Written by 2:27 am Motor, Tips Motor

7 Tips dan Cara Murah Merawat Motor Untuk Harian

Modifikasi.co.id – Mempunyai motor bagi saya sama halnya dengan memperhatikan istri, bukan hanya istri saja yang perlu dirawat tapi motor juga perlu dirawat , walaupun prioritasnya tidak terlalu yang penting ada jadwal jadwal tertentu untuk merawat motor. Berikut ini saya ingin sharing informasi yang bisa menambah wawasan bagi anda yaitu tips untuk merawat motor khususnya untuk pemakaian harian.
Motor adalah salah satu alat transportasi yang paling banyak digunakan oleh orang karena harga yang cukup murah dan bisa digunakan kapanpun selain itu motor bisa menjadi pilihan untuk wilayah perkotaan dengan jumlah kendaraan yang padat.
Bentuk motor yang ramping , simple tentunya menjadi salah satu alasan utama mengapa pada saat ini begitu banyak pengguna motor dari pada mobil khususnya di indonesia .
Beberapa opini masyarakat menyatakan bahwa selain praktis dan ekonomis, motor juga menjadi alasan untuk solusi yang tepat menghadapi lalu lintas yang macet ,dengan menggunakan motor tentunya jarak serta waktu tempuh di pangkas lebih maksimal.

Tips Perawatan Motor Harian

Selain fakta diatas bahwa motor masih menjadi pilihan salah satu sarana transportasi yang paling efektif dan paling banyak digunakan oleh masyarakat indonesia, kendaraan bermotor juga kini semakin populer dengan tujuanya lain ,contohnya saja seperti untuk mendukung kegiatan modik atau pulang kampung saat menjelang lebaran atau hari raya (walaupun sebenarnya sudah di himbau untuk jarak jauh tidak disarankan menggunakan transportasi seperti motor). tapi bagaimana lagi ya seperti lah ini orang orang indonesia,selain lebih ekonomis ,jelas dengan menggunakan motor mudik lebih cepat di tempuh dan effektif sebagai contoh jarak jakarta – solo. Dari review teman yang kemaren melakukan perjalanan mudik menggunakan sepeda motor bisa menempuh rata2 12 jam sedangkan dengan bis bisa 20 jam lebih perbedaanya sangat jauh sekali.

Bagi anda yang memang suka mengandalkan motor sebagai sarana untuk melakukan rutinitas seperti berangkat ke kantor setiap hari, tentunya tidak ada salahnya jika anda sedikit meluangkan waktu untuk merawat motor yang anda miliki. Melakukan perawatan motor biasanya tujuanya adalah agar motor tetep awet , perawatan motor secara berkala juga bisa menghindarkan motor yang anda gunakan dari kerusakan mesin yang lebih parah , serta nyaman saat digunakan.

OK langsung saja mungkin informasi dibawah sudah lama anda cari cari langsung saja tanpa berlama lama chek dibawah ini :

  1. Jangan Membawa Beban Berlebihan
    Jika anda barusan membeli motor baru maka yang perlu di perhatikan adalah jangan langsung membawa beban yang terlalu berat terlebih dahulu, kenapa….? karena selain di sarankan untuk tidak membawa beban yang terlalu berat (motor yang barusan beli dari dealer umumnya tidak di anjurkan untuk membawa beban melebihi 200kg termasuk pengendara ). JIka anda memperhatika buku petunjuk yang disediakan mungkin anda akan menemukanya.Di buku panduan tersebut juga di sebutkan bahwa sepeda motor juga harus dijalankan dengan kecepatan tertentu bahwa sepeda motor juga harus dijalankan dengan kecepatan tertentu yang stabil (40km/jam -60kam/jam dan minimal hingga 1000 km/pertama . Jika sudah lebih dari 100 km anda bisa tambahkan kecepatan laju motor.
    Alasan mengapa hal tersebut harus di lakukan yaitu karena komponen mesin motor anda masih baru yang cenderung mengalami gesekan yang besar yang dapat mengakibatkan mesin menjadi lebih cepat panas.
  2. Gunakan selalu starter kaki (kick starter ) untuk menghidupkan motor pertama kali.
    Pada saat anda ingin menghidupkan sepeda motor khususnya waktu pagi hari (pertama kali motor akan digunakan) dan pada saat mesin motor dingin , gunakan lah kick starter atau bahasa indonesia disebut dengan starter kaki (manual) atau engkol motor saat menghidupkan motor.Cara menghidupkan motor yang benar yaitu dengan melakukan kick starter 5 kali (kontak motor jangan dihidupkan dulu) jika sudah 5- 10 kali ,sekarang anda hidupkan kontak motor dan lakukan kick starter lagi.Kenapa harus melakukan kick starter dalam keadaan kontak mati, tujuanya tidak lain agar oli mesin dapat terlebih dahulu membasahi seluruh komponen mesin sebelum mesin di nyalakan untuk meminimalisir gesekan yang akan terjadi. Setelah 3- sampai 5 menit anda bisa memainkan gas motor.
  3. Melakukan pegantian Oli Motor
    Jika anda mempunyai motor pasti syarat wajib yaitu melakukan penggantian oli secara berskala ,misalnya saja setiap 1500 km atau anda bisa baca buku petunjuk untuk jadwal pergantian oli. Bagi anda yang mempunyai motor 4 tak , penggantian oli adalah hal yang sangat di perlukan dan wajib hukumnya bahkan penggantian oli ini akan berdampak sangat penting bagi tingkat keawetan komponen mesin motor yang terdapat di dalamnya. Jangan sampai telat dalam mengganti oli motor. oli bisa berkurang dengan sendirinya jika ada terjadi kebocoran di bagian seher dimana hal tersebut di tandai dengan ciri ciri biasanya keluarnya asap ngebul dari knalpot ,seharusnya kan motor 4 ta tidak berasap.
  4. Service Rutin
    Selain melakukan pergantian oli motor , melakukan service rutin juga di perlukan , biasanya untuk service rutin seperti melakukan service karburator yang di lakukan setiap 3 hingga 3 bulan sekali ,kenapa harus melakukan service karburator…? tujuannya tidak lain agar supaya rongga rongga spuyer serta klep tetap dalam keadaan bersih dan terjaga dari kotoran ataupun debu debu halus yang bisa menyumbat aliran besin yang menuju ke pembakaran.Untuk motor yang sudah menggunakan sistem injeksi bisa dilihat dibuku petunjuk service berkala , karena untuk penanganannya berbeda dengan yang menggunakan karbu.
  5. Mengganti dan Merawat Komponen (sparepart motor).
    Jika anda merasa bahwa motor yang anda miliki merasa saat digunakan berkurang tenaganya atau hal lainya maka diperlukan untuk mengganti komponen tersebut ,maka bisa anda lakukan sesegera mungkin .Kenapa harus melakukan pergantian ..? tujuanya tidak lain yaitu untuk mengantisipasi agar komponen motor (komponen yang bermasalah) tidak menjalar pada komponen lainya,Sebab antara komponen satu dengan komponen lainya saling berhubungan apa bila satu bermasalah maka yang lain pun akan menjalar.Lakukan lah pengecekan dan perawatan komponen secara rutin seperti mengecek tingkat kekencangan pada rantai dan juga penggunaan oli rantai agar rantai pada motor anda tidak mengalami aus, anda juga bisa mengganti oli rem (brake fluid) anda juga bias check kompresi tekanan angin pada ban , busi, aki dan hal hal lainnya yang sifatnya mudah untuk dilakukan sendiri dirumah (asal anda tidak males)
  6. Selalu Menjaga kebersihan sepeda motor.
    Anda bisa melakukan pencucian sepeda motor secara teratur misalnya saja anda menjadwal untuk 3 hari atau seminggu sekali untuk mencuci motor tujuanya tidak lain adalah agar cat pada motor tidak cepat pudar dan juga bagian bagian penting seperti knalpot ,velg serta bagian luar mesin tidak cepat menjadi keropos akibat kara yang di timbulkan dari debu atau air hujan .
    Biasanya motor juga sering terkena hujan apa lagi pas musim hujan ,nah untuk perawatanya ternyata berbeda lohh. anda bisa baca postingan saya yang membahas 10 Tips dan Cara Mudah Merawat Motor di Musim Hujan
    ..
  7. Menggunakan atau Cara berkendara yang baik.
    Coba anda biasakan untuk mulai menjalankan sepeda motor dari persneling yang terendah dahulu misalnya dari gigi 1 dan dengan diiringi tarikan tuas gas yang seimbang dengan kecepatan semakin cepat anda bisa tambahkan lagi gigi motor anda dari awal 1 , 2 ,3 ,4. Setelah Kecepatan pada motor sudah dirasa sudah cukup anda selanjutnya bisa melakukan operan ke persneling yang lebih tinggi , slow aja istilah alon alon asala klakon hehe , jangan menggunakan motor ngebbuttt- remm , ngebutt -rem apa lagi gas pol mentok – rem. maka ini bisa menyebabkan motor rusak . Jujur saja waktu saya muda masih SMA bahkan sampai sekarang masih kuliah , masih saja selalu menggeber motor dengan gas pol dan rem.

Nah bagaimana …? Sangat Mudah bukan bagaimana cara merawat motor untuk harian..? anda bisa melakukan sendiri dirumah.

Demikian informasi yang membahas mengenai 7 Tips dan Cara Murah Merawat Motor Untuk Harian,semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung di www.modifikasi.co.id jangan lupa jika artikel diatas dirasa bermanfaat anda bisa bagikan melalui facebok,twitter dan google +

(Visited 123 times, 1 visits today)
Tags: , , , , , , , Last modified: Apr 3, 2015