Tips Cara Merawat Motor Matic Yang Baru Dibeli Biar Awet

Modifikasi.co.id – Sebelum anda memutuskan untuk membeli motor matic tentunya anda harus memilih terlebih dahulu motor baru yang ingin anda beli , motor matic yang bagus dan cocok untuk digunakan tergantung persepsi si pengendaranya ,karena setiap orang dalam memilih motor baru berbeda beda . Berikut ini ada beberapa kriteria yang harus diperhatikan sebelum membeli motor, misalnya bahan bakar yang irit , spesifikasi yang handal ,mantab dan ditambah dengan adanya garansi. Untuk lebih lengkapnya berikut ini beberapa faktor yang menentukan orang untuk membeli motor baru khususnya pada motor matic.

  1. Tingkat konsumsi BBM
  2. Irit dan Handal
  3. Sparepart
  4. Jaringan servis
  5. Spesifikasi & Teknologi

Dari banyaknya motor matic yang di produksi di indonesia,mungkin salah satunya ada beberapa yang anda minati ,apakah dari merk honda , yamaha , atau suzuki dan merek motor lainya.

Setelah anda memilih motor matic baru kemudian anda bingung bagaimana perawatan motor tersebut…? mungkin referensi dibawah ini bisa membantu anda langsung saja cek it dot.

Mesin motor skuter matic dengan mesin sepeda motor pada umumnya adalah sama yang membedakan adalah teknologi dan juga cara kerja transmisinya. Untuk motor skutic (matic) dia lebih mengaplikasi transmisi otomatis (CVT) karena sudah menggunakan teknologi transmisi otomatis.

  1. Saat motor anda belum digunakan ,saat pagi hari dan pertama kalinya untuk digunakan anda bisa panaskan terlebih dahulu menggunakan kick starter (engkol) kemudian bisa menekan choke . Tapi ada juga beberapa skuter motor matic yang sudah menggunakan choke otomatis.Anda bisa biarkan mesin motor hidup selama 5 menit  – 10 menit agar sirkulasi oli bisa melumasi seluruh bagian dalam komponen mesin motor yang bergerak.
  2. Anda bisa melakukan pengecekan pada busi motor dan juga aki secara teratur. Peran busi dan juga aki pada motor sangatlah penting , karena motor matic adalah motor yang masuk dalam kategori dengan kelistrikan full DC.
  3. Check juga bagian V-Belt dan roller pada motor matic yang anda miliki. Untuk komponen v-belt ini memiliki letaknya yaitu di samping roda belakang ,untuk penggantian sebaiknya rutin di service tiap 10.000 km dan di ganti tiap 25.000 km.
  4. Bersihkan bagian ruang transmisi atau orang menyebut dengan istilah CVT ,anda bisa bersihkan secara berkala tiap 4000 km , karena komponen motor yang satu ini yaitu CVT yang terdapat pada ruang transmisi yang sangat rentan dengan debu dan juga kotoran lainya , untuk itu perluanya di lakukan pembersihan.
  5. Anda juga bisa lakukan penggantian gear oli motor (oli gardan motor matic) setiap 5000 km atau sesuaikan dengan buku petunjuk penggunaan kendaraan.Anda bisa menggunakan oli transmisi atau pelumas yang khusus untuk motor matic atau bahasa gampangnya anda bisa beli oli gardan untuk motor matic.
  6. Selanjutnya anda juga bisa mengganti oli mesin motor secara berkala tiap 1000 km dengan menggunakan oli khusus untuk motor matic,bukan sembarang oli hehe. Pelumas khusus untuk motor matic mampu bekerja secara maksimal ke seluruh permukaan komponen yang ada di dalam mesin skutik motor matic. Selain itu juga berfungsi untuk mengurangi gesekan dan oksidasi yang terjadi dalam mesin motor.
  7. Untuk motor matic yang sudah menggunakan sistem injeksi sebaiknya anda bisa lakukan service injeksi setiap 10.000 km. Tetapi untuk motor matic yang bermerek honda dan suzuki untuk saat ini belum tersedia alat untuk melakukan service injeksi seperti beat fi , varia fi dan teman temannya.

Nah bagaimana,dengan tips perawatan motor matic diatas..? cukup lengkap bukan ,monggo yang mau menambahkan bisa dengan berkomentar dibawah ini.

Demikian informasi yang membahas mengenai  Tips Cara Merawat Motor Matic Yang Baru Dibeli Biar Awet,semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung di www.modifikasi.co.id. oiya jangan lupa untuk bagikan melalui facebook,twitter dan google+

Tips Cara Merawat Motor Matic Yang Baru Dibeli Biar Awet | sutopo | 4.5

Leave a Reply