Cara Merawat Motor Honda CB 150R Agar Awet Tahan Lama

Modifikasi.co.id – Mempunyai Motor memang sudah sepantasnya untuk melakukan perawatan , bukan hanya istri saja yang dirawat heheheh, tapi kendaraan yang kita miliki juga perlu, tujuanya tidak lain adalah agar awet dan tahan lama untuk masa pemakaian.hehe. Masalah yang sering di hadapi pemula khususnya bagi yang memiliki motor baru biasanya masih bingung dengan  hal hal apa saja yang harus di perhatikan saat merawat sepeda motor..? nah pada kesempatan ini saya ingin sharing informasi yang membahas lengkap mengenai bagaimana cara merawat motor khusunya untuk honda CB 150 R Streetfire

Sebenarnya untuk perawatan motor sama saja tidak jauh beda dengan yang sudah saya posting sebelumnya , anda bisa baca postingan saya sebelumnya dibawah ini :

Di postingan ini saya akan lebih membahas pada bagian bagaimana cara menghidupkan yang benar dan cara mematikan motor yang benar.

Cara merawat Motor CBR 150

Mungkin banyak orang yang melakukan cara menghidupkan motor dan juga mematikan mesin motor dengan baik ada juga yang salah yang mengakibatkan mesin motor menjadi rusak,hal tersebut umumnya di anggap sepele bukan…? sebenarnya cara yang salah dalam menghidupka dan mematikan mesin motor bisa berakibat fatal dalam jangka waktu yang panjang dan juga berakibat penurunan daya tahan motor ( lowered durability). Nah yuk lihat pembahasan lebih lengkapnya dibawah ini

Menghidupkan Mesin Motor

Biasanya kalau menjelang pagi sekitar pukul 07.00 saat berangkat untuk menjalankan aktifitasnya sering kali langsung menghidupkan motor dengan menggunakan starter elektrik , (walaupun ada juga yang menggunakan engkol, tapi masih banyak yang menggunakan starter). nah hal tersebut adalah cara yang salah ,kenapa…? Karena saat itu mesin motor kita sedang dalam kondisi dingin,kemudian ada juga yang menghidupkan menggunakan kick starter tapi masih ada juga yang belum benar,tetapi hal tersebut lebih baik dari pada memakai starter elektrik secara langsung.Terus bagaimana tahap cara menghidupkan mesin yang baik, simak lebih jelasnya berikut ini :

  1. Posisi Motor haruslah dalam posisi tegak gunakan standard tengah .
  2. Gunakan kick starter ( engkol motor) dengan cara di selah atau kick beberapa kali (5 sampai 10 kali ) saat mesin dalam keadaan mati (kontak motor jangan dihidupkan). Hal ini tentunya bertujuan agar oli mesin motor bisa menyebar secara sempurna untuk melumasi seluruh komponen yang ada di mesin . Oli mesin akan turun dan tidak melumasi mesin secara sempurna dan menyeluruh saat motor tidak digunakan atau di istirahatkan pada malam hari (parkir ).
  3. Setelah itu anda bisa hidupkan kontak motor , dan gunakan engko motor(kick starter ) untuk menghidupkan motor. Pada Saat kendaraan motor tersebut menyala alias hidup , jangan langsung menarik gas langsung mentok (kekuatan penuh) anda cukup menarik gas sampai angka rpm 2000/3000 saja atau tak usah ditarik gas pun tak masalah ( untuk jangka waktu memanaskan motor minimal 1 menit dan maksimal 3 menit bisa lebih )
    *catatan :
    Saat anda memanaskan motor jangan sampai menekan tombol elektrik starter saat mesin menyala, karena itu tidak baik akan mengganggu kelistrikan motor.

Mematikan Mesin Motor

Dalam mematikan motor yang perlu anda ketahui sebenarnya ada cara yang benar atau tahap tahap yang dianjurkan agar mesin motor tidak cepat rusak.Berikut ini adalah beberapa tips yang mungkin bisa anda coba untuk bagaimana cara mematikan motor yang benar.

  1. Jangan mematikan motor secara langsung dengan melakukan memutar kunci kontak off . Cara yang baik adalah coba diamkan terlebih dahulu motor anda , tunggu sebentar agar putaran mesin motor menjadi normal dahulu baru anda matikan kontak motor menjadi off.
  2. Jangan mematikan motor dengan menarik gas sampe mentok terlebih dahulu ,terus di matikan …. kenapa…? karena hal tersebut akan mengakibatkan suhu mesin motor menjadi melonjak naik saat putaran mesin motor akan berhenti.
  3. Jangan pernah iseng iseng mematikan motor pada saat keadaan sedang berjalan (motor masih jalan), terus langsung kontak motor di matikan. Coba anda bayangkan saja motor yang sedang berputar ribuan kali per menit tiba tiba berhenti mendadak putaran mesinnya.Nah hal tersebut akan membayakan .So kesimpulanya yang bisa di ambil saat mematikan motor posisikan gas normal (jangan di gas) diamkan terlebih dahulu agar posisi gas normal , setelah stabil anda bisa matikan kontak motor (off).

Nah bagaimana ..? hal hal diatas mungkin pernah kita lakukan bukan ..? jujur saja saya lebih sering saat motor masih jalan , kemudian saya tiba tiba mematikan kontak motor (off) jadi motor masih jalan tapi mesin motor sudah mati, nah hal ini juga tidak boleh,tapi selalu saja saya lakukan,tapi akhirnya sekarang saya biasakan untuk mematikan motor dengan benar agar motor matic honda beat yang saya miliki bisa awet dan tahan lama.

Demikian informasi yang membahas mengenai Cara Merawat Motor Honda CB 150 R Agar Awet Tahan Lama,semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung di blog www.modifikasi.co.id jangan lupa jika artikel diatas cukup membantu anda menyelesaikan masalah anda bisa bagikan melalui facebook,twitter dan google +

Cara Merawat Motor Honda CB 150R Agar Awet Tahan Lama | sutopo | 4.5

Leave a Reply