Kelebihan dan Kekurangan Memasang Knalpot Racing

Modifikasi.co.id – Apa yang anda pikirkan saat ingin menggunakan knalpot racing..? Knalpot racing sengaja di ciptakan untuk menambah torsi dan hp diajang balapan motor yang sekarang ini sudah merambah ke motor yang digunakan untuk harian. Knalpot jenis racing tentunya memiliki kelebihan yaitu untuk menambah akselerasi dan juga top speed pada motor baik 2 tak dan juga 4 tak. Oiya perlu di perhatikan juga tidak semua knalpot yang dijual di pasaran bisa menambah 2 hal tersebut, yang ada adalah hanya membuat suara bising ditelinga dan juga membuat motor menjadi lebih boros dalam penggunaan bahan bakar minyak atau disingkat dengan istilah BBM.

Banyak kabar kabar dari para blogger terkenal di indonesia mereka mengatakan bahwa menggunakan knalpot racing ini akan di pidana satu bulan dengan denda uang sektiar Rp. 250.000 . Nah peraturan ini mungkin berlaku untuk motor yang masih menggunakan 1 silinder bagaimana dengan motor yang menggunakan 2 silinder keatas, seperti ninja 250 FI yang kerap kita jumpai dijalan menggunakan knalpot racing yang membuat bising pada telinga.

Lalu bagaimana dengan para produsen yang membuat knalpot racing tersebut..? apakah mereka tidak rugi hehe jika yang menggunakan knalpot racing akan dipenjara..? . Walaupun knalpot mereka (produsen) masih banyak digunakan dalam ajang road race resmi tapi tentunya penghasilan merek juga akan menurun ,terus bagaimana para nasib karyawan yang bekerja di produsen knalpot racing tersebut..? apakah akan terjadi banyak PHK massal, ini juga harus di perhatikan oleh pemerintah ,kalau sudah urusan begini tentunya harus memberikan solusi terbaik

Soal masalah ini tentunya saya ndak bisa menjawab hehe, semua hal diatas dilakukan memang untuk kenyamanan bersama khususnya masyarakat indonesia , baik tidaknya aturan diatas kembali lagi ke pribadi masing masing.

Ok kembali ke topik diatas mengenai Kelebihan dan Kekurangan Memasang Knalpot Racing.?  sebelum anda memutuskan untuk memasang knalpot racing pada motor anda perhatikan hal hal dibawah ini :

Umumnya knalpot racing memiliki suara yang bising dan juga ada yang terdengar merdu, tergantung di pasang di motor apa.. Menurut IMHO jika kubikasi mesin besar mesin ganda plus ga terlalu menggeber/membetot gasnya biasanya suara yang dihasilkan merdu.

Penggunaan knalpot racing pada sepeda motor standard sebenarnya memang tidak di rekomendasikan kenapa..? karena tidak memiliki efek positif yang banyak, malah lebih banyak efek negatifnya salah satunya yaitu memiliki suara yang bersisik yang membuat kesal tetangga bahkan kadang ada yang kena tipuk gara2 suara yang dihasilkan berisik. hehhe *hayo siapa yang pernah ngalamin kwkwkkw

Oiya selain yang saya sebutkan diatas efek negatif lainnya yaitu pada mesin motor, apalagi jika motor yang masih standard. Penggunakan pada motor yang free flow (knalpot racing) dibutuhkan beberapa campuran besin yang lebih banyak (dipasok ke ruang bakar) agar tenaga yang dihasilkan pada motor lebih banyak dan mesin lebih baik sedangkan pada motor yang masih stantard aliran bahan bakar juga sudah di atur sama pabrikan untuk knalpot standard .Jadi jika ingin menggunakan knalpot racing maka ada beberapa penyetelan agar lebih sempurna.

knalpot R9 Motor kawasaki ninja h2

Kebanyakan jika menggunakan knalpot racing maka mesin motor menjadi lebih cepat panas karena pembakaran kering (kurang pas settinganya) . Jika hal ini dibiarkan tentunya akan mempercepat keausan pada komponen mesin motor dan juga mesin motor bisa saja ngelitik karena suhu panas bisa menyebabkan pemuaian sehingga celah klep akan menjadi lebih longgar dan mesin akan memiliki suara kasar.

Baca Juga Artikel Lainnya :

Jika anda benar benar ingin menggunakan knalpot racing maka anda harus melakukan beberapa modifikasi pada mesin motor anda misalnya : motor perlu di lakukan porting polish, menyetel celah klep dan spuyer di diperbesar. Dengan begitu maka motor akan menjadi lebih baik,dan selain itu motor dalam penggunaan bahan bakar menjadi boros. Sebagus apapun knalpot racing pada motor tetap ada efek samping jika saluran bahan bakar masih standard (bawaan pabrikan) belum di rubah.

Keuntungan Menggunakan Knalpot Racing

  1. Yang pertama jika motor anda digunakan untuk touring tentunya dengan menggunakan knalpot racing bisa mengatasi ngantuk saat dijalan.
  2. Dengan menggunakan knalpot racing ternyata bisa memberikan sinyal pada pengendara lain , kalau gak percaya misalnya motor anda Kawasaki Z250 (sudah menggunakan knalpot racing ) terus geber deh pas lampu bangjo (merah , kuning,hijau)  biasanya ada motor lain yang ikutan geber hehe, jika memang riders atau komunitas biasanya akan mendekati . Saya pernah mengalami pengalaman ini saat menaiki motor NVL (new vixion ligtning) tiba tiba ada motor NVL lain mendekati saya , kemudian dia bilang , orang mana bro..!  aku jawab , orang baturaja bro..! ohh saya orang bengkulu bro..! salam kenal ya ,…! (dari situ saya langsung tetot2 dia , ngebut deh wkkwkw )
  3. Bisa meningkatkan meningkatkan performance power pada motor dan juga akselerasi walaupun pengaruhnya gak begitu besar.
  4. Membuat pengendara lain yang ada didepan kita menjadi minggir semua,mungkin dikira karena motor moge hehe jadi pada takut hehe , jajal aja kalau gak percaya ..! geber dan betot gas sekeras kerasnya nanti motor yang ada di depan kita pasti minggir.
  5. Untuk knalpot standard atau bawaan bisa dijual hehe dengan begitu kita mendapatkan keuntungan :3 berupa uang..!
  6. Mengganti Knalpot racing bisa meningkat torsi pada motor baik 2 tak ataupun motor 4 tak.

Kerugian Menggunakan Knalpot Racing

  1. Yang pertama suara motor kita menjadi berisik dan menggangu tetangga,apalagi ada mbah mbah dan anak kecil biasanya kita akan diberikan nasehat bahkan ada yang kena tipuk kwkw
  2. Penggunaan bahan bakar Minyak /bensin menjadi lebih boros.
  3. Saat berkendara menggunakan knalpot racing mempunyai keinginan ngebut terus ( Tujuanya biasa suara motor menjadi lebih grung
  4. Hati menjadi tidak nyaman alias dag dig dug der saat melalui jalan KTL  ( kawasan tertib lalu lintas) bahasa gampangnya sih “takut ditilang”
  5. Mesin Motor menjadi mudah rusak (lha wong tiap hari di geber hehe ) dengan kecepatan yang gak kira kira. Betot gas motor juga gak beraturan ,tahu sendiri lah kalau pengguna karakter motor mahal kyak gimana..
  6. Lebih cepat dekat dengan yang maha kuasa , maksudnya yaitu dekat dengan celaka.
  7. Saat menggeber motor di lampu bangjo memperlihatkan rendahnya rasa toleransi/pendidikan
  8. Menggangu Orang yang sedang khusuk dalam beribadah.
  9. Selain itu juga Menambah sakit orang yang sedang sakit kwkw.
  10. Motor yang menggunakan knalpot racing selalu menjadi inceran polisi.

Nah bagaimana menurut anda…? Sebenarnya tidak ada larangan anda menggunakan knalpot racing kenapa…? jawabanya tentunya anda sudah tahu bukan.. . Yaitu karena motor yang beli menggunakan uang anda sendiri, yang service anda sendiri, yang membelikan bensin anda sendiri, kalau rusak yang benerin ya anda sendiri hehe , jadi kembali lagi ke pribadi masing masing. Kalau saya pribadi jelas pengen ganti knalpot racing , keuntungnya membuat pengendara lain minggir wkwkw. OK mungkin sampai disini dulu sharingnya terima kasih sudah berkunjung di www.modifikasi.co.id jika bermanfaat jangan lupa sharing ke sosial media , facebook,twitter dan google +

Kelebihan dan Kekurangan Memasang Knalpot Racing | sutopo | 4.5

Leave a Reply