Tips Cara Mudah Merawat Motor Yamaha RX King

Modifikasi.co.id – Mempunyai sebuah kendaraan khususnya sepeda motor mungkin impian sebagian orang , bukan hanya mereka yang punya impian tapi saya juga punya impian.Impian tersebut yaitu ingin membeli motor yamaha new vixion dan memodif seperti motor yamaha R25,tapi gak tahu kapan punya motor sport yang keren.Pada kesempatan ini saya ingin share informasi yang membahas mengenai sejarah motor rx king dan cara merawatnya , bagi anda yang sudah penasaran yuk lihat dibawah ini :

Motor RX King bagi saya adalah motor favorite kenapa…? karena motor tersebut mempunyai khas sendiri ,motor yang sangat saya sukai ini dari dulu SMP sampai kuliah masih tetep suka walaupun untuk bahan bakarnya lumayan agak boros belum lagi oli sampingnya.Motor yang cocok banget di naiki oleh laki laki karena memiliki tampilan yang dinamis dan juga jantan. Nah hal tersebutlah yang menjadikan saya menyukai motro rx king ini , selain memiliki performance (lari lajut motor) yang kencang/ngebut motor ini juga kalau di lihat dari segi tampilan gak jauh tertinggal sama sepeda motor yang lainya.
Seperti yang kita ketahui ,Motor rx king ini biasanya digunakan oleh kalangan penjambret untuk menahlukan mangsanya mungkin karena performance mesin cukup bagus.Motor RX king juga sangat cocok untuk boncengan bersama istri anda atau juga buat touring bersama teman teman anda.

Sepeda motor pertama di buat oleh ahli mesin Jerman Gottlieb Daimler tahun 1885 ketika dia memasang sebuah mesin dengan pembakaran sempurna pada sebuah sepeda kayu yang dia desain sendiri. Sepeda tersebut memiliki empat roda, termasuk dua roda tambahan (seperti roda pada sepeda anak-anak).

Putra Daimler menjadi orang pertama yang mengendarai sepeda motor ketika dia mencoba kreasi ayahnya tersebut pada tanggal 10 November 1885 dengan kecepatan mendekati 10Kpj.

Beberapa model sepeda motor kemudian di perkenalkan di Jerman, Perancis dan Inggris dengan fokus pengembangan pada kepraktisannya sebagai alat transportasi.

Motor RX King Keren

Tahun 1903, Arthur Davidson dan saudaranya Walter bersama tetangganya William Harley membuat motor Harley-Davidson yang pertama. Setahun kemudian mereka mulai memproduksi sepeda motor untuk di jual. Tahun 1909 Harley-Davidson mengenalkan mesin V-Twin yang pertama, yang memiliki dua silinder dengan konfigurasi seperti huruf “V”. Mesin tersebut memiliki suara yang besar, bergemuruh dan terkesan jantan, tak lama mesin tersebut menjadi mesin Amerika klasik.

Selama tahun 1914, bentuk dasar dari sepeda motor modern mulai terbentuk. Bentuk tersebut meliputi peletakan mesin di antara roda depan dan belakang dan sebuah rantai untuk mentransger tenaga dari mesin ke roda belakang.

Motor RX King Keren

Selama PD I (1914-1918), sepeda motor terbukti sebagai sarana transportasi yang tangguh bagi militer Amerika dan Eropa, mampu mengurangi beban jalan raya dan mampu membawa alat komunikasi jauh lebih ke depan garis pertempuran. Sesudah perang, penggunaan sepeda motor menyebar luas ke Eropa dan Amerika.

Sampai tahun 1950-an, kebanyakan sepeda motor di Amerika utara di produksi oleh Harley-Davidson atau oleh perusahaan Inggris seperti Birmingham Small Arms Company (BSA), Norton, dan Triumph.

Periode 1960 dan 1970, perusahaan Jepang seperti Honda, Kawasaki, Suzuki, dan Yamaha, mulai memperkenalkan sepeda motor dengan pengembangan pada mesin dan suspensi dan mereka mampu bersaing dengan produsen motor yang sudak lebih dulu ada. Kelak, sepeda motor dengan mesin 4 langkah 750 sampai 1200 cc yang bertenaga besar produksi mereka akan mendominasi pasar sepeda motor jalan raya, sementara mesin 2 langkah yang ber-cc 250 sampai 500 akan menguasai pasar sepeda motor off-road..
Nah begitulah sejarah dari sepeda motor

Cara Merawat Motor Yamaha RX King

Motor yang sejak tahun 1980 an yang terus mendominasi bursa sepeda motor kelas sport dua langkah ini sampai sekarang masih banyak peminatnya. Terbukti dari konsument yang selalu setia menunggu untuk mendapatkan series terbaru motor rx king. Konsumen sendiri menyukai motor ini karena memiliki akselerasi yang cepat dan larinya yang kencang. Selain itu desain motor ini yang sederhana dan juga komponen yang sedikit membuat perawatan motor ini menjadi relative lebih mudah dibandingkan dengan yang lain .
Namun dengan bertambahnya usaha dan masa pemakaianya,saya pacu motor ini mengalami penurunan. Nah simak Tips cara merawat motor rx king yang bisa anda coba dirumah.

Mesin Motor

Mesin Motor Yamaha RX King ini menggunakan 2 macam pelumas , seperti yang kita ketahui untuk pelumas motor 2 tak yaitu oli mesin dan oli samping.Coba anda periksa oli mesin dengan cara mencabut tangkai platik lubang oli ,jika ketinggian oli mesin berada dibawah garis MAX (maksimum), segera tambahkan dengan menggunakan  selalu oli mesin yang sesuai dengan rekomendasi pabrikannya untuk yamaha biasanya yamalube sedangkan honda adalah federal oil. Untuk Motor RX King biasanya menggunakan oli mesin dari yamalube dengan SAE 20W -40W.

Jika tiba waktunya untuk pergantian oli anda bisa lakukan dengan mengganti sebanyak 650 cc sesuai dengan ketentuan . Ingat jangan lebih ,Oya perhatikan juga oli samping jangan sampai kehabisan.Lihatlah selalu oli samping dalam tabung ,jika jarum penunjuk oli samping ada di batas ½ ,sebaiknya anda segera melakukan penambahan yaitu tambahkan sampai penuh.

Bahan Bakar

Agar mesin motor tetap menghasilkan tenaga yang maksimal , maka aliran bahan bakar harus lancar, demikian juga dengan pemantik apinya (busi). Coba anda selalu periksa kondisi busi yang mempunyai tugas utuk meledakkan percikan api.Jika sudah berwarna kehitaman atau kerusakan,sebaiknya anda mengganti dengan jenis standard yaitu tipe ND 24. tapi jika busi masih bagus anda cukup melakukan pembersihan lalu pasang kembali .

Untuk Campuran bensin idealnya di setel dengan memutar sekrup pengatur campuran 1 ¼ sampai 1 ½ putaran ke kiri setelah di putar habis kekanan. Putaran langsam atau idle disetel pada angka 1400 RPM dengan memutar skrup putaran mesin.

Saringan udara.

Kebanyakan komponen saringan udara sepeda motro buatan tahun terbaru ini sudah tidak lagi menggunakan bahan kertas, kenapa…? karena sudah di ganti dengan saringan udara dari busa atau foam.Untuk Busa dan juga foam ini bisanya lebih mudah di bersihkan jika kotor dan untuk usianya juga bisa lebih lama.Sedagkan untuk yang mengguakan kertas jika kotor maka harus di ganti.

Untuk bentuknya sendiri saringan udara yang terdapat pada motor rx king adalah berbentuk busa segitiga memanjang ,anda bisa coba periksa kondisinya jika terdapat warna kuning khas busanya sudah mulai menghitam,segera lakukan pembersihan. Untuk membersihkanya cukup mudah yaitu menggunakan cairan pembersih.

Untuk tips yang lain anda bisa baca postingan saya sebelumnya :

Demian informasi yang membahas mengenai Tips Cara Mudah Merawat Motor Yamaha RX King,semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung di www.modifikasi.co.id jika artkel diatas bermanfaat anda bisa coba bagikan melalui facebook,twitter dan google +

Tips Cara Mudah Merawat Motor Yamaha RX King | sutopo | 4.5

Leave a Reply