Review Oli Motor Enduro 4T SAE 10W-40 di New Vixion Lightning

Modifikasi.co.id – Mengganti oli motor adalah salah satu kegiatan dalam perawatan motor , mau tidak mau sang pemiliki motor harus menggantinya dengan yang baru secara berkala…? kenapa harus mengganti , ya hal ini tentunya berdasarkan buku panduan /buku petunjuk yang diberikan oleh dealer untuk pengguna motor baru. Semua detail mengenai perawatan motor sudah dijelas cukup jelas di buku petunjuk pemilik yang masing masing setiap merk motor pasti memberikanya.

Review oli motor kali ini saya mencoba untuk menjajal oli motor dari buatan lokal (dalam negeri) yaitu Pertamina Enduro Racing 4T. Oli semi sintetis dengan spek SAE 10 W – 40 Service SJ, JASO MA2. Produk ini masih menggunakan API Service SJ sedangkan untuk produk oli sejenis rata2 sudah menggunakan API Service SL, penasaran seperti apa keunggulan oli ini dan seperti apa rasanya pada motor yamaha new vixion lightning..? berikut ini review pengalaman saya.

Beberapa hari yang lalu tepatnya tanggal 18 Agustus 2015 motor sudah tidak enak untuk digunakan khususnya untuk perpindahan gigi (keras) saat kondisi mesin panas dan digunakan dalam perjalanan lumayan cukup jauh kipas radiator sering hidup :'(  , selain itu speedometer juga sudah menunjukan sebentar lagi mau ganti oli. Akhirnya dari pada harus menunggu speedo meter saya langsung ae cuss menjajal oli enduro 4T ,Sebelum mengganti oli tentunya saya mencari sumber informasi yang ada di internet,baik dari forum ataupun blog2 yang berbagi pengalaman menggunakan oli motor enduro 4t ini,kesimpulan mereka ” lumayan cukup bagus dimotor New vixion . Akhirnya saya pun langsung mengganti motor new vixion tersebut menggunakan Oli enduro 4T.

Oli yang satu ini yang memiliki spek SAE 10 W – 40  adalah kategori oli motor yang memiliki tingkat kekentalan agak encer , sedangkan untuk oli yang spek   20W-50 Agak kental. Perbedaan yang mendasar dari oli tersebut bisa anda lihat dibawah ini :

Oli Motor Spek SAE 10 W – 40

  1. Mesin menjadi lebih berisik alias kasar
  2. Oli motor yang encer lebih mudah masuk ke celah celah sempat sehingga kinerja mesin motor menjadi lebih ringan.
  3. Menggunakan oli encer ,mesin menjadi cepet panas.
  4. Tarikan Akselerasi lebih Cepat.

Oli motor spek  SAE 20W-50

  1. Mesin motor lebih halus tidak terlalu kasar
  2. Tarikan Mesin motor menjadi lambat /berat tidak se agresif jika menggunakan oli encer
  3. Mesin menjadi tidak cepat panas.

Beberapa kesimpulan diatas saya ambil dari berbagai sumber blog yang pernah  mereka alami…? bagaimana dengan anda..?

Akhirnya saya memilih untuk tetep menggunakan oli enduro racing 4t SAE 10 W – 40, kalau gak di jajal tentunya gak pernah tahu rasanya seperti apa xixixi. Proses penggantian oli motor langsung dilakukan oleh bro sutoro ,saya dirumah aja hihi nunggu udah selesai baru test drive.

Penampakan Oli Motor Enduro Racing 4T SAE 10 W – 40

Oli Enduro 4t racing SAE 10 W - 40

https://nursigitify.wordpress.com/2012/04/04/coba-coba-oli-enduro-racing/

Oli Enduro 4t racing SAE 10 W - 40 terbaik

https://nursigitify.wordpress.com/2012/04/04/coba-coba-oli-enduro-racing/

 

Fitur Oli Enduro 4t racing SAE 10 W - 40

https://nursigitify.wordpress.com/2012/04/04/coba-coba-oli-enduro-racing/

Pada gambar diatas anda bisa lihat beberapa keunggulan atau keuntungan yang diberikan oleh pihak Pertamina dan berikut ini adalah hasil yang saya rasakan saat menggunakan oli motor buatan lokal :

  1. Seperti biasa saat penggunaan awal oli motor pada umumnya motor sangat enak sekali digunakan , perpindahan gigi persneling menjadi halus dan lembut tidak keras. namanya juga oli baru hehe masih perawan ting ting.
  2. Tarikan motor menjadi lebih ringan, saat betot gas berasa banget bedanya dengan oli sebelumnya yang masih menggunakan pabrikan yaitu yamaha sports sae 10w 40
  3. Panas pada mesin masih tetep sama aja , tergantung situasi kondisi , kalau jalan lancar biasanya tidak mudah cepet panas,sedangkan jika memasukan jalan yang padat, sering macet maka suhu panas pada mesin akan terasa.
  4. Mesin Motor masih sama,yaitu halus hehe , soalnya motor masih 1 tahunan km bru menempuh 4300 km
  5. Saat perpindahan gigi masih sama dengan sebelumnya yaitu halus.
  6. Starter dan kick starter masih sama , lancar jaya hehe.

Untuk geberan di rpm tinggi oli ini masih sama saja dengan yamalube, mungkin beda lagi jika saya menggunakan oli motor sejenis motul, shell, oli yang berkualitas sekaligus memiliki harga yang lumayan cukup mahal. hihi .Kemungkinan untuk belum kedepan mau pindah lagi menjajal oli motor yang benar benar top untuk perjalanan dan juga kecepatan.

Harga Oli Motor Enduro 4T SAE 10W-40  di tempat saya (jogja) harganya sekitar Rp. 40.000 kalau dengan biaya pemasangan total sekitar 45.000 , warna botol abu abu, buatan dari pertamina, oiya oli motor ini memiliki bau halum, beda dengan yang lainya , sudah 2 hari oli motor ini masih memiliki halum yang wangi hihi :D.

Nah bagaimana dengan pengalaman anda menggunakan oli enduro 4T khususnya untuk motor NVL atau Vixion..? silahkan coret coret pengalamanya dikotak komentar. Semoga artikel diatas bermanfaat , jangan lupa untuk terus kunjung www.modifikasi.co.id untuk mendapatkan informasi review oli motor motul dan shell ax7

Review Oli Motor Enduro 4T SAE 10W-40 di New Vixion Lightning | sutopo | 4.5

Leave a Reply