9 Faktor Penyebab Kapasitas Oli Berkurang Pada Motor
Modifikasi.co.id – Oli adalah salah satu komponen motor yang mempunyai peran paling vital ,jika motor tidak ada oli tentunya motor tidak akan bisa lancar digunakan . Tapi ada sebagian orang yang beranggapan bahwa oli hanyalah sebagai pelumas mesin, padahal itu salah tidak sesederhana itu . Oli mempunyai peran sebagai pendingin dari gesekan yang terjadi didalam mesin, dengan adanya oli tentunya mengurangi gesekan yang bisa mempunyai suhu sampai bebeberapa derajat celcius. Oli mesin baik pada motor dan mobil sebagai pelindung dinding celah antara komponen satu dengan yang lain untuk merudiksi gesekan yang tercipta antar komponen di dalam mesin motor dan mobil. Coba anda bayangkan jika tidak menggunakan oli tentunya mesin motor atau mobil anda akan mengalami baret pada part yang ada di dalamnya dan akan menyebabkan over heat (tidak bisa dikendarai)
Simaklah video dibawah ini untuk mengenal lebih dalam bagaimana cara bekerja oli sebagai pelumas mesin.
- Sil Klep atau katup Bocor.
Sil klep atau bisa juga katup bocor ini yang bisa menjadikan penyebab oli mesin berkurang , hal tersebut dikarenakan oli merembes dan masuk ke batang klep yang kemudian tersedot ke ruang bakar melalui manipold. - Kebocoran Mesin
Kebocoran pada mesin motor juga bisa menjadi indikasi yang menyebabkan kapasitas oli pada motor berkurang mungkin karena dari blok packing yang kurang pass dan sempurna. Untuk menghindari kebocoran mesin anda bisa melakukan pengecekan rutin pada daya tahan dari blok packing , ring piston apakah part tersebut masih bagus atau perlu diganti part tersebut memang tidak menyebabkan kebocoran mesin tapi membuat oli bisa ikut terbakar . Berkurangnya oli bisa dilihat dari kebocoran mesin , jika dilihat kasat mata maka akan kelihatan keluarnya oli dari celah celah mesin - Ring Seher /Boring Aus / Ring Piston aus /lengket
Penyebab berikutnya yang menjadi oli mesin berkurang yaitu Ring seher atau ring piston yang aus/lengket atau bisa juga boring aus (sudah longar). Kondisi ini tentunya akan menyebabkan oli pelumas mesin yang berada di cylinder tidak tersapu dengan sempurna oleh ring piston yang akan menyebabkan oli terbakar pada saat proses pembakaran dan pastinya akan membuat oli berkurang , sebenarnya ini penjelasan lebih detailnya dari point no 2 diatas - Urutan Dalam Pemasangan ring piston yang tidak benar
Apa bila dalam pemasangan ringpiston tidak benar biasanya akan menyebabkan berkurangnya oli pada mesin, sama seperti pada point no 3 dimana kesalahan pemasangan ring piston akan menyebabkan oli tidak tersampur secara sempurna dan akan terbakar di ruang pembakar - Oli Motor yang Menguap
Hal ini juga bisa menjadi penyebab karena oli berbentuk cairan yang mempunyai sifat menguap apabila terkena panas apa lagi panas yang dihasilkan berlebihan . Oli yang mengalami penguapan biasanya terjadi pada motor yang sering kena macet atau daerah yang macet yang menyababkan suhu pada mesin makin tinggi, dan bisa makin tinggi juga penguapan pada oli - Tingkat Kekentaan Oli
Seperti yang kita ketahui , oli pada mesin mempunyai beberapa tingkat kekentalan, semain tinggi angka SAE pada label produk oli maka menunjukan bahwa semakin tinggi juga tingkat kekentalan oli tersebut, dan sebaliknya jika kode angka SAE pada label produk oli semakin kecil maka tinggkat kenceran juga semakin encer. Untuk oli yang sering mengalami penguapan adalah oli yang encer atau terlalu encer ,tapi sebenarnya tidak terlalu berpengaruh soalnya oli yang memiliki tingkat keenceran juga di bekali dengan zat adiftif yang bisa menjaga suhu agar tetap stabil - Menaikan Ukuran Mesin
Melakukan bure up atau mengganti diameter piston ke ukuran yang lebih besar juga bisa menyebabkan atau berpontensi besar menyebabkan oli berkurang lha kok bisa ..? iya bisa karena kinerja mesin semakin berat dan tinggi maka dari itu oli mengalami penguapan dan biasanya secara berkala oli harus ditambah walaupun belum masa pergantian,bahkan biasanya bisa berkurang cukup drastis 😀 yang suka bore up biasanya sudah tahu resiko yang akan terjadi pada motornya , maka perlu bengkel yang profesional agar tahu standard yang baik seperti apa. - Karakter Pemakain yang Ganas
Faktor yang satu ini juga bisa menjadi penyebab oli mesin berkurang , jika pemakaian kendaraan sering dalam kondisi panas apa lagi ditambah kemacetan bisa membuat oli mesin menguap. Menggunakan kendaraan dengan full to full atau orang biasa menyebut dengan gaspoll mentok terus, penggunaan throttle yang tidak beraturan , stop go juga bisa membuat oli menguap dan berkurang. - Asap Putih pada Knalpot Motor
Asap knalpot yang berwarna putih adalah salah satu efek yang ditimbulkan dari sil klep yang bocor , ring piston aus/lengket dan juga bisa karena kesalahan pemasangan ring piston. Faktor ini menyebabkan oli ikut terbakar yang kemudian memunculkan asap putih pada knalpot . selain itu faktor ini juga bisa menyebabkan busi cepat mati 😀
Informasi diatas sebagian diambil dari berbagai sumber dan juga referensi yang terpecaya,jika point point diatas ada yang salah silahkan berkomentar untuk dilakukan revisi atau jika anda mempunyai pengalaman silahkan berkomentar untuk menambahkan point point diatas.Semoga informasi diatas yang membahas penyebab oli mesin berkurang bermanfaat buat anda semunya.Terima kasih sekali lagi sudah berkunjung di www.modifikasi.co.id