baru merupakan sebuah pengalaman pertama anda maka hal itu wajar hampir semua orang mengalami hal seperti anda ,biasanya rasa emosional muncul saat anda mempunyai keinginan membeli mobil yaitu bingung harus memilih mobil yang seperti apa , merek apa , bagaimana bahan bakar yang digunakan apakah boros atau tidak ,bagaimana sisi kenyamanan mobil tersebut, bagaimana permasalah yang sering terjadi pada mobil tersebut, kerusakan yang sering terjadi , kekurangan pada mobil yang ingin anda beli dan masih banyak hal lainya yang bisa menjadi bahan bertimbangan sebelum anda membeli mobil.

Banyak diantara kita saat membeli mobil baru dengan menggunakan sistem pembayaran kredit atau cash tergantung dari kemampuan kita, kalau saya dari saya lebih baik anda menabung terlebih dahulu jika uang yang anda butuhkan untuk membeli mobil impian anda sudah cukup anda bisa langsung belikan tapi jika belum mampu maka anda bisa menabung jangan sekali sekali untuk membayar sistem kredit kenapa…? karena hal ini akan membuat atau menambah beban biaya pengeluaran hidup anda. Seorang pengusaha terkenal beliau adalah CEO Berkshire Hathaway beberapa  nasehat yang menarik untuk anda baca.

  1. Berinvestasilah dengan Apa yang Kau Miliki

  2. Jangan Habiskan Uang untuk Hal-Hal yang Tidak Benar-Benar Penting

  3. Hiduplah Sederhana Sebagaimana Dirimu Sendiri

  4. Jangan Melakukan Apapun yang Dikatakan Orang, Dengarkan Mereka Tapi Lakukan Apa yang Baik Saja

  5. Jangan Memakai Merek, Pakailah yang Benar-Benar Nyaman untuk Anda

  6. Uang Tidak Menciptakan Manusia, Manusialah yang Menciptakan Uang

  7. Jauhkan Dirimu dari Pinjaman Bank atau Kartu Kredit

Nasehat nasehat diatas mungkin bisa menjadi bahan pertimbangan sebelum anda membeli mobil dengan sistem pembayaran kredit, hal ini juga pernah saya rasakan saat membeli motor yamaha new vixion lightning,anda bisa baca artikelnya di Harapan Mahasiswa AMIKOM Mempunyai Motor Sport Dan Faktanya

Membeli mobil baru memang akan menjadikan komitmen dan juga pengaturan keuangan dalam jangka panjang ,dalam membeli mobil usahakan jangan terlalu percaya dengan janji manis para sales mobil,tapi anda bisa ulas lebih dalam mengenai mobil mobil yang anda inginkan cari tahu kelebihanya , fiturnya dan kekuranganya apa aja. berikut ini adalah tips yang bisa anda jadikan referensi yang saya kutip dari otosia.com

  1. Carilah informasi produk sebanyak banyaknya.
    Sebelum anda membeli mobil,anda bisa kumpulkan informasi sebanyak mungkin mengenai mobil baru yang anda inginkan. Anda bisa membaca dan mempelajari merek merek mobil yang tidak susah perawatanya kemudian bengkel tersedia dimana mana.Anda bisa membandingkan satu persatu dengan variannya , opsi penawaran , fitur fitur dan tentunya harga mobil. Memiliki informasi 2 dan 3 mobil yang sudah menjadi daftar mobil pilihan anda lebih baik dari pada anda mempunyai 1 pilihan.
    Pilihlah kendaraan yang memang sudah sesuai dengan kebutuhan anda ,dan juga uang yang dimiliki
  2. Tentukan Anggaran (uang/biaya) untuk membeli mobil baru
    Jika anda menginginkan mobil pabrikan toyota atau daihatsu atau merk lain misal honda ,maka anda bisa persiapkan terlebih dahulu dengan melihat harga mobil yang anda inginkan. Jika anda ingin membeli mobil dengan sistem kredit pastikan anda mempunyai uang setiap bulanya untuk di setor ke jasa kredit motor. intinya adalah pastikan bahwa penghasilan anda dalam 1 bulan cukup membayar biaya angsuran mobil,biaya untuk menghidupi anak dan istri anda.
  3. Mengajak teman yang ngerti mobil
    Untuk tips yang satu ini ditujukan untuk kaum hawa(wanita) oiya disini tidak bicara soal kemampuan seorang wanita dalam memilih dan membeli mobil sendiri, tapi dalam banyak kasus ,wanita yang membeli mobil akan lebih banyak mengeluarkan uang extra dari kesepakatan jual beli kendaraan. Jadi ajaklah saudara atau teman yang sudah berpengalaman dalam membeli mobil baru untuk pertama kalinya.
  4. Jangan Bicara Tentang Uang
    Saat anda membeli mobil usahakan jangan membicarakan tentang kemampuan atau rencana anda ,jika saleman bertanya terntang anggaran atau keuangan anda untuk membeli mobil jangan di ungkapkan,lebih baik anda bertanya untuk spesifikasi mobil atau mobil yang anda butuhkan seperti apa.Karena tidak sedikit sales atau penjual yang berusaha agar anda mengeluarkan biaya yang lebih untuk membeli atau memiliki mobil yang anda inginkan tersebut.
  5. Salesman Bukan Teman
    Yang perlu anda ingat adalah penjual atau orang kebanyakan orang menyebut dengan istilah salesman dilatih untuk berbica semenarik mungkin dan halus agar mendapatkan client atau calon pembeli .Tapi sesungguhnya tidak hanya saleman yang ingin mendapatkan yang lebih kadang seorang teman kita juga bisa terjadi.
    saat anda membeli mobil kemudian anda tidak menyukai tingkah laku salesman tersebut karena mungkin bahasa kurang enak,dan hal hal lainya. Jika itu terjadi maka tidak ada salahnya untuk meminta bertemu dengna manager penjualan showroom.
  6. Hitung Biaya Perawatan dan pembeliharaanya
    sebelum anda memutuskan untuk membeli mobil baru ,selain informasi dari teman , dan media lainya tak ada salahnya untuk mengunjungi tempat penjualan onderdil mobil untuk mencari tahu harga dan seberapa mahal sukucadang yang digunakan mobil tersebut. Memang harga sukucadang kendaraan roda empat bervariasi dari yang memiliki harga murah sampai dengan harga yang cukup mahal.Coba anda perhatikan hal penting ini untuk menanyakan ke tempat onderdil mengenai sukucadangnya agar ketika mobil anda mengalami masalah anda sudah menyiapkan biaya yang harus dikeluarkan.
  7. Pilih Jenis Bahan bakar Bensin atau solar
    Memilih mobil baru khususnya untuk jenis bahan bakar anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan dan juga ketersediaan bahan bakar tersebut apakah mudah didapatkan atau sulit,carilah mobil yang menggunakan bahan bakar yang mudah di dapat misalnya bensin.Oya untuk mobil yang pemakaian jarak jauh dan secara rutin sangat cocok untuk memilih jenis diesel sedangkan nutuk jarak dekat tidak terlalu jauh anda bisa memilih jenis mesin bensin.
  8. Keinginan Berlebihan
    Sebaiknya saat anda mengunjungi dialer mobil atau showroom jangan menunjukan bahwa anda sangat bernafsu atau terobsesi untuk memiliki mobil tertentu. Hindari jangan sampai salesman mengetahui hal tersebut karena hal ini tentunya menjadi salah satu pintu masuk untuk memudahkan proses penjualan (proses deal) yang tentu saja akan menguntungkan mereka.
  9. Test Drive
    Jika anda membeli mobil baru tidak adalahnya untuk melakukan test drive sebelum membeli,sebuah test drive ini harus dilakukan setidaknya membutuhkan waktu sekitar 20 menit . Saat ini sudah mulai banyak produsen mobil atau dialer yang menawarkan fasilitas test drive dengan lokasi yang sudah disediakan,ambilan fasilitas tersebut jika ingin membeli mobil baru.
  10. Tinggalkan jika anda tidak suka.
    jika anda tidak terlalu suka dengan mobil yang anda pilih karena mungkin harga yang gak cocok atau pass dengan kantong anda maka tinggalkan lah cari showroom yang lain . Anda dapat menolak secara halus penawaran mereka untuk mencari alternatif diler lain atau produk lainya yang anda inginkan.

Nah bagaimana dengan tips cara memilih mobil diatas..? semoga tips diatas bisa membantu anda khususnya saat anda ingin membeli mobil baru. mungkin sampai disini dulu informasi yang bisa saya bagikan untuk anda . Oiya jangan lupa kunjungi terus www.modifikasi.co.id untuk mendapatkan informasi terbaru tentang dunia otomotif, jangan lupa jika artikel diatas bermanfaat anda bisa bagikan melalui facebook,twitter dan google +

(Visited 14 times, 1 visits today)
Tags: , , , Last modified: Aug 8, 2015