Tips Ampuh dan Mudah Agar Motor Baru Tidak Cepat Rusak

Modifikasi.co.id –  Memiliki motor baru  tentunya membutuhkan perawatan dan menjadi motor kesayangan yang kemana mana akan selalu diperhatikan. Membeli motor baru dengan biaya sendiri dan hasil kerja keras sendiri tentunya akan ada rasa kepuasan sendiri , salah satunya ya saya sendiri hehe , bermodal nekat dan sedikit kerja keras akhirnya bisa membeli motor yamaha new vixion lightning. Perawatan pada motor yang baru kita miliki khususnya untuk riders pemula tentunya masih bingung harus bagaimana cara perawatan yang benar sehingga membuat motor yang barusan kita beli bisa awet dan tidak mudah cepat rusak. Nah berikut ini ada beberapa tips agar motor baru anda tidak mudah cepat rusak, tips ini cukup ampuh untuk di praktekan agar tidak cepat rusak, nah seperti apa ..? langsung saja simak ulasan saya dibawah ini :

Tips Agar Motor Baru Tidak Cepat Rusak

berikut ini beberapa tips agar motor yang kita beli didealer tidak mudah cepat rusak, yang jelas perawatan pada motor memang harus internsif

  1. Gunakan Bahan Bakar Berkualitas.
    Mungkin banyak diantara kita yang masih bingung harus menggunakan bahan bakar apa yang cocok untuk motor kita, apakah bahan bakar premium atau pertamax.Sebenarnya menurut saya sama saja yang penting bahan bakarnya tidak ada airnya karena sekarang ini banyak penjual bensin yang mencampurkan bensin dengan cairan tertentu sehingga membuat motor kita mengalami masalah. Anda bisa gunakan bahan bakar bensin atau pertamax. Untuk lebih baik memang menggunakan pertamax..? kenapa..? karena nilai oktan yang terdapat pada pertamax lebih tinggi dibandingkan dengan premium. Apa arti semuanya tersebut , artinya pertamax menandakan kualitas lebih bagus dan mempengaruhi terhadap mesin motor. Nilai oktan , stabilitas, oksidasi , olefin dan lain lain dalam pertamax menghasilkan proses pembakaran yang lebih bersih dan sempurna. Dengan begitu kerja mesin motor bisa meningkat dan umur lebih panjang
  2. Jangan Menjemur Motor di bawah terik panas matahari.
    Mungkin banyak diantara kita yang menjemur motor barunya di bawah terik panasnya matahari, nah hal ini jangan anda lakukan atau biarkan karena paparan panasnya sinar matahari dalam jangka waktu yang lama akan membuat warna atau cat pada kendaraan motor akan memudar.Anda bisa memparkir motor diarea atau tempat yang teduh yang ada pohon2nya ,alternatif lain jika memang tidak ada tempat yang teduh atau pepohonan mungkin anda bisa menggunakan kain , mantel, kerdus bekas dan lainya.
  3. Selalu Rutin memanaskan Motor Sebelum dikendarai
    Sebelum anda menggunakan kendaraan anda , jangan lupa untuk selalu menghidupkan motor dan memanaskanya sebelum digunakan. Karena diburu waktu anda langsung begitu saja menghidupkan motor dan menjalankannya, nah hal ini tentunya salah besar. Anda bisa panaskan motor terlebih dahulu cukup dengan 3-5 menit saja sebelum motor digunakan.Oiya jangan memanaskan motor terlalu lama kenapa..?? karena bisa menyebabkan pipa knalpot menguning selain itu juga boros bahan bakar.
  4. Lakukan Perawatan Berkala.
    Perawatan ini tentunya bisa saja dilakukan oleh siapa saja , untuk motor baru anda bisa gunakan layanan service gratis yang diberikan oleh dealer motor saat anda membelinya.Perhatikan juga pada buku dan kartu service yang bisa anda gunakan untuk service motor anda.Oiya jika masa service sudah habis anda bisa melakukan perawatan dengan selalu mengganti oli setiap bulanya, melakukan pengecekan rantai motor, dan lain sebagainya.
  5. Cuci Motor jika kotor
    Jika motor yang anda miliki tidak ingin cepat rusak dan karatan , apa bila motor anda sudah banyak debu dan pasir yang menumpuk apa lagi lumpur yang menempel pada bagian bagian kaki kaki motor maka sesegera mungkin anda bersihkan. Agar kotoran tersebut tidak menimbulkan karatan. Jika dibiarkan maka bisa menyebabkan kerangka motor keropos.

Nah bagaimana dengan 5 tips perawatan motor baru diatas…? semoga berguna.jika anda mempunyai komentar silahkan tinggalkan komentar anda dibawah ini .

Demikian informasi yang membahas mengenai Tips Ampuh dan Mudah Agar Motor Baru Tidak Cepat Rusak,semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung di blog www.modifikasi.co.id jangan lupa untuk bagikan melalui facebook,twitter dan google + jika memang dirasa artikel diatas bermanfaat.

Tips Ampuh dan Mudah Agar Motor Baru Tidak Cepat Rusak | sutopo | 4.5

Leave a Reply