Tips Jitu Cara Merawat Shockbreaker Motor

Modifikasi.co.id – Suspensi bagian depan dan juga bagian belakang atau yang dinamakan dengan shockbreakaer adalah salah satu komponen sepeda motor yang penting bagi sepeda motor. Fungsi dari shockbreaker yaitu berfungsi untuk meredam kejut atau gataran yang dihasilkan saat berkendara,khususnya ketika anda dijalan yang tidak memiliki permukaan yang tidak rata. Biasanya fungsi dari shockbreaker dapat dirasakan bukan hanya pada jalan yang tidak rata tapi juga saat menikung dan juga melakukan pengereman pada sepeda motor.

Agar saat anda mengendarai sepeda motor bisa merasakan kenyamanan di jalan raya atau saat touring bersama teman teman ada baiknya untuk menjaga dan merawat shockbreaker bagian depan dan juga bagian belakang,lalu bagaimana caranya..? berikut ini adalah ada beberapa cara dan tips yang bisa anda coba untuk memelihara shockbreaker agar awet dan tidak mudah rusak.

  1. Anda bisa perhatikan bagian tabung silinder yang terdapat pada shock bagian depan (stanchion ),jika kotor karena debu yang menempel atau habis kehujanan maka anda bisa bersihkan dengan menggunakan air biasa setelah itu anda keringkan dengan menggunakan lap  yang bersih hingga benar benar kering
  2. Jika sudah di bersihkan dan sudah kering maka selanjutnya anda bisa berikan minyak finish line tipe wet di sekeliling karet stanchion. Perhatikan juga sangat mengoleskannya yaitu harus dengan perlahan dan juga hari hari agar tidak lecet /gores
  3. Setelah di oleskan dengan minyak ,maka selanjutnya lakukan penekanan pada shockbreaker depan , hal ini bertujuan agar minyak yang di oleskan itu akan naik turun mengikuti tinggi shock motor.
  4. Langkah yang ke empat ,setelah itu jika ada sisa minyak yang masih menempel atau berceceran disekeliling shockbreaker bagian depan ,maka anda bisa membersihkan dengan kain lap .Caranya yaitu dengan cuci sisa minyak yang ada tersebut dengan menggunakan air atau bensin dengan menggunakna kuas atau lap , bersihkan minyak yang berceceran saja.
  5. Setelah itu anda bisa kembali keringkan sampai benar benar kering , jika anda tidak memiliki minyak finish line sebenarnya tidak menjadi masalah asalkan jika batang shockbreaker bagian depan kotor , anda langsung membersihkan agar kotoran /debu tidak masuk ke celah sil sok depan yang bisa mengakibatkan sil sok bocor dan batang sok yang lecet/baret karena kotoran yang menempel dibagian batang shock tersebut.
  6. Jika anda menggunakan atau memasang kunci pengaman roda depan yang dijepit di tabung sok depan harus dengan hati hati,saat pemasangannya karena jika terlalu torsi pengecengannya kelebihan maka tabung sok bisa jadi menciut dan menjepit batang sok. Batang sok akan cepet lecet bahkan ayuanannya jadi keras.
  7. Untuk perawatan sok bagian belakang tidak dianjurkan sekali untuk menambahkan anting anting shock, anting anting disini maksudnya adalah untuk menambahkan tinggi posisi shock atau sekedar untuk gaya. Karena fungsi dari shockbreaker akan menjadi terganggu atau sama sekali tidak akan berfungsi dan membuat fungsinya shock tersebut berjalan kurang baik , sebagai contoh saya mempunyai motor yamaha new vixion lightning yang saya tinggikan , sebelum digunakan conrod untuk peninggi shock ,suspensi bagian belakang lembut enak saat berkendara, tapi setelah di pasang peninggi shock , sok bagian belakang rasanya jadi gak enak keras dan kalau motor digunakan untuk ngebut ban motor sering selip (ngesot ngesot)

Jika di perhatikan sepertinya langkah langkah diatas terlihat biasa sjaa, tapi efeknya sangat besar, karena akan berpengaruh pada umur shockbreaker . Jika anda merasakan ayunan yang terdapat pada shockbreaker motor anda ada yang aneh maka anda bisa melakukan penggantian oli shock , untuk penggantianya biasanya dilakukan kalau umur motor udah mencapai 2-3 tahun(kurang dari ini lebih baik) , dijarak waktu tersebut oli pada shock bagian depan sudah encer dan daya redam shock motor menjadi berkurang.

Demikian informasi yang membahas mengenai Tips Jitu Cara Merawat Shockbreaker motor,semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung di blog www.modifikasi.co.id jangan lupa jika bermanfaat bagikan melalui facebook,twitter dan google +

Tips Jitu Cara Merawat Shockbreaker Motor | sutopo | 4.5

Leave a Reply