Tips Ampuh Agar Rem Tromol Motor Lebih Pakem

Modifikasi.co.id – Komponen motor yang satu ini memang kadang menjadi bahaya apa bila tidak terlalu diperhatikan,ya ini adalah rem tromol,komponen motor yang satu ini terkait erat dengan keselematan dalam berkendara. Fungsi dari rem ini yaitu untuk memperlambat dan juga menghentikan laju kendaraan ketika sedang melaju dengan top speed atau kecepatan tinggi. Rem yang tidak pakem tentunya akan menyebabkan fatal karena tidak bekerja dengan dengan fungsinya dengan optimal.

Kalau dilihat dari mekanismenya sendiri kerjanya sangat sederhana ,oiya komponen pengereman pada sepeda motor dibagi menjadi 2 yaitu :

  1. Sistem pengereman yang menggunakan tromol atau rem tromol
  2. Sistem pengereman yang menggunakan cakram atau disk brake

Kalau dilihat dari 2 tipe pengereman tersebut teknologi dan juga sistem pengeremanya masih lebih bagus menggunakan cakram, dan diklaim bahwa pengereman menggunakan cakram lebih baik untuk menghentikan laju kendaraan , lalu bagaimana dengan rem tromol…?
Rem tromol pada sepeda motor merupakan sistem pengereman yang bekerja menggunakan tromol yang kemudian ditekan oleh kanvas untuk menghentukan laju . Jika sistem pengereman tidak berfungsi secara optimal tentunya akan membahayakan si rider (pengendara) saat berkendara di jalanan.

Agar Rem Tromol Motor Lebih Pakem

Berikut ini ada beberapa tips yang mungkin bisa anda coba agar rem tromol pada motor anda bisa menjadi lebih pakem.

  1. Lepaskan tromol dan bersihkan .
    Hal pertama yang bisa anda lakukan agar rem tromol menjadi lebih bagus yaitu dengan melepaskan komponen tromol kemudian membersihkannya. Anda bisa dengan melepaskan terlebih dahulu dudukan kampas rem dan juga tromol secara perlahan, jika sudah terlepas anda bisa bersihkan tromol tersebut menggunakan kain lap yang bersih dan juga bisa menggunakan aingin bertekanan tinggi (orang menyebut dengan compresor).Pastikan bahwa tidak ada satu depu atau sisa kampas rem yang masih tertinggal di dalam lubang tromol
  2. Rendam Kampas Rem Motor
    Anda bisa melepaskan kampasa rem dari dudukan tromol , setelah anda lepas anda bisa dengan merendam kampas rem tersebut dengan menggunakan air biasa hingga meresap, setelah itu anda bisa jemur kampas rem tersebut dibawah terik panas sinar matahari sampai kering. Setelah itu anda bisa pasang kembali kampas rem ke dalam lubang atau dudukan rem tromol.
  3. Menggunakan sabun colek
    Selian yang sudah saya sebutkan diatas anda juga bisa menggunakan sabut colek,yaitu dengan cara mengoleskan sabun colek ke bagian tromol dan juga kampas rem, Sabun colek ini yang saya dapat dari berbagai sumber dapat dipercaya membuat rem tromol menjadi semakin keset (paket) saat ditekan. Trik ini tentunya masih belum banyak orang mengetahuinya tapi apa salahnya untuk dicoba.
  4. Membeli kampas rem yang baru.
    Sebelum membeli kampas rem yang baru , coba waktu anda melepas tromol tersebut coba dicheck apakah ketebalan dari kampas lem sepeda motor tersebut masih tebal atau sudah habis
  5. Jika ketebalan kampas rem sudah berkurang atau habis , maka itu tandanya harus mengganti dengan yang baru. Kampas rem yang tipis biasanya sudah tidak biasa melakukan pengereman yang maksimal lagi.
  6. Atur settingan kedalaman rem tromol.
    Anda juga bisa melakukan setelan pada rem tromol pada sepeda motor anda , biasanya ada pengaturan untuk tingkat kedalaman rem yang bisa disesuaikan sesuai selera pengendara.

Pastikan bahwa semua komponen rem tromol sudah terpasang dengan baik dan kuat, jika masih ada yang kurang coba anda perbaiki lagi anda check sekali lagi agar tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan.
Intinya selalu periksa bagian sistem pengereman sepeda motor agar anda tetep aman saat melakukan perjalanan baik perjalanan sehari hari atau perjalanan jarak jauh. Jika sudah tidak dirasa pakem lagi rem tromol pada motor anda anda bisa lakukan diagnosa dengan membaca tips diatas.

Bagaimana…? cukup mudah bukan , silahkan tinggal kan komentar jika ada hal yang belum dipahami.

Demikian informasi yang membahas mengenai Tips Ampuh Agar Rem Tromol Motor Lebih Pakem,semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung di www.modifikasi.co.id jangan lupa untuk bagikan melalui facebook,twitter dan google +

Tips Ampuh Agar Rem Tromol Motor Lebih Pakem | sutopo | 4.5

Leave a Reply